Beranda » Khawatir akan Nasib Hutan, Petisi Minta Presiden Perpanjang Moratorium Sawit

Khawatir akan Nasib Hutan, Petisi Minta Presiden Perpanjang Moratorium Sawit

Petisi Perpanjangan Moratorium Sawit

Menjelang berakhirnya moratorium sawit, masyarakat khawatir akan nasib hutan Indonesia. Kekhawatiran ini muncul karena tanpa perpanjangan moratorium sawit, bisa jadi hutan dan ekosistemnya akan hilang dan berganti dengan perkebunan sawit. Fungsi hutan juga jadi tidak maksimal dan ancaman bencana bisa datang kapan saja.

Inilah yang membuat Koalisi Moratorium Sawit membuat petisi untuk meminta kepada Presiden Jokowi memperpanjang moratorium sawit.

Moratorium sawit  yang telah berjalan sebelumnya terbukti membawa dampak baik. Pemberian izin baru atau moratorium untuk perkebunan sawit, yang selama ini diberlakukan membawa dampak baik untuk hutan-hutan yang ada di Indonesia. Termasuk pada ekosistem di dalamnya.

Bahkan selama moratorium berjalan, kebakaran hutan berkurang. Bahkan tahun ini, belum ada berita kebakaran hutan yang terjadi.

Sampai sekarang sudah ada 2.000 lebih dukungan untuk petisi #FlashSaleHutan oleh pengguna platform Change.org.

“Seperti pada bencana banjir besar di Kalimantan pada awal tahun ini, yang diakibatkan oleh konsesi perkebunan sawit. Selain itu, masih banyak izin Hak Guna Usaha yang keuntungannya langsung masuk ke kantong pengusaha” kutip Koalisi Moratorium Sawit dalam petisinya, Jumat (17/9/2021).

Pendukung petisi juga ikut berkomentar, seperti Dims Oishi berkomentar. “Sebenarnya kurang setuju jika lahan ditanam sawit, tapi lebih tidak setuju lagi kalau moratorium tidak diperpanjang,” ujarnya.

Komentar lainnya datang dari Hengky Putra yang menuliskan. “Saya mendatangi ini karena saya peduli krisis iklim itu nyata adanya, pemerintah harus tegas menjalankan peraturan ini karena jangan sampai hal buruk terjadi dikemudian hari karena adanya kerusakan hutan, dan saya peduli dengan kehidupan pohon, hewan, suku yang ada di hutan,” katanya.

Untuk mengetahui jumlah terakhir penandatangan petisi #FlashSaleHutan klik di sini

(***)

Bagikan Artikel Ini