Beranda Gaya Hidup Tips Memilih Broker Asuransi Agar Tak Kecewa

Tips Memilih Broker Asuransi Agar Tak Kecewa

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Selain polis dan premi asuransi, ada broker asuransi yang juga tak kalah penting untuk diketahui peran dan tanggung jawabnya. Broker asuransi bertugas sebagai institusi yang membantu nasabah asuransi (pemegang polis) untuk mendapatkan haknya, seperti membantu proses klaim hingga pencairan klaim atas perusahaan asuransi.

Berdasarkan POJK Nomor 70/POJK.05/2016 Tentang Penjualan dan Pembelian Asuransi, broker asuransi berperan sebagai konsultan dan/atau sebagai perantara dalam penutupan asuransi baik konvensional ataupun syariah serta penanganan penyelesaian klaimnya dengan bertindak atas nama tertanggung atau pemegang polis.

Umumnya, broker asuransi memiliki berbagai pilihan asuransi, di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi. Semua jenis asuransi tentunya punya fungsi masing-masing.

Duitpintar selaku broker asuransi sekaligus marketplace produk asuransi online terpercaya yang terdaftar dan mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memberikan penjelasan detailnya mengenai broker asuransi, pilihan asuransi, hingga tugas dan tanggung jawab broker asuransi.

1. Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan asuransi yang wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, biaya servis mobil bisa sampai jutaan rupiah, apalagi kalau harus tuning dan ganti segala macam spare part-nya.

Baik itu karena salah pengendara lain, karena umur mobil yang mulai menua, ataupun karena kesalahan pengendara sendiri akan menyebabkan kendaraan mengalami masalah.

Oleh karena itu, anggap saja membayar premi asuransi mobil sebagai tabungan untuk masa di mana Anda harus servis mobil nanti.

2. Asuransi Kesehatan

Selain tidak tahu kapan kita akan mengalami masalah kesehatan, biaya kesehatan yang terus mengalami kenaikan cukup tinggi di setiap tahunnya membuat Anda wajib mengantisipasi dengan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang mau mendapatkan perawatan medis dengan kualitas terbaik tanpa harus bayar di muka sekaligus.

3. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan cara paling tepat jika Anda tidak ingin meninggalkan keluarga dalam keadaan finansial yang terguncang.

Asuransi jenis ini umumnya diikuti oleh tiap kepala keluarga, sehingga anggota keluarga yang kelak akan ditinggalkan bisa tetap mendapatkan santunan dari hasil premi yang dibayar di setiap bulannya.

Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap asuransi jiwa sama saja dengan berharap pemegang polisnya cepat meninggal. Pemikiran seperti ini sangat salah.

Asuransi jiwa justru merupakan langkah preventif untuk mencegah keluarga Anda mengalami kesulitan finansial setelah ditinggal oleh kepala keluarga.

Apa Itu Broker Asuransi?

Broker asuransi adalah sebuah lembaga atau badan profesional yang bertugas untuk membantu pihak nasabah asuransi untuk mendapatkan hak-haknya secara penuh atas perusahaan asuransi di mana nasabah tersebut menjadi pemegang pihak.

Broker asuransi harus melindungi kepentingan nasabah asuransi, agar benar-benar mendapatkan hak-haknya dari perusahaan asuransi tanpa sedikitpun dikurangi.

Selain itu, broker asuransi juga membantu nasabah dalam mengurus hal-hal yang berhubungan dengan asuransi yang dia daftarkan. Mulai dari administrasi, melakukan klaim, sampai mengurus kontrak dan sebagainya.

Broker asuransi juga disebut sebagai pialang asuransi ini juga merupakan badan bentukan pemerintah dan tidak bisa diganti oleh perseorangan. Harus benar-benar lembaga yang bekerja di bawah pemerintah.

Tugas dan Tanggung Jawab Broker Asuransi

Broker Asuransi memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan demi kepentingan nasabah atau pemegang polis asuransi. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang tugas pialang asuransi:

Memperkenalkan Strategi Manajemen Risiko Kepada Klien

Pialang Asuransi wajib hukumnnya menjelaskan tentang strategi manajemen risiko. Tujuannya adalah supaya klien bisa memilih asuransi yang tepat sesuai kondisi klien, termasuk menyesuaikan kondisi keuangan karena dalam asuransi ada premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Apabila nasabah memilih asuransi yang salah, bukan tidak mungkin jika kedepannya bakal sulit membayar premi kedepannya karena dinilai terlalu tinggi.

Membuat Kontrak Asuransi

Pialang asuransi juga bertugas membuat kontrak asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Dengan begitu, pialang asuransi haruslah memahami apa yang dibutuhkan nasabah terkait dengan asuransi yang hendak dimiliki.

Membantu Nasabah Memilih Penanggung yang Aman

Broker Asuransi wajib memastikan nasabah atau kliennya bisa memilih penanggung asuransi yang aman. Maksudnya adalah, broker harus bisa menjamin bahwa nasabah tidak salah dalam memilih perusahaan asuransi.

Karena pada kenyataannya masih banyak perusahaan abal-abal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Nah, tugas broker ini menjamin nasabah supaya tidak mendapatkan asuransi yang ilegal.

Mengurus Administrasi

Tidak selalu nasabah paham tentang administrasi pada asuransi. Nah tugas Pialang Asuransi adalah sebagai perwakilan nasabah untuk mengatur segala administrasi program asuransi.

Tak hanya itu saja, Pialang Asuransi juga bisa membantu negosiasi klaim asuransi jika diperlukan dan membantu nasabah mendapatkan tingkatan premi yang sesuai.

Selain tugas-tugas di atas, di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (PJOK) juga dijelaskan beberapa peranan dan wewenang dari broker asuransi, yaitu:

• Berhak menagih premi mewakili kepentingan pihak penanggung.

• Wajib memberikan saran kepada pihak tertanggung maupun penanggung meskipun tidak diminta.

• Mendampingi pengacara tertanggung jika memang suatu saat harus berurusan dengan hukum.

• Broker berhak melakukan penuntutan kepada pihak ketiga berdasarkan surat kuasa kuasa dengan dan atau atas nama pihak tertanggung.

• Dan masih banyak lagi yang lainnya

Itulah penjelasan mengenai broker asuransi. Jadi, untuk Anda yang ingin ikut asuransi tapi belum tahu harus mulai dari mana, menghubungi Duitpintar bisa jadi langkah awal yang tepat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini