Beranda » Manfaat Mawar Bagi Dunia Kecantikan

Manfaat Mawar Bagi Dunia Kecantikan

Oleh: Ade Rahmi Husnia

Program Studi Agribisnis

Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

No. HP: 081818993132

e-mail: rahmi.nia21@mhs.uinjkt.ac.id

Kecantikan merupakan bagian paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Dunia kecantikan merupakan dunia yang penuh dengan adanya berbagai macam hal serta usaha untuk mencapai sebuah standar yang dikatakan sebagai sempurna di tengah masyarakat. Berbagai usaha selalu dilakukan oleh para wanita untuk meraih kecantikan yang digadang-gadang sebagai sebuah berkat dan kelebihan tersendiri. Dengan adanya kecantikan kehidupan akan berjalan dengan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan cantik dan kecantikan merupakan sebuah idaman setiap wanita yang ada dan hidup di dunia ini. Sehingga dengan adanya kecantikan maka kehidupan akan menjadi sebuah kehidupan yang didamba-dambakan oleh banyak orang dan bisa mendapatkan banyak keuntungan dari adanya kecantikan yang dimiliki.

Sebenarnya menurut pengertian sebenarnya kecantikan berasal dari kata cantik yang berarti bagus dan elok serta molek maupun indah dan juga sedap dipandang. Sedangkan kecantikan berarti keindahan maupun kemolekan serta kelokan baik tentang wajah ataupun bentuk tubuh yang dimiliki oleh para gadis ataupun wanita pada umumnya. Dalam dunia kecantikan sejatinya hanya membahas mengenai bagaimana untuk mempercantik penampilan fisik yang dimiliki oleh seseorang. Untuk mencapai kriteria cantik seperti yang di sebutkan ataupun dikatakan tetapkan oleh seluruh masyarakat maka para wanita bekerja keras dan melakukan berbagai upaya untuk mencapai tingkat cantik seperti yang diinginkan atau sesuai standar yang berada di masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan oleh para wanita untuk mencapai standar cantik seperti apa yang telah ditetapkan dan menjadi sebuah hal umum serta keharusan untuk dicapai para wanita agar dapat dikatakan sebagai wanita seutuhnya. Salah satu dari sekian banyak upaya yang digunakan oleh para wanita adalah menggunakan bahan bahan alami seperti salah satunya adalah bunga mawar.

Siapa yang tak kenal dengan bunga mawar? mawar biasanya berfungsi sebagai tanaman hias karena keindahan dan keharumannya yang menjadikan mawar digemari oleh para pencinta tanaman hias untuk mempercantik halaman depan rumah. Mawar dikenal sebagai symbol atau lambang cinta dan kasih sayang. Oleh karena itu, mawar sering kali dijadikan media untuk menyatakan perasaan kepada orang yang disayang baik itu kepada keluarga, teman maupun pasangan. Dibalik segala keindahan yang ditampilkan serta menjadi ikon tersendiri bagi bunga mawar, bunga ini ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi bidang lain seperti salah satunya adalah dunia kecantikan.

Selain keindahan dan keharumannya, sejak dulu mawar sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan. Oleh sebab itu, banyak sekali produk kecantikan yang memiliki kandungan mawar didalamnya dan digemari oleh banyak orang, khususnya kaum wanita. Salah satu contoh produk kecantikan yang menggunakan mawar sebagai bahan baku adalah Air Mawar Viva. Selain Viva ada juga salah satu merek skincare lokal yang menggunakan air mawar yaitu Skinoia. Produk perawatan kulit dengan berbahan dasar mawar yang dimiliki Skinoia ialah Rose & Tea Hydrating Toner. Produk ini diklaim mengandung rose water yang berfungsi melembabkan kulit secara mendalam, menyeimbangkan pH dan minyak alami di wajah, serta melembutkan kulit. Banyak sekali khasiat mawar yang dapat mempercantik kulit, mulai dari kulit kusam, berjerawat hingga kulit kering. Kandungan dari bunga mawar dapat membantu untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berikut manfaat mawar bagi kecantikan:

  • Menghilangkan jerawat

Salah satu khasiat dari bunga mawar yaitu sebagai obat jerawat alami. Untuk mengatasi masalah kulit berjerawat bisa menggunakan air mawar. Air yang berasal dari bunga mawar merupakan bahan pembersih alami untuk wajah. Hal ini dikarenakan kelopak mawar mengandung antioksidan dan sangat ampuh untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu terdapat etanol fenil atau senyawa antiseptik yang berguna untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Cara menggunakan air mawar sangat mudah, yaitu dengan mencuci muka secara rutin menggunakan campuran air hangat dan air bunga mawar.

  • Melembabkan kulit

Kegunaan air mawar selain mengatasi jerawat yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering maupun berminyak. Banyak permasalahan yang akan timbul karena kulit kering dan berminyak, seperti mudah iritasi, penuaan dini, dan jerawat di wajah. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan pH kulit yaitu dengan air mawar. air mawar digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit karena dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Untuk menghindari masalah kulit bisa menggunakan air mawar sebagai pembersih atau toner wajah secara rutin. Selain itu, bisa menggunakan air mawar sebagai face mist. Jadi, saat kulit terasa kering, bisa langsung menyemprotkan air mawar tersebut ke wajah secara merata. Karena kandungan pelembab alami dan antioksidannya, tidak heran bila mawar dipercaya dapat merawat kulit sehingga kulit menjadi terlihat lebih sehat.

  • Mencerahkan warna bibir

Kecantikan bunga mawar sebagai tanaman hias juga bisa memberikan kecantikan tersebut tumbuh dan berkembang di dalam diri para wanita. Hal tersebut seperti salah satunya adalah dengan mencerahkan warna bibir di mana kita dapat menggunakan bunga mawar untuk mencerahkan warna bibir yang gelap. Cara untuk melakukannya adalah dengan membuat pasta dari kelopak bunga mawar segar yang kemudian dicampur dengan beberapa tetes madu dan satu sendok susu krim. Setelah pasta jadi kemudian oleskan di bibir dan tunggu sekitar 15 hingga 20 menit dan kemudian bilas dengan air. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin maka akan membuat bibir terlihat merona dan bibir pun menjadi semakin lembab karena khasiat bunga mawar yang dapat menjadi sebuah pelembab.

  • Mengatasi peradangan pada kulit

Khasiat bunga mawar yang selanjutnya adalah dapat mengatasi berbagai peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit. Fungsi ataupun manfaat ini sejalan dengan apa yang telah dipaparkan pada manfaat pertama yaitu untuk mengatasi jerawat karena jerawat merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada kulit. Bunga mawar sejatinya mengandung zat antioksidan serta anti bakteri di mana selain itu bunga mawar juga memiliki sifat anti inflamasi. Oleh karena itu, bunga mawar aman untuk digunakan semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif bahkan yang mudah terkena jerawat. Bahkan khasiat dari bunga mawar ini digadang-gadang dapat mengatasi masalah inflamasi di kulit akibat faktor lain seperti misalnya eksim.

  • Menghambat penuaan dini

Manfaat terakhir ini didasarkan oleh beberapa penelitian yang mengungkap bahwa hal satu hal manfaat bunga mawar adalah menghambat penuaan dini. Dengan diambil airnya saja bunga mawar dapat mengurangi garis halus atau ke kerutan di wajah karena air mawar mengandung pelembab sekaligus zat antioksidan yang sangat baik bagi kulit dan kecantikan. Kandungan antioksidan sendiri diketahui mampu menangkal radikal bebas serta masalah kerusakan yang terjadi pada kulit. Dengan adanya berbagai permasalahan kulit there selesaikan maka akan menciptakan kulit yang sehat dan menghindari keriput pada kulit.

Ternyata manfaat dari bunga mawar dalam dunia kecantikan sangat banyak sekali. Dengan rajin menggunakan bunga mawar dalam dunia kecantikan dapat membuat kita menjadi lebih cantik dan memanfaatkan berbagai kelebihan tersebut untuk memperindah kulit yang kita miliki. Maka dari itu jangan ragu untuk menggunakan mawar dalam dunia kecantikan terutama yang sudah mendapatkan izin standar.

Berdasarkan penjelasan di atas terkait manfaat mawar dalam dunia kecantikan, tak heran jika banyak produsen kecantikan yang menggunakan mawar sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kecantikan. Di Indonesia sendiri mawar cukup populer, sehingga kedepannya diharapkan produsen kecantikan dapat membuat lebih banyak produk kecantikan dengan bahan baku mawar.

Bagikan Artikel Ini