Beranda Peristiwa 11 Petahana Pilkades Kabupaten Serang Gugur di 6 Kecamatan Ini

11 Petahana Pilkades Kabupaten Serang Gugur di 6 Kecamatan Ini

Ilustrasi - foto istimewa

KAB. SERANG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Serang pada Minggu (31/10/2021) telah dilaksanakan dan hingga kini situasi pasca pemungutan dan penghitungan suara terpantau kondusif.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BantenNews.co.id, beberapa hasil Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Serang sudah terdata dan sejumlah calon kades incumbent (petahana) berhasil dikalahkan oleh wajah baru calon kades.

Calon kades petahana yang berguguran diantaranya ada di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Kopo, Kecamatan Kragilan, Kecamatan Kibin, Kecamatan Petir, Kecamatan Bandung, dan Kecamatan Carenang.

Terdapat 7 desa yang menggelar Pilkades Serentak 2021 di Kecamatan Kopo, yaitu Desa Kopo, Desa Cidahu, Desa Nyompok, Desa Gabus, Desa Carenang Udik, Desa Ranca Sumur, dan Desa Mekar Baru.

Di Desa Kopo terdapat 2 calon kades yaitu Ade Amalia dan Sapri. Dari perolehan suara, Sapri berhasil mengungguli Ade Amalia dengan 1.190 suara.

Di Desa Cidahu terdapat 4 calon kades yang terdiri dari 3 calon kades wajah baru yakni Muhamad Toha, Nana Supriyatna, Muhamad Abdullah Al Amin dan 1 petahana yaitu Supriadi. Berdasarkan perolehan suara, Muhamad Abdullah Al Amin mengalahkan petahana Supriadi dengan total suara 1.786.

Selain petahana yang gugur di Desa Cidahu, petahana di Desa Nyompok juga mengalami hal yang sama. Sebanyak 5 calon kades mencalonkan diri di Desa Nyompok yang terdiri dari 4 wajah baru adalah Ahmad Sayupi, Sopian, Haerudin, Yadi Wiryadi Karyatnas serta 1 petahana yakni Surahmat. Dari total perolehan suara, Sopian mengalahkan petahana Surahmat dengan total suara 1.266.

Di Desa Cigabus ada 5 wajah baru yang mengisi mencalonkan kades yaitu, Ahmad Sonhaji, Sutisna, Endang, Akhyar, dan Ibnu Kharis. Menurut total perolehan suara, Endang berhasil unggul dengan 1.679 suara.

Selanjutnya Desa Carenang Udik yang juga diisi dengan 5 wajah baru yaitu Nurdjaya, Ahmad Haerudin, Ropalan, Madsuni, dan Sopian. Madsuni berhasil unggul diperolehan suara sebanyak 1.116 suara.

Di Desa Rancasumur ada 2 calon kades yaitu Ahmad Wahyudin Nasyar selaku petahana dan Engkos Kosasih yang merupakan wajah baru. Berdasarkan perolehan suara, Ahmad Wahyudin Nasyar berhasil terpilih kembali dengan 2.204 suara.

Terakhir di Kecamatan Kopo yaitu Desa Mekarbaru. Ada 5 calon yang mengisi yaitu Saudi, Tri Yoga Mulyana, Abdul Rizal Asror, Sobari, dan Rizal Yulianto. Sobari menang sebanyak 789 suara.

Situasi pasca pemilihan dan penghitungan suara di Kecamatan Kopo terpantau aman hingga saat ini. “Situasi pasca pemungutan dan penghitungan, sampai saat ini kondusif,” ujar Camat Kopo Tenda Subekti kepada BantenNews.co.id melalui pesan singkat, Minggu (31/10/2021).

Beralih ke Kecamatan Kragilan, di Kecamatan Kragilan terdapat 5 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak yaitu Desa Silebu, Desa Pematang, Desa Dukuh, Desa Sukajadi, dan Desa Kendayakan.

Terdapat 5 calon kades di Desa Silebu yaitu Munandar Mulya Kusuma, Zaenuri, Ade Sapta Gunaedi, Mukhamad Juweni, dan Alaya Uriyana. Dari total perolehan suara, Ade Sapta Gunaedi menang telak dengan total suara 1.824.

Di Desa Pematang juga ada 5 calon kades yakni Jumberi, Muhammad Aminallah, Maskin, Bukhari, dan Madsupi. Bukhari unggul dan menang melawan dengan total suara 890.

Kembali terjadi petahana gugur dalam Pilkades Serentak, kali ini terjadi di Desa Dukuh. Di Desa Dukuh terdapat 5 calon kades yang terdiri 1 petahana Ali Zaenal Abidin dan 4 wajah baru yakni Aspuriana, Madamin, Sahroni, Harrys Prayitno. Harrys Prayitno menang dengan perolehan suara 1.183.

Masih di Kecamatan Kragilan, Pilkades Serentak 2021 di Desa Sukajadi diikuti oleh 3 calon kades yakni Hendra Hestiawan, 1 petahana Suadi, dan Saepudin. Suadi berhasil terpilih kembali dengan perolehan suara 1.653.

Terakhir di Kecamatan Kragilan yaitu Desa Kendayakan. Desa Kendayakan diisi oleh 5 calon kades yakni Su’udi, Lukman, Lis Kusuma Wati, Ahmad Muhtadi, dan Marsa. Lukman berhasil menang telak dari keempat lawannya dengan perolehan suara 2.566.

Masih di daerah Serang Timur tepatnya di Kecamatan Kibin, di Kecamatan Kibin terdapat 4 desa yang mengikuti Pilkades Serentak 2021 yaitu Desa Kibin, Desa Nagara, Desa Nambo Ilir, dan Desa Barengkok.

Di Desa Kibin ada 3 calon kades. Tiga calon kades tersebut adalah Saepul Anwar, Achmad Samsudin, dan Memah Eliyah. Achmad Samsudin kembali terpilih dengan perolehan suara 2.611.

Di Desa Nagara terdapat 4 calon kades yaitu Sakra, Sarja Kusuma Atmaja, Abdul, dan Sehkolib. Abdul berhasil unggul dari petahana Sarja Kusuma Atmaja yakni dengan perolehan suara 2.233.

Kemudian di Desa Nambo Ilir ada 4 calon kades yakni Masri, Yasin, Abas Sopandi, dan Sahriyudin. Dari perolehan suara, Sahriyudin kembali terpilih dengan suara sebanyak 2.667.

Ada 5 calon kepala Desa Barengkok yakni Sanusi, Madyani, Jasria, Laelah Susilawati, dan Juhri. Laelah Susilawati terpilih kembali dengan perolehan suara 1.690.

Di Kecamatan Petir ada 18 calon kades yang tersebar di 5 desa yaitu di Desa Petir, Desa Sindangsari, Desa Sanding, Desa Kampung Baru, dan Desa Mekar Baru.

Lima calon kades di Desa Petir yaitu Wahyudin, Edi Sutisna, Budi Adi Maryani, Hambali, dan Syehabudin. Wahyudin berhasil menang telak dari Petahana Hambali yakni dengan 1.443 suara.

Di Desa Sindangsari terdapat 5 calon kades yaitu Maun, Gaosul Alam, Solihin, Juhanta, dan Sohibul Bahri. Sohibul Bahri menang dengan perolehan suara 1.883.

Di Desa Sanding hanya ada 2 calon kades yakni Ade Fajri Suryana dan Rosid. Rosid unggul atas Ade dengan perolehan suara 1.115.

Selanjutnya di Desa Kampung Baru juga hanya diisi 2 calon kades yaitu Suhendra dan Rozi. Rozi kembali terpilih dengan 902 suara.

Desa terakhir yang mengikuti Pilkades di Kecamatan Petir yaitu Desa Mekar Baru. Ada 4 calon kades di Desa Mekar Baru yakni Tb Muzakar, Asep Rupawan, Abdul Hamid, dan Mustahiq. Abdul Hamid berhasil mengalahkan Asep Rupawan yang merupakan petahana dengan total perolehan suara 1.601.

Kecamatan selanjutnya adalah Kecamatan Bandung. Di Kecamatan Bandung ada 5 desa yang mengikuti Pilkades Serentak, yaitu Desa Mander, Desa Pangawinan, Desa Malabar, Desa Blokang, dan Desa Pringwulung.

Terdapat pula 4 petahana yang mencalonkan diri berada di Desa Mander, Desa Pangawinan, Desa Malabar, dan Desa Pringwulung.

Di Desa Mander, petahana yang mencalonkan diri kembali yaitu Edo Saefudin, sementara dua lawannya yaitu Lalang Anri Kurnia dan Dedi Supriyatna. Edo Saefudin berhasil terpilih kembali dengan perolehan suara 1.939.

Petahana yang mencalonkan diri kembali di Desa Pangawinan yaitu Mas’ud, sementara lawannya yaitu Manilah. Mas’ud juga berhasil terpilih kembali dengan perolehan suara 1.172.

Di Desa Malabar, Moh Yunus yang sebagai petahana dikalahkan oleh lawannya yakni Suhada. Suhada berhasil memperoleh suara sebanyak 1.196.

Ada 2 wajah baru yang mengisi calon kades di Desa Blokang. Dua wajah baru itu yakni Komariah dan Yahya. Yahya berhasil mengungguli Komariah dengan perolehan suara 1.986.

Terakhir di Desa Pringwulung, terdapat 5 calon kades yang diantaranya seorang petahana Sainun, Toni, Kaman, Nana, dan Sana. Sana menang atas petahana Sainun dengan memperoleh 1.350 suara.

“Desa Pangawinan dan Desa Mander petahana menang kembali, untuk Desa Blokang petahananya meninggal dunia tahun lalu dan yang berhasil jadi kades itu Yahya,” kata Camat Bandung, Subur.

Sementara itu di Kecamatan Carenang, terdapat 13 calon kades yang tersebar di 4 desa yang menggelar Pilkades Serentak.

Di Desa Carenang, ada 4 wajah baru calon kades yakni Didi, Madenan, Faturrohman, dan Sulaeman. Sulaeman berhasil menang dengan total suara 677.

Desa Pamanuk diisi oleh 4 calon kades yang merupakan 3 wajah baru dan 1 petahana, yakni Muhammad Ali Sobri, Suhandi, Khaeriyah, dan Sukri. Muhamad Ali Sobri mengalahkan petahana Sukri dengan total suara 736.

Masih di Kecamatan Carenang, Jaya berhasil mengalahkan Patak dan petahana Fadli dengan total suara 1.587.

Terakhir Desa Walikukun, Firda Hardati berhasil menang atas petahana Asep Faturrohman dengan total suara 2.073. (Nin/Red)