Beranda » Komunitas Pena Perdamaian Gelar Webinar Internasional Bahas Peran Pemuda Sebagai Jurnalis Warga

Komunitas Pena Perdamaian Gelar Webinar Internasional Bahas Peran Pemuda Sebagai Jurnalis Warga

Komunitas Pena Perdamaian (KPP) menyelenggarakan International Webinar secara daring dengan mengangkat tema “The Role of Young Citizen Journalist in Peacebuilding” pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021. Webinar tersebut diikuti oleh sebanyak 90 peserta yang sebagian besar merupakan pemuda yang berasal dari seluruh Indonesia dan lintas negara. 

Narasumber dalam kegiatan ini merupakan seorang reporter profesional dari salah satu stasiun media di Negeri Gajah Putih, Thailand. Materi yang dibawakan ialah mengenai peran pemuda dalam berkontribusi terhadap pembangunan perdamaian dengan cara menjadi seorang jurnalis warga.

Kegiatan ini digelar karena melihat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sekitar khususnya menyangkut perdamaian dan konflik, dimana seharusnya masyarakat khususnya pemuda dapat melakukan sesuatu untuk mencoba menyelesaikan berbagai permasalahan. Dengan adanya webinar ini diharapkan kesadaran masyarakat dapat terwujud dan menjadi termotivasi untuk mengambil bagian dalam membangun dan merawat perdamaian khususnya melalui produk-produk jurnalistik, seperti misalnya dengan membuat berita dalam blog/website pribadi, mempublikasikan foto-foto yang ditambah narasi perdamaian atau video-video jurnalistik sebagai kontribusi penyelesaian masalah.

Komunitas Pena Perdamaian (KPP) merupakan komunitas yang dibentuk untuk mewadahi ide, gagasan dan kreativitas masyarakat khususnya kalangan pemuda untuk dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada masyarakat luas dalam rangka mewujudkan salah satu cita-cita bangsa yaitu mewujudkan perdamaian abadi.

Mewujudkan perdamaian yang berkelanjutan merupakan salah satu tujuan dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang dikenal juga dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs), oleh karena itu dibutuhkan juga kontribusi dan usaha anak muda dalam mewujudkan tujuan tersebut sehingga cita-cita bangsa untuk mewujudkan perdamaian abadi dan kesejahteraan sosial dapat menjadi nyata.

Bagikan Artikel Ini