Beranda » Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.

Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.

Ilustrasi - foto istimewa cewekbanget.id
Gadget adalah seperangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus dan sangat praktis dalam menggunakannya karena tidak perlu terhubung dengan stop kontak yang memiliki aliran listrik.
Zaman sekarang perkembangan teknologi sangat pesat salah satu diantaranya adalah gadget, banyak manfaat dan kemudahan yang disajikan di dalam menggunakan Gadget. Diantaranya komonikasi makin lancar meskipun yang diajak komonikasi sangat jauh, juga berbagai informasi yang tersedia di dalamnya. Hanya tinggal mencari di kolom pencarian informasi langsung hadir di hadapan kita. Bukankah itu hal yang bagus?.
Dengan mudahnya mendapatkan berbagai macam informasi maka wawasan pun akan makin bertambah. Selain itu gadget pun dapat dijadikan sebagai alat hiburan untuk melepaskan kepenatan atau kelelahan setelah melakukan berbagai aktivitas. Perkembangan smartphone kini digandrungi mereka.
Tiada hari tanpa smartphone. Bukan hanya dampak positif tetapi dampak negatif pun ada di sini. Peran orang tua sangat diperlukan untuk anak tercintanya, kehati-hatian sangat diperlukan supaya anak berkembang lebih baik karena pembelajaran tidak cukup jika mengendalikan dari hasil pembelajaran di sekolah.
Sebagai tenaga pendidik di sekolah menyarankan untuk memberikan pengawasan yang lebih baik di rumah supaya proses pembelajaran di sekolah dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Macam-macam pengawasan yang diperlukan kepada anak yang kecanduan gadget :
  • Perhatikan apa yang dilihat oleh mereka, apakah mereka sedang menimba ilmu yang bermanfaat atau hanya sekadar bermain-main saja dengan gadgetnya.
  • Sebagai orang tua berhak mencurigai anak yang kesehariannya tidak lepas dari smartphone. Tidak lepas dari smartphone perhatian orang tua yang dapat meminimalisir keterpurukan anak karena kecanduan gadget.
  • Perhatikan secara rutin hasil belajar di Sekolah. Apakah hasil belajarnya baik atau kurang baik karena tidak sedikit belajar banyak menonton gadget lupa akan kewajiban sebagai pelajar yang mengakibatkan proses pembelajaran tidak maksimal.
  • Akibat anak kecanduan gadget mereka akan kesulitan bersosialisasi perkembangan perilaku dan interaksi sosialnya sangat kurang dan cenderung memiliki sikap acuh dan mudah marah karena mereka lebih suka dengan kesendiriannya dan tidak mau lepas dari gadget.
  • Sebagai orang tua tidak membiarkan anak selalu dengan gadgetnya. Sisipkan pelajaran moralitas, saling bantu dan menciptakan kebersamaan yang tercipta dengan baik.
Maka dari itu begitu pentingnya pengawasan orang tua pada anak yang sedang bermain gadget. Anak-anak tidak akan mudah kecanduan bermain gadget jika orang tua membatasi penggunaan gadget pada anaknya.
Bagikan Artikel Ini