Beranda Akademi Tips Kulit Sehat Dan Bersinar saat New Normal

Tips Kulit Sehat Dan Bersinar saat New Normal

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Oleh : Wahyuni, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Sudah satu tahun lamanya pandemi di Indonesia berlalu. Banyak masyarakat yang sudah mengeluhkan ingin segera berakhir wabah Pandemi virus Covid-19. Tetapi pemerintah masih mengusahakan dalam memutuskan rantai pandemi ini dengan social distancing, pemberlakuan jam malam pada minimarket dan mall. Pada awal Juli 2021 pemerintah Indonesia sudah menentukan untuk menguji coba beberapa kegiatan belajar mengajar tatap muka di lingkungan sekolah, bekerja di lingkungan kantor, dan lainnya.

Pada saat Kegiatan belajar dan bekerja dirumah saat pandemi membuat beberapa perempuan malas untuk merawat kulit. Padahal walaupun sedang tidak berkegiatan diluar rumah, merawat kulit adalah hal penting untuk mejaga agar kulit kita tetap sehat dan bersinar. Ditambah pemakaian masker wajah setiap hari membuat kulit wajah mudah berjerawat. Ada beberapa tips untuk membuat kulit sehat dan bersinar saat menghadapi New Normal kembali yaitu dengan:

1.     Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Kunci utama kulit yang sehat adalah dengan makanan yang kita konsumsi. Dengan memilih makanan yang bergizi seperti memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin contohnya :

–          Vitamin A (baik untuk kesehatan mata dan kulit)

Sayuran : bayam, brokoli, wortel, kangkung, ubi jalar merah,labu kuning, kacang panjang, dan seledri.

Buah : lapukat, sirsak, apel, belimbing, jambu, kiwi, mangga, melon, pepaya, pisang dan semangka.

–          Vitamin B1 (baik untuk sirkulasi darah, metabolisme dan fungsi otak)

Sayuran : kacang panjang dan kangkung

Buah : pisang, buah naga, kismis dan timun

–          Vitamin B2 (bai untuk pembentukan sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke sekuruh tubuh)

Sayuran : bayam, kacang panjang dan jamur

Buah : kiwi, apel, manggis, pisang, semangka, dan timun.

–          Vitamin E (baik untuk kesehatan kulit, rambut, mingkatkan sirkulasi darah,meningkatkan daya tahan tubuh, membantu kesuburan, dan mengurangi stress)

Sayuran : brokoli, bayam, paprika asparagus,labu, dan kacang panjang.

Buah : alpukat, mangga, kiwi, pisang, dan tomat.

Dari beberapa contoh vitamin pada makanan diatas dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh.

2.     Minum air mineral yang cukup

Banyak mengkonsumsi air mineral juga memberikan efek dari dalam tubuh yang membuath kulit tampak sehat dan bersinar. Air mineral memiliki banyak sekali maanfaat nya jika kita mengkonsumsinya rutin setiap harinya. Karna banyak minuman sekarang yang selain air mineral yang memiliki kadar gula yang tinggi yang dapat menimbulkan beberapa masalah pada kulit wajah atau tubuh kita.

3.     Tahapan skin care yang benar untuk kulit wajah

Tahapan skin care ini sangat penting untuk perempuan agar kulit wajah makin terlihat sehat dan bersinar. Beberapa perempuan sudah sangat wajib dalam menggunakan rangkaian skin care seperti

–          Memcuci muka

–          Memakai toner wajah

–          Memakai essence wajah

–          Memakai sheet mask (optional)

–          Memakai krim pagi/malam

–          Memakai sunscreen

Dengan mengikuti urutan dari tahapan skincare itu dapat membantu kulit di wajah nampak lebih sehat dan cerah. Cara ini sudah sangat umum di kalangan para perempuan untuk membuat wajah lebih terlihat sehat dan cerah. Untuk merk biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Karena setiap kulit perempuan berbeda-beda ada yang memiliki kulit sensitif, berminyak, berjerawat, kulit kering dan kulit kombinasi.

4.     Istirahat yang cukup

Saat pandemi ini banyak yang bedagang saat malam hari untuk menghilangkan kebosanan saat malam hari. Walaupun hanya tiduran di kasur sampai larut malam dapa menyebabkan beberapa masalah kulit jika kita kekurang waktu tidur. Maka dari itu kita harus memenuhi kebutuhan waktu istirahat yang cukup agar badan kita bisa beristirahat dan memulai kembali akifitas esok hari dengan semangat.

5.     Sisipkan waktu untuk berolahraga

Olahraga ringan yang dilakukan dirumah bisa membantu agar tubuh bisa lebih terlihat bugar dan sehat. olahraga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Lakukan olahraga minimal 1 kali seminggu di dalam rumah atau di luar rumah. Dan tetep mematuhi protokol kesehatan yang sudah di berlakukan oleh pemerintah setempat.

Dengan mengikuti tips di atas kita bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar untuk mengawali aktifitas pada saat New Normal berlangsung. Dan juga selalu jaga kesehatan yang paling utama. Untuk mengawali aktifitas saat New normal jangan lupa membawa handsanitizer, dan masker karena benda tersebut saat penting di pakai di saat new normal seperti ini. Dan jangan lupa tetep atuhi protokol kesehatan pemerintah, tetap jaga jarak dengan orang sekitar. Semoga tips di atas membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar.

Referensi

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Saat Kembali Beraktivitas di New Normal | ULTIMA II

https://www.ultimaii.com/id/read/beauty/Tips-Menjaga-Kesehatan-Kulit-Wajah-Saat-Kembali-Beraktivitas-di-New-Normal

sebutkan 10 kandungan vitamin pada sayuran dan buah buahan – Brainly.co.id

https://brainly.co.id/tugas/16390543

(***)