Beranda » Pengaruh Musik Asing Terhadap Bahasa Indonesia Pada Era Milenial

Pengaruh Musik Asing Terhadap Bahasa Indonesia Pada Era Milenial

1. Sejarah Bahasa Indonesia
Sejak abad ke-7 di kawasan Asia Tenggara telah menggunakan bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Melayu. Banyak bukti yang di temukan, salah satunya berada pada prasasti di Palembang pada 683, yang penulisannya menggunakan bahasa Melayu. Dan sejak tanggal 28 Oktober 1928 lahirlah Bahasa Indonesia. Pada tanggal tersebut, kita menyebutnya sebagai hari sumpah pemuda yang di mana para pemuda berikrar. Dengan bunyi ikrar yang ketiga yaitu ‘Menjunjung tinggi Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”.
2. Perkembangan Zaman
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak budaya asing sudah mulai memasuki wilayah negara Indonesia, khususnya musik atau lagu. Masuknya musik asing ke Indonesia berdampak besar terhadap masyarakat Indonesia. Di mana masyarakat Indonesia lebih tertarik kepada lagu-lagu asing. Otomatis secara tidak langsung bahasa Indonesia yang disampaikan melalui lagu sudah mulai kurang diminati oleh masyarakat Indonesia asli. Khususnya lagu-lagu yang sedang marak pada saat ini yang digemari oleh kaum-kaum milenial. Pada era sekarang ini, genre musik sangat beragam. Mulai dari RnB, rock, jazz, pop, korea, dan masih banyak lagi.
3. Penjelasan Mengenai Generasi milenial
Generasi milenial merupakan masyarakat sosial yang sudah mengetahui perkembangan pada teknologi. Sebagian besar mereka cenderung suka menggunakan teknologi tersebut untuk mempermudah dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Generasi milenial sering juga disebut dengan generasi Y. Menurut peneliti sosial, generasi Y ini di mulai dari kelahiran tahun 1980-an sampai dengan tahun 2000.
4. Dampak Lagu Asing Yang Masuk Ke Indonesia
Dampak dari itu, bahkan masyarakat Indonesia sendiri pun menciptakan lagu dengan nuansa bahasa asing. Seperti lagu-lagu yang di ciptakan oleh kaum-kaum milenial yang berasal dari Indonesia sendiri sudah menggunakan bahasa asing. Contoh penyanyi yang menciptakan lagu dengan menggunakan bahasa asing salah satunya yaitu Kaleb j. Oleh sebab itu ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap lagu Indonesia sudah mulai berkurang dan secara tidak langsung penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari juga sudah mulai pudar dan musik asing ini dapat melemahkan budaya yang ada di Indonesia. 
Mengapa Musik Asing Sangat Cepat Berkembang Pesat di Indonesia ?
Perkembangan musik asing yang sangat pesat di Indonesia disebabkan oleh canggihnya teknologi. Sehingga para pencipta musik dengan mudah untuk mempromosikan musik mereka lewat media sosial.
5. Pengaruh Positif Lagu Asing
Adapun pengaruh positif yang kita dapatkan dari lagu asing ini yaitu, dapat membantu kita dalam belajar bahasa asing dan juga bisa membantu kita untuk mengekspresikan diri. Mulai dari marah, emosi, sedih, dan senang.
Bagikan Artikel Ini