Beranda » Contoh Karya Ilmiah Film Pendek “Assalamualaikum Beijing”

Contoh Karya Ilmiah Film Pendek “Assalamualaikum Beijing”

BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG MASALAH

Dengan seiringnya perkembangan zaman digital, sekarang banyak dari pelajar yang suka bermain game dan menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain handphone. Padahal pelajar seharusnya belajar dengan berbagai cara, mulai dari membaca, menulis, menghitung, menganalisis, dan sebagainya. Akan tetapi sekarang banyak dari pelajar yang tidak suka dengan membaca. Karena mereka menganggap bahwa membaca itu adalah hal yang paling membosankan. Hal itu berkebalikan dengan manfaatnya, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat.

Bahkan kita dapat mengetahui dunia dengan membaca. Dengan membaca kita dapat mengetahui apa yang kita belum ketahui sebelumnya, dan sebelum ada terbesit dibenak kita. Maka dari itu, semoga dengan adanya makalah ini bisa menumbuhkan semangat membaca bagi para pelajar. Karena dengan menonton film “Assalamualaikum Beijing” memberikan kita pengetahuan tentang indahnya menghargai antar umat beragama, dan cinta yang tidak memandang kesempurnaan fisik seseorang.

B.RUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah ulasan film “Assalamualaikum Beijing”?

C.TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui ulasan film “Assalamualaikum Beijing”?

BAB II
PEMBAHASAN
Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya (drama atau film). Teks ulasan mempunyai struktur teks yang terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Orientasi berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (film dan drama) yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Tafsiran berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang diulas. Evaluasi berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).

ULASAN FILM “ASSALAMUALAIKUM BEIJING”

Assalamualaikum Beijing adalah sebuah film yang disutradai Guntur Soeharjanto, dengan gaya traveling Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata khas Beijing dan Tiongkok yang indah. Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. Yang tak kalah menarik adalah begitu rapinya tata kota Beijing, mulai dari gedung, tempat umum, hingga transportasinya.
Dibalik keindahan itu ada kerukunan masyarakat dan agama. Meskipun ada banyak agama, akan tetapi masyarakat hidup dengan rukun, dan damai.

Terlebih agama islam yang merupakan agama minoritas di dalam kehidupan masyarakat Beijing. Walaupun sebagai agama minoritas, masyarakat tetap menghargai agama islam. Mereka menganggap bahwa agam islam sebagai agama murni.Film yang diadaptasi dari novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia ini merupakan film akhir tahun dan sekaligus juga film menyambut awal tahun 2015 yang manis. Cocok diputar untuk merayakan pergantian tahun.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

Film “Assalamualaikum Beijing” yang disutradai Guntur Soeharjanto bercerita tentang salah satu agama yang ada di Beijing, diantaranya agama Islam yang dihargai oleh masyarakat agama-agama non Islam yang ada di kota tersebut.Film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Asma Nadia cocok diputar untu merayakan malam pergantian tahun.Dari film “Assalamualaikum Beijing”, kita memperoleh pengetahuan baru tentang sebuah penyakit pembekuan darah yang disebut APS. Selain itu kita juga terhibur dengan humornya Ridwan. Sayangnya ada satu cerita yang tidak ada dalam film tersebut, tentang perjuangan Zhongwen menjadi seorang mualaf.

Bagikan Artikel Ini