Beranda » Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM

Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM

HABIBAH, S.E,. M.M  DOSEN AKUNTASI S1

Oleh : HABIBAH, S.E,. M.M  DOSEN AKUNTASI S1

UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak wabah Virus Corona (Covid-19), tidak sedikt pelaku UMKM mengalami  kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu karena  terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Perubahan pola tersebut, seyogyanya diikuti pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat survive, serta bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal. Selain itu, keadaan saat ini juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk beradaptasi dan menemukan inovasi baru dalam menjalankan bisnisnya. Pelaku UMKM memerlukan usaha tepat supaya UMKM tetap bisa menjual produknya dan mendapatkan keuntungan

Ada beberapa strategi pemasaran digital yang perlu dikembangkan oleh UMKM melalui platform online seiring perubahan perilaku masyarakat. Digitalisasi akan memudahkan pelaku usaha dalam memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan. beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan sebagai cara untuk mendongkrak penjualan dimasa pandemi ini ialah dengan mengandalkan ICT (Information, Communication and Technology) melalui digital marketing dan membuat website sendiri, bekerjasama dengan penyedia layanan pesan antar, bekerjasama dengan orang yang berpengaruh misalnya selebgram, promosi yang unik dan menarik merekrut resellers. Strategi pemasaran ini memungkinkan pelaku UMKM  memasarkan produknya, pelaku UMKM yang berhasil bertahan di masa pandemi Covid-19 umumnya lebih banyak mengandalkan teknologi.

Para pelaku usaha skala mikro dan kecil,diantaranya UMKM Ibu Shani dengan produk aneka sambal menjadikan ICT (Information, Communication and Technology) melalui E-marketing salah satu cara untuk mendongkrak penjualan yang makin merosot akibat dari imbas di masa pandemi Covid-19 tetapi belum merasakan adanya peningkatan penjualan sekalipun sudah menggunakan salah satu e-commerce , oleh karena itu dosen-dosen Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan pengabdian kepada masyarakat diantaranya Yeni Cahyani , Aditya Pratiwi, Habibah, Muhamad Ridwan dan Wulandari untuk mendampingi salah UMKM yang ada didaerah Depok yaitu tentang “Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM”.

Kegiatan yang dilakukan  dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan adanya Strategi pemasaran lain untuk mendongkrak penjualan diantaranya sebagai berikut:

  1. Promosi akun e-commerce melalui tautan link pada status aplikasi Whatsap dengan menampilkan status pada jam-jam sedang santai
  2. Menggunakan Media sosial instagram.
  3. Menambah akun e-commerce lainnya
  4. Bekerjasama dengan penyedia layanan pesan antar
  5. Adanya promosi yang unik dan menarik
  6. Merekrut reseller

Ridwan menjelaskan Strategi Sosial Media Marketing yang perlu dilakukan

Langkah 1: Jalankan Audit Media Sosial

  • pahami kejadian masa lalu, penyebab kegagalan yang ada.
  • Tentukan pilihan media mana, yang akan dapat mengoptimalkan usaha kita.

Lankah 2 : Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik

  • tentukan sasaran apa yang akan kita capai (misalnya Merk dagang, Rasa atau Harga)
  • Lalu matriks kan dengan cara melihat scor follower yang melihat, merespon dan diam saja.

Langkah 3: Teliti Target Audiens Anda

  • Pahami karakteristik  calon pelanggan kita
  • Cermati pula pesaing kita diluar sana yang usahanya senada dengan kita.

Langkah 4: Tentukan Strategi Konten

  • Pahami bentuk display konten kita, buat semenarik mungkin agar calon pelanggan terpikat dengan pesona kita.

Langkah 5: Tentukan Strategi Media Sosial Berbayar

  • Cermati untung ruginya bila kita akan menggunakan media berbayar dalam sosial media

Langkah 6: Pantau, Ukur, dan Optimalkan

  • Sering cek and ricek
  • Bila tidak menguntungkan maka sebaiknya tinggalkan atau cut off saja

Dengan di adakannya penyuluhan dan pelatihan tersebut diharapkan  agar dapat mengelola usahanya menjadi lebih baik dan mengelola pemasaran secara aktif melalui internet, sehingga dapat menunjang peningkatan penjualan produk UMKM

Bagikan Artikel Ini