Beranda » Pentingnya Analisis Swot Dalam Sebuah Perusahaan

Pentingnya Analisis Swot Dalam Sebuah Perusahaan

Menurut Freddy (2013), analisis SWOT adalah analisa yang didasarkan pada logika yang dapat dimaksimalkan kekuatan (Strenght) peluang (Opportunity)kelemahan (Weakness) ancaman (Threat). Dilihat dari salah satu pengertian yang telah dikemukakan tersebut, dapat kita ketahui bahwasannya analisis SWOT ini digunakan setiap perusahaan dalam usaha menentukan apa yang akan dilakukan atau melakukan pengambila keputusan yang tepat setelah diketahui item-item yang perlu dianalisis sebelumnya.

Setiap analisis yang SWOT yang dilakukan sebuah organisasi maka hal tersebut akan membantu perusahaan dalam menilai dan memahami posisi perusahaan yang nantinya akan mendorong ide ide yang bagus dengan cara membangun kekuatan perusahaan, mengambil peluang yang ada, mengidentifikasi dan menanggulangi adanya kelemahan perusahaan, serta bagaimana menghadapi ancaman yang ada didepan.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing singkatan SWOT :

  1. Strenght (kekuatan), yaitu bagaimana perusahaan dapat mengambil sebuah keuntungan dari sebuah peluang yang ada. Dengan ini perusahaan dapat mengetahui secara jelas kompetensi inti dari perusahaan serta dapat membangunnya untuk memenuhi tujuan perusahaan.
  2. Weakness (kelemahan), yaitu bagaimana sebuah perusahaan dapat mengatasi kelemahan perusahaan yang dapat menghalangi dalam mendapatkan keuntungan, serta memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk melakukan pemulihan kembali dengan cepat atau kembali pada target yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Opportunity (peluang), yaitu bagaimana perusahaan memanfaatkan setiap peluang sekecil apapun demi pertumbuhan perusahaan dengan membuat rencana pertumbuhan strategis berdasarka kelemahan dan kekuatan perusahaan.
  4. Threat (ancaman), yaitu bagaimana perusahaan mampu menganalisis adanya ancaman yang mungkin menerpa perusahaan, dimana selanjutnya akan dilakukan adanya perubahan yang diperlukan dalam kebijakan bisnis serta melakukan tindakan yang diperlukan. Selain itu, hal ini juga dapat memberikan fasilitas kepada perusahaan untuk membuat perencanaan tambaha, atau alternative yang dapat diambil, rencana darurat dan lain sebagainya.

Analisis SWOT tidak bisa di generalisasi karena setiap organisasi atau perusahaan memiliki sektor yang berbeda-beda serta memiliki masalah yang berbeda-beda. Dalam melakukan analisis SWOT, kita harus ingat bahwasannya hal itu hanya satu tahap dari proses perencanaan bisnis saja. Untuk masalah yang kompleks, kita membutuhkan sebuah penelitian dan analisis khusus tersendiri yang lebih mendalam untuk membuat keputusan.

Perlu diingat bahwa analisis SWOT hanya mencakup isu-isu yang pasti dapat dianggap sebagai kekuatan, kelemahan, peluang atau ancaman. Karena itu, sulit untuk mengatasi faktor yang tidak pasti atau dua sisi, seperti faktor yang bisa menjadi kekuatan atau kelemahan atau keduanya, dengan analisis SWOT semata.

Bagikan Artikel Ini