Beranda » Keistimewaan Bahasa

Keistimewaan Bahasa

Bahasa

Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi atau alat interaksi yang hanya dimiliki manusia. di dalam kehidupan bermasyarakat, sebenarnya manusia dapat juga mengunakan alat komunikasi lain selain bahasa.

Namun tampaknya bahasa merupakan alat komunikasi yang paling baik, paling sempurna, dibandingkan dengan alat-alat komunikasi lainnya.

Bahasa merupakan sebuah sistem, yang artinya bahasa itu dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola secara tetap dan dapat di kaidahkan, sistem bahasa yang dibicarakan di atas adalah berupa lambang-lambang dalam bentuk bunyi.

Dapat diuraikan bahwa terdapat tiga bagian dalam proses komunikasi. komponen tersebut sebagai berikut:

1. Pihak yang berkomunikasi (pengirim dan penerima informasi). pihak yang terlibat dalam proses komunikasi tentunya ada dua orang atau dua kelompok orang, yaitu pertama yang mengirim disebut (sender) informasi, dan yang kedua penerima informasi disebut (receiver) informasi.

2. Informasi yang dikomunikasikan adalah informasi yang disampaikan tentunya berupa suatu ide, gagasan, keterangan, atau pesan.

3. Alat yang digunakan dalam komunikasi adalah alat yang digunakan dapat berupa simbol/ lambang seperti bahasa (karena hakikat bahasa adalah sebuah sistem lambang) yaitu berupa tanda-tanda.

Dalam komunikasi Terdapat dua jenis komunikasi, yaitu:

1. Komunikasi verbal atau komunikasi bahasa merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai alatnya.

2. Komunikasi nonverbal atau komunikasi yang menggunakan alat bukan bahasa. contohnya seperti bunyi peluit, cahaya lampu, semafor, alat komunikasi dalam masyarakat hewan.

Tentang Bahasa, mungkin banyak yang bertanya, apakah bahasa itu istimewa? dan seperti apa maksud dari keistimewaan bahasa?

Tentu bahasa merupakan suatu komunikasi yang istimewa, dari penggunaan nya kita dapat mengerti maksud dari berbicara mulai dari bahasa lisan, tulisan, dan bahasa tubuh.

Maka dari itu terdapat keistimewaan bahasa yang diungkapkan oleh 3 ahli pakar bahasa seperti ciri-ciri dibawah ini.

Menurut pakar bahasa seperti Hockett, Mc Neill, dan Chomsky men-cirikan sebagai berikut:

1. Bahasa dapat tersiar ke segala arah, tetapi penerimanya terarah.

2. Lambang bahasa yang berbunyi itu cepat hilang setelah diucapkan.

3. Partisipan dalam komunikasi bahasa dapat saling bertukar.

4. Lambang bahasa itu dapat menjadi umpan balik yang lengkap.

5. Komunikasi bahasa mempunyai spesialisasi (manusia berkomunikasi hanya cukup dengan bunyi tidak perlu diikutsertakan dengan gerakan).

6. Lambang-lambang bunyi dalam komunikasi bahasa adalah bermakna atau merujuk pada hal-hal tertentu.

7. Hubungan antara lambang bahasa dengan makna bukan ditentukan oleh suatu ikatan antara keduanya, tetapi lebih kepada konvensi di atara penutur bahas tersebut.

8. Bahasa sebagai alat kumunikasi manusia dapat dipisahkan menjadi satuan-satuan unit.

9. Waktu dan tempat tidak bersifat tetap.

10. Bahasa manusia bersifat terbuka.

11. Bahasa manusia dapat dipelajari oleh manusia lainnya.

12. Bahasa antara satu manusia dengan manusia lainya dapat terjadi perbedaan yang mutlak.

13. Bahasa dapat digunakan untuk menyatakan yang benar dan yang tidak benar, atau juga yang tidak bermakna secara logika.

14. Bahasa memiliki subsistem bunyi dan subsistem makna.

15. Bahasa dapat kita gunakan untuk menjelaskan bahasa itu sendiri (kamus).

Dalam pemaparan diatas terdapat 15 ciri bahasa khusus yang membedakan sistem komunikasi bahasa manusia dengan mahluk lain.

Dari pembahasan tentang sebuah keistimewaan bahasa dalam kehidupan ini, dan bahasa juga sangat memiliki banyak sekali variasi penggunaan nya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan bahasa tidak luput kita gunakan setiap hari untuk berinteraksi sebagai mahluk hidup, bahasa akan terus ada dan akan terus berkembang seiring perkembangannya zaman.

Karena Semakin tinggi kemampuan berbahasa antara pengirim dan penerima, maka semakin lancar lah proses komunikasi itu terjadi.

Kelancaran komunikasi tersebut dapat mengalami hambatan karena adanya unsur gangguan. misalnya ketika komunikasi itu berlangsung, dan terjadi kebisingan suara di tempat berlangsungnya komunikasi.

Pengirim pesan Encoding (tindakan pemberian arti simbol-simbol pada pemikiran), pesan ujaran umpan balik penerima pesan Decoding (Pembaca atau pendengar) gangguan tersebut atau salah satu pihak yang berkomunikasi itu mempunyai pendengaran yang kurang baik.

Maka hal itu akan meyebabkan terjadinya kesalahpahaman dalam berbahasa dan alat komunikasi itu terdiri dari 2 aspek, yaitu aspek linguistik yang mencakup fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.

Sedangkan aspek non-linguistik atau bisa disebut dengan paralinguistik mencakup kualitas ujaran, unsur suprasegmental seperti : (tekanan, nada, intonasi, dan gerak-gerik tubuh bahkan rabaan).

Kenapa bahasa merupakan hal yang istimewa? sebab bahasa itu sebuah hal yang unik, variatif, dapat dimengerti, dan menjadi sebuah lambang yang memiliki keterikatan pada mahluk untuk berinteraksi sehingga menimbulkan suatu komunikasi dalam peristiwa tutur.

Bagikan Artikel Ini