Beranda » Pentingnya Pengetahuan Pemasaran Inovatif Bagi UMKM

Pentingnya Pengetahuan Pemasaran Inovatif Bagi UMKM

MAHASISWA MAGISTER MANAJEMAN UNIVERSITAS PAMULANG

 Salah satu kunci untuk mengembangkan suatu usaha adalah selalu mengikuti perkembangan zaman, mengetahui keinginan konsumen dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri pelaku usaha. Kurangnya wawasan pelaku usaha terkait pemilihan strategi pemasaran yang tepat, penerapan strategi pemasaran dan rendahnya inovasi membuat suatu usaha khususnya pada usaha kecil menengah (UKM) memiliki keunggulan bersaing yang rendah.

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan.

Masalah pemasaran produk sudah menjadi bagian penting untuk keberlangsungan  dan majunya suatu usaha kecil dan UMKM . Karena itu adalah salah satu kunci pokok untuk tetap melakukan aktifitas agar tercapainya tujuan suatu usaha kecil dan UMKM. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan usaha, antara lain dilihat dari analisis pemahaman kualitas kewirausahaan, pengetahuan pemasaran, dan pengalaman bekerja Inovative untuk meningkatkan upaya penjualan.

Intinya, seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki jiwa Wirausaha dan mengaplikasikan hakekat Kewirausahaan dalam hidupnya. Secara epistimologis, sebenarnya kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat dan kiat dalam menghadapi tantangan hidup. Seorang wirausahawan tidak hanya dapat berencana, berkata-kata tetapi juga berbuat, merealisasikan rencana-rencana dalam pikirannya ke dalam suatu tindakan yang berorientasi pada sukses. Maka dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru,

Kewirausahaan (entrepreneurship) muncul apabila seseorang individu berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha, Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing.

Wirausaha di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat sampai dengan saat ini. Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang dengan baik walaupun masih cukup kalah dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Oleh karena itu, seorang wirausahawan dituntut untuk bisa berpikir kreatif dan juga memiliki inovasi. Seorang wirausahawan harus membuat perencanaan bisnis. Salah satu rencana bisnis yang paling penting adalah komunikasi pemasaran.

Bagikan Artikel Ini