Beranda » Keindahan Panorama Wisata Gunung Bromo

Keindahan Panorama Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut ini merupakan destinasi andalan Jawa Timur. Gunung Bromo berdiri gagah dikelilingi kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi.

Terbentuknya Gunung Bromo berawal dari dua gunung yang saling berhimpitan satu sama lain, kemudian terjadi letusan kecil sehingga membentuk lembah besar dan dalam, letusan dahsyat yang menciptakan kaldera dengan diameter >8km, aktivitas lanjutan dari gunung tersebut memunculkan lorong magma ditengah kaldera sehingga lahir gunung baru antara lain lautan pasir, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo.

Kendaraan yang digunakan untuk perjalanan ke Bromo kita dapat menaiki jeep yang sudah tersedia disana dengan tarif Rp 650.000/5 penumpang. Wisatawan bisa melihat pemandangan alam menuju Gunung Bromo dan kegiatan masyarakat Tengger.

Setelah melakukan perjalanan yang lelah dan cukup mengocok perut, saatnya untuk mengejar indahnya matahari terbit di kawasan Gunung Bromo, moment ini menjadi agenda yang sangat disayangkan jika dilewati, sejuknya suasana dingin yang menusuk tulang dan hangatnya api unggun di tengah kegelapan malam jadi sensasi tersendiri untuk menikmati indahnya matahari terbit.

Selain menikmati sunrise, Wisatawan bisa mengunjungi Pasir Berbisik tempat ini mengacu pada suara yang di timbulkan dari desiran butiran pasir yang terbawa angin hamparan pasir yang luas dan tidak ditumbuhi rumput maupun tumbuhan, untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaran pribadi atau jeep, jangan khawatir di lokasi ini juga telah tersedia fasilitas seperti, toilet, penjual makanan, minuman hangat dan cindera mata. namun,  jika musim kemarau biasanya angin yang berhembus cukup kencang. maka dari itu kita harus bersedia pakaian yang cukup untuk menghangatkan tubuh seperti, jaket, syal, sarung tangan dan kaos kaki.

Kemudian lokasi yang tidak kalah indah di bromo yaitu bukit Teletubies. Berupa padang rumput sabana dan hamparan bunga – bunga yang cukup luas, Setibanya di bukit savana, pengunjung bisa menikmati pemandangan bukit yang di dominasi rerumputan hijau dan tak lupa wisatawan yang mengunjungi tempat ini harus mempersiapkan kamera untuk memotret keindahan alam yang perlu diabadikan.

Sebaiknya wisatawan yang berkunjung ke bukit ini ketika musim peralihan antara penghujan dan musim kemarau karna akan melihat indahnya bukit rerumputan yang menghijau. Namun, sebaliknya jika berkunjung pada musim kemarau rumput akan kering dan gersang.

Di Gunung Bromo juga terdapat kawah yang menjadi tempat favorit karna bebeda dengan kawah gunung lain. Namun, untuk mencapai kawah tersebut harus penuh dengan perjuangan lantaran jalan yang menanjak dan harus melewati anak tangga hingga puncak Bromo. Sesampainya disana anda akan melihat kawah yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Tetapi tempat ini cukup berbahaya maka wisatawan yang berkunjung harus berhati – hati dan memperhatikan keselamatan anda

Bagikan Artikel Ini