Beranda » Menjelajahi Indahnya Pantai di Garut Selatan

Menjelajahi Indahnya Pantai di Garut Selatan

Menjelang akhir tahun biasanya ramai orang berbondong-bondong untuk segera mempersiapkan rencana liburan. Bali sering kali menjadi tempat yang paling dominan didatangi oleh masyarakat Indonesia mau pun turis untuk berlibur, dipilihnya Bali karena indahnya alam dan pemandangan pantai yang Bali punya, terutama pada saat sunset atau sunrise tiba.

Tak kalah cantik dari indahnya pantai Bali, pantai di Garut Selatan pun menjadi tempat yang banyak dikunjungi masyarakat untuk berlibur atau menginap di sekitar pantai. Salah satunya adalah pantai sayang heulang dan pantai santolo yang terletak di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Akhir-akhir ini sudah muncul beberapa foto penampakan pantai sayang heulang yang menjadi wajah baru untuk memikat masyarakat luar kota. Pasalnya pantai yang dulu dipenuhi oleh pasir saja kini berubah menjadi tempat bersantai. Entah itu untuk foto bersama keluarga atau hanya sekedar jalan santai. Baru-baru ini pantai sayang heulang mengadakan pemotongan pita untuk dibukanya jembatan yang dinamakan bridge sky.

Jembatan berada di atas perairan pantai sayang heulang, namun tidak dangkal. Dari jembatan tersebut, kita bisa melihat luasnya pantai sayang heulang dari ujung ke ujung. Apalagi jika matahari mulai tenggelam, awan akan terlihat cantik. Membuat para pengunjung beramai-ramai untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Selain itu pantai sayang heulang mempunyai khas tersendiri, pantai tersebut aman untuk dipakai berenang. Tidak seperti pantai biasanya yang dikejar-kejar oleh ombak, ada seperti kolam tersendiri sebelum menuju ombak. Disebut kolam karena airnya yang tenang, hanya ada beberapa gumpalan ombak kecil karena dampak dari ombak sebelumnya.

Jika air laut sedang pasang, maka akan terlihat seperti kolam. Biasanya para pengunjung bermain-main di sekitar situ dengan memakai ban yang di sewa ataupun bermain pasir di pesisir. Jika air laut surut maka akan terlihat yang tadinya kolam itu dipenuhi dengan rumput-rumput laut dan juga terumbu karang. Kesempatan besar untuk seseorang yang senang mencari hewan laut kecil.

Karena pada dasarnya terumbu karang merupakan rumah bagi sebagian hewan laut. Hal ini tidak berbahaya bagi pengunjung, karena sampai saat ini belum ada kabar buruk mengenai pantai ini. Orang tua, remaja, dan anak-anak akan senang bila berlibur ke pantai Sayang Heulang, tempat ini rekomendasi bagi masyarakat yang ingin pergi berlibur ataupun sekedar healing untuk membersihkan pikiran dari sempitnya kota.

Selain pantai sayang heulang, pantai santolo juga merupakan pantai yang paling dicari oleh masyarakat Garut. Tidak kalah jauh dari pantai lainnya, pengunjung bisa menikmati deburan ombak yang kadang kala besar kadang kala pula sedang.

Pantai santolo seperti pantai pada umumnya, tetapi tenang saja, pantai ini aman dikarenakan gelombang ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Banyak remaja atau anak-anak yang bermainan dengan ombak ataupun menyewa papan seluncur dikala ombak datang. Sementara para orang tua duduk di tempat tidak jauh dari pantai sambil memakan camilan atau pun makan bersama, jika orang sunda menyebutnya ngaliwet.

Pemandangan di pantai santolo pun sama indahnya. Jika sunset tiba maka langit akan terlihat berubah menjadi cantik dihiasi dengan deburan ombak sore hari. Pantai ini pun bisa dibilang terbagi dua, karena jika ingin pergi ke pantai satunya lagi para pengunjung harus menyebrang melalui jalur air laut dengan perahu yang tarifnya hanya lima ribu rupiah per orang.

Lingkungan di pantai santolo yang ke dua ini pun tak jauh beda dengan pantai Sayang Heulang, perbedaan pada pantai santolo air laut pasang tak pernah berubah, ia akan tetap memperlihatkan deretan terumbu karang yang cantik. Sementara orang ramai berbondong-bondong mencari hewan laut yang unik dan lucu.

Sementara untuk tiket masuk ke dalam pantai santolo dan pantai sayang heulang dikenakan tarif lima ribu rupiah untuk satu orang, kecuali khusus warga Pameungpeuk tidak dikenakan biaya. Warga sekitar ikut membersihkan dan menjaga lingkungan pantai agar tetap bersih dan indah agar pengunjung dari luar kota dibuat kagum oleh lingkungan maupun pemandangan di sekitar pantai.

Kedua pantai tersebut akan sangat ramai di saat musim liburan tiba. Namun, dikarenakan kasus Covid-19 belum sepenuhnya hilang maka rencana liburan akan terbilang kandas. Saat ini masyarakat Indonesia hanya bisa berharap dan mematuhi protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa kembali menjalani liburan tanpa kewaspadaan Covid-19.

Tetapi tenang saja, pantai sayang heulang dan pantai santolo tetap terbuka untuk seluruh masyarakat. Harus tetap memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan untuk menikmati indahnya pantai sayang heulang dan pantai santolo ini.

Untuk kalian yang ingin merencanakan liburan namun masih bingung ingin pergi, ke dua pantai ini menjadi saran tempat untuk dikunjungi saat liburan. Karena di pantai kebanyakan orang bisa berbuat sesuka hatinya tanpa memikirkan segala beban pikiran.

Bagikan Artikel Ini