Beranda Gaya Hidup Mencintai Diri Sendiri itu Penting Banget Loh, Ini Buktinya!

Mencintai Diri Sendiri itu Penting Banget Loh, Ini Buktinya!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Self-love adalah sikap mencintai diri sendiri, tapi juga gak lupa untuk mencintai orang lain sehingga porsi keduanya berimbang.

Ketika seseorang berhasil mencintai dirinya sendiri, dia pun akan dengan senang hati mencintai orang-orang yang ada di sekitarnya.

Maka dari itu, self-love sangat penting untuk ditumbuhkembangkan dalam diri seseorang. Terlepas dari mencintai, ini dia 5 alasan kenapa self-love itu sangat penting!

1. Self-love bisa memberi kebahagiaan ekstra

Take and gift itu memang benar, contohnya adalah self-love. Ketika kamu berhasil mencintai diri sendiri dan orang lain, maka orang-orang di sekitarmu pun akan kembali mencintaimu dengan setulus hatinya. Menyenangkan, bukan?

Apalagi di era sekarang, dimana mendapatkan cinta yang tulus itu sangatlah sulit. Karena kebanyakan orang selalu mengharapkan imbalan dari apa yang diperbuat dan diberikannya kepada orang lain.

2. Membuatmu semakin pede dalam hal apapun

Rasa percaya diri muncul dari dalam diri sendiri, bukan dari orang lain. Sekuat apapun orang lain menyuarakan kalau kamu pintar, cantik, dan istimewa, kalau kamu sendiri saja gak percaya sama hal-hal itu, hasilnya akan nihil.

Padahal ketika kamu percaya diri, maka hidupmu jauh lebih baik. Kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau dikenal oleh orang lain.

3. Mau menerima diri sendiri dengan apa adanya

Nobody’s perfect. Yup, semua orang punya kelebihan dan kekurangan dalam hidupnya. Tapi, jangan jadikan kekurangan sebagai penghambat dalam segala hal, terutama dalam meningkatkan kualitas diri.

Justru dengan kekurangan itulah kamu harus mau belajar menerima dirimu apa adanya. Ketika kamu mengetahui letak kelemahanmu, kamu akan berusaha menemukan letak kelebihanmu. Tujuannya bukan untuk menutupi kelemahan, tapi lebih ke arah ‘memperbaiki’ diri supaya dirimu jauh lebih berkualitas.

4. Dunia di sekitarmu akan ikut berubah

Ketika kamu berhasil mencintai dirimu sendiri, pola pikirmu terhadap hal-hal di sekitarmu akan ikut berubah ke arah yang lebih positif. Sikap ini membuatmu mampu melihat segala hal dari perspektif yang berbeda.

Ketika orang lain punya perspektif jelek terhadap seseorang, kamu justru sebaliknya. Perspektif ini sifatnya personal dan pastinya berbeda-beda setiap orang. Jadi, kamu gak bisa memaksa orang lain untuk punya perspektif yang sama denganmu.

5. Bisa menambah aura kecantikan seseorang

What? Serius, nih? Tentu saja! Aura kecantikanmu akan muncul dengan sendirinya ketika kamu berhasil mencintai dirimu sendiri. Meskipun orang lain berusaha menyangkal kecantikanmu, kamu tetap pede mengatakan kalau kamu cantik.

Bukan sok cantik atau pede abis, tapi karena kamu memang cantik. Karena gak ada satu orangpun yang punya paras dan kepribadian yang sama sepertimu. You are the one and only, that makes you beautiful. (Red)

Sumber : IDN Times