Beranda » Pentingnya Peran Profesi Akuntan Dalam Pemulihan Ekonomi di Era New Normal

Pentingnya Peran Profesi Akuntan Dalam Pemulihan Ekonomi di Era New Normal

Muliyani, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Satu tantangan global yang muncul pada akhir tahun 2019 dan berlangsung hingga sekarang yaitu munculnya pandemi global yaitu corona virus yang lebih dikenal dengan Covid 19. Corona viruses (CoV) merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh corona virus. Gejala yang dialami oleh orang yang terpapar Virus ini dapat menyebabkan hilangnya penciuman, pans dingin, flu dan lain sebagainya hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan.

Dalam lingkup sektor pemerintahan, pandemi Covid-19 juga memberi dampak terhadap sektor keuangan khususnya APBN juga tidak dapat dihindari oleh Pemerintah. Beberapa strategi maupun kebijakan telah diputuskan pemerintah sebagai upaya mengurangi dampak pandemi.

Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak negatif pada berbagai sektor. Dampak negatif tersebut melanda seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali profesi akuntansi. Akuntan memiliki peran kunci dalam perekonomian global, yakni untuk menyediakan informasi keuangan melalui pengolahan data-data aktivitas bisnis menjadi informasi strategis manajerial dan keuangan.

Profesi akuntan, terlepas dari seorang profesional atau tidak, diharapkan untuk mampu menyusun informasi serta strategi keuangan yang berkualitas yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak yang membutuhkan informasi keuangan tersebut, yang pada akhirnya dapat memecahkan masalah-masalah ekonomi yang timbul dari transaksi yang berlangsung setiap saatnya, baik dalam suatu institusi bisnis maupun pemerintah.

Operasional perusahaan tidak dapat dipisahkan dengan transaksi terkait keuangan. Dengan ada peristiwa pandemi yang membuat banyak perusahaan mengalami kebangkrutan, perusahaan harus mulai bangkit menjalankan operasional usahanya dengan lebih bijak dalam menata keuangannya. Maka dari itu sangat diperlukan para profesional keuangan yakni akuntan untuk melakukan pekerjaan akuntansi tersebut. Secara garis besar profesi akuntansi dapat digolongkan menjadi akuntan ekstern, akuntan intern, akuntan pemerintah dan akuntan pendidik (Jusuf.H, 2005).

Dalam melaksanakan pekerjaan sebagai penyedia informasi keuangan tersebut, tentunya para akuntan perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi pandemi ini dengan memperkaya kecakapan diri sebagai profesi akuntan. Menurut Brand (2019, dalam Bariyyah, Okfitasari, & Meikhati, 2020),

Dalam beradaptasi di era new normal, secara garis besar profesi akuntan itu diklasifikasikan menjadi empat, yaitu: Akuntan Internal, Akuntan Eksternal, Akuntan Pemerintah, dan Akuntan Pendidik (Jusuf, Haryono. 2005). Masing-masing dari profesi akuntan ini dituntut untuk berperan penting dalam kaitannya dengan spesialisasi masing-masing, sehingga perannya akan selalu dibutuhkan dan tak mudah tergantikan pada lingkungan yang dinamis dan sulit diprediksi saat ini.

Muliyani, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

(***)

Bagikan Artikel Ini