Beranda » Banyak Diminati, Berikut Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Cabe

Banyak Diminati, Berikut Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Cabe

Oleh : Dyah Ayuning Tyas

Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

No. Telp : 085899464062 | email : dyah.tyas21@mhs.uinjkt.ac.id

Sumber foto: https://shope.ee/6pLVScNzJB

Dewasa ini, camilan sangat diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak – anak sampai orang tua dan pasti kalian salah satunya. Camilan dari hari ke hari semakin berkembang hingga memiliki beragam jenis yang dapat dipilih sesuai dengan mood masing – masing individu. Inovasi – inovasi baru pada camilan terus dikembangkan agar menarik minat konsumen dan salah satu camilan yang sedang diminati saat ini yaitu, keripik cabe!!

Keripik cabe?!?! Ya, betul. Keripik cabe yang memiliki bahan dasar yaitu, cabai. Yang mana biasanya cabai pada camilan hanya dipakai sebagai bumbu penambah rasa pedas, tetapi pada keripik cabe khas dari Dumai, Riau ini benar-benar terbuat dari cabai pilihan yang di balut dengan tepung serta bumbu halus. Kalau kalian penasaran tentang keripik cabe ini, yuk disimak lebih lanjut.

Khasiat cabai sebagai bahan dasar keripik cabe

Dibalik rasa pedas pada cabai yang tidak jarang menimbulkan masalah pencernaan, ternyata terdapat beberapa khasiat dari si cabai ini. Berikut beberapa khasiat yang bisa jadi pertimbangan kawan – kawan untuk mengonsumsi cabai, diantaranya :

  1. Membantu untuk penurunan berat badan

Jika teman – teman berencana untuk melakukan diet, boleh banget nih memasukkan cabai kedalam konsumsi harian kalian. Berdasarkan yang dipaparkan hellosehat.com hal ini karena zat capsaicin yang ada pada cabai diyakini dapat membakar lemak dan energi tubuh dengan lebih cepat.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Dengan kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten yang terdapat pada cabai, kalian dapat terhindar dari serangan jantung. Dan vitamin B pada cabai juga dapat mengurangi kadar homosistein. Tingginya kadar homosistein dapat merusak pembuluh darah.

  1. Melancarkan pernapasan

Cabai dapat membantu melebarkan saluran napas di paru – paru sehingga punya manfaat bagi kalian yang memiliki penyakit asma. Vitamin A pada cabai juga bisa menurunkan risiko radang paru – paru yang terjadi akibat merokok.

  1. Menjaga kadar gula darah

Cabai juga berkhasiat bagi temen – temen yang mengidap diabetes, loh. Hal tersebut dikarenakan kandungan capsaicin yang terdapat di dalam cabai. Dimana sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

  1. Menurunkan risiko kanker

Manfaat yang dapat kalian peroleh selanjutnya adalah penurunan risiko kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cabai, beberapa di antaranya adalah vitamin C, lutein, dan beta – karoten.

Antioksidan telah terbukti mampu melindungi sel – sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, radikal bebas yang berlebihan inilah yang menjadi salah satu pemicu kanker.

Wah! Tidak disangka, ya. Ternyata cabai yang kita anggap hanya bisa bikin mulut kepedesan punya segudang khasiat seluar biasa itu. Sebenarnya masih banyak loh khasiat cabai ini. Buat pecinta makanan pedas ini, pasti ngerasa beruntung banget.

Kualitas dan rasa yang ada pada keripik cabe

Keripik cabe yang memiliki bahan dasar cabai, tentu memiliki rasa pedas yang sangat menggugah selera kita. Namun, tidak hanya rasa pedas yang ada pada keripik cabai. Ada juga rasa gurih yang mana dihasilkan dari bumbu halus pada proses pembuatan keripik cabai. Keripik cabai dibuat dengan menggunakan kemiri, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, dan bumbu lain yang dapat menambah cita rasa.

Dan bukan hanya itu saja, untuk kalian yang nggak terlalu suka pedes, tidak perlu khawatir. Keripik cabe yang dijual dipasaran memiliki banyak varian, mulai dari original, keju, daun jeruk sampai varian rendang.

Keripik cabe yang banyak dipasarkan, utamanya di pasar online. Dikemas dengan packaging yang sangat menarik dan efesien sehingga memudahkan kita ketika makan camilan ini. Camilan ini cocok untuk dibuat oleh-oleh dan karena rasanya yang gurih bisa juga dimakan bersama dengan nasi hangat. Duh, kebayang banget nih nikmatnya.

Variasi harga keripik cabe

Masuk kedalam salah satu aspek penting dalam memilih camilan yaitu, harga. Kalian pasti penasaran berapa sih harga keripik cabe ini. Di pasar online, keripik cabe ditawarkan dengan beragam berat mulai dari 90 gram sampai 300 gram. Sehingga harga yang ditawarkan beragam pula, yaitu mulai dari kisaran Rp. 15.000 – Rp. 45.000.  Jadi, buat kalian yang mau coba – coba keripik ini bisa beli kemasan kecil dulu nih.

Risiko konsumsi keripik cabe

Dari paparan diatas, keliatan menggoda banget ya si keripik cabe ini. Namun, tidak boleh dilupakan kalau keripik cabe ini berbahan dasar cabai  pedas yang mana seperti disebutkan oleh seorang ahli penyakit dalam dari Fakultas kedokteran, Universitas Indonesia. Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD dalam Kompas, bahwa tingkat kepekaan setiap orang pada makanan pedas berbeda–beda.

Jadi, temen – temen harus bijak dalam mengkonsumsi keripik cabe ini. jika konsumsi cabai terlalu berlebihan seperti camilan keripik cabe ini, maka resiko Kalian terkena penyakit lambung akan semakin tinggi. Risiko penyakit yang akan menyerang Kalian jika mengonsumsi keripik cabe terlalu berlebihan, diantaranya :

  1. Gastritis (iritasi pada lambung)

Mengkonsumsi keripik cabe berlebih dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung hingga terluka karena terjadinya peradangan pada lapisan lambung.

  1. Berkurangnya sensitivitas lidah

Terlalu banyak mengkonsumsi keripik pedas dapat menyebabkan sensitivitas lidah semakin berkurang. Bahkan, bisa jadi indera pengecap tidak lagi berfungsi maksimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

  1. Insomnia

Dan mengonsumsi banyak makanan pedas dapat menyebabkan insomnia. Hal ini sebabkan oleh peningkatan temperature tubuh hingga memicu detak jantung lebih cepat, sehingga dapat mengganggu tidur yang seharusnya menjadi rileks.

Nah, itu dia Temen – temen preferensi dari keripik cabe yang menjadi salah satu pilihan camilan unggulan. Keripik cabe diminati karena produknya yang genuine dan sangat menarik. Jadi bagaimana temen – temen, apa kalian tertarik buat nyobain keripik cabe ini? Kalau iya, kalian bisa langsung membelinya di platform belanja favorit kalian, tetapi tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya juga ya temen – temen.

Bagikan Artikel Ini