Beranda Opini Strategi Meningkatkan Minat Belajar Dimasa Pandemi

Strategi Meningkatkan Minat Belajar Dimasa Pandemi

Ilustrasi - foto istimewa Hai-Online.com - Grid.ID

Oleh : Siti Nurkaya, Mahasiswa

Hai sobat kampus, pasti kalian tidak asing lagi dengan adanya proses pembelajaran di masa ini ya. Ya era atau zaman pandemic, dimana para mahasiswanya belum bisa produktif dalam hal bertatap muka secara langsung dikampus masing-masing. Selama pemerintah menganjurkan peraturan yang dibuat tentunya, kita sebagai masyarakat yang baik harus menaati semua peraturan yang dibuat.

Seperti halnya proses belajar yang sudah kita jalani selama kurang lebih setahun belakangan ini. Daring merupakan proses belajar yang bisa dibilang sangat efektif bagi mahasiswa dan juga mahasiswa masih bisa mengikuti aktifitas belajar kuliah walau berjarak jauh. Dengan daring diharapkan mahasiswa/i mampu belajar dengan baik dan tentunya mengerti setiap tugas ataupun materi yang di sampaikan oleh Ibu/bapak dosen. Dengan begitu diharapkan belajar dengan seperti ini bukan jadi penghalang kita dalam bermalas-malasan dalam belajar.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk membangitkan selera saat belajar, seperti membuat perencaanan mata kulaih yang sekira agak sulit dan kita ulang dengan membacanya dalam hal ini  nantinya dapat mudah dimengerti dan kita jadi semakin antusia dalam belajar, lalu membuat sebuah pertanyaan yang dirasa sulit untuk kamu jawab bisa juga kamu tanay di forum diskusi atau zoom dengan dosen kamu, tanyakan hal apa saja materi kuliah apa yang kamu belum pahami, dan niatkan dalam diri kamu belajar, karena hal ini merupakan sumber segalanya untuk kehidupan yang lebih maju di masa yang akan datang.

Dalam belajar di rumah kita tentunya bisa melakukan berbagai banyak hal nya dalam melakukan kegiatan seperti membaca sebuah artukel dari sumber terpercaya, mengetik sebuah tulisan sehingga menghasilkan sebuah karya tulisan, mencari sumber informasi ter uptudate, serta kita juga bisa mencari tambahan uang saku dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang di damping dengan social media yang keren dan bisa memberikan dampak bagus untuk mahasiswa/i yang mau membuka peluang usaha di era marketing digital.

Sistem pembelajaran daring yang kita lakukan setiap aktifitas berkuliah bukan hal yang aneh lagi, di zaman yang sudah canggih sekarang ini masyarakat sudah harus melek mata bahwa memasuki tahun demi tahun kita harus banyak belajar dan upgrade diri kita untuk bisa melakukan hal yang baik dan tentunya lebih canggih lagi. Dengan zaman ini maka mahasiswa/i bisa belajar dimana saja dan juga kapan pun.

Sebagai anak bangsa yang cerdas tentunya menginginkan bisa terus berprestasi dalam segi akademik atau pun non akademik, tentunya tidak mudah, namun bisa kita capai dengan niat,usaha serta doa dengan begitu kita akan berhasil menggapai prestasi yang kita harapkan. Tetap semangat, jangan mudah patah semangat apapun itu walau di era pandemic ini tentunya kita harus melakukan strategi pembelajaran yang lebih baik dan tentunya efektif. Dengan begitu banyak lulusan yang berprestasi dan berguna bagi Bangsa dan Negara.

Hal yang dapat membuat pekerjaan tugas kuliah cepat selesai yaitu, biasakan dengan hal yang terkecil hingga yang terbesar, seperti mencatat materi yang tidak ada di modul, mencatat deadline tugas serta jangan sampai mepet dalam mengumpulkannya, dan tentunya belajar sebelum UTS dan juga UAS supaya dalam mengerjakannya kita sudah paham betul mengerjakannya. Jadi tetap semangat belajar daringnya kawan-kawan kampus semua.

Corona yang sudah melanda di Negara Indonesia tentunya sudah berdampak buruk dimana-mana terutama di bidang pendidikan. Masa yang sulit mengawali sekolah,kuliah dengan menggunakan media zoom serta mengerjakan tugas yang tentunya kadang kurang kita pahami, namun pandemic atau virus corona ini memberikan suatu contoh atau bisa di katakan dengan ketulusan serta niat yang baik dan konsisten apapun itu anak-anak bangsa harus siap mengahadapi era yang sangat berubah ini, dimana proses belajar belum memperbolehkan mahasiswa nya bisa masuk kampus, serta para dosen yang rindu dalam proses belajar dan interaksi secara langsung.

Dengan begitu pemerintah diharapkan mampu memberikan solusi terbaik agar kehidupan dalam proses belajar dirumah dapat efesien dan tentunya bukan sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam mencari lmu. Tentunya yang diharapkan semua di era pandemic ini yaitu kesehatan semua masyarakat Indonesia kembali pulih normal lagi, dan virus corona hilang untuk selama-lamanya. Bukan hanya itu saja, harapan besar kita bisa bersama-sama bisa berkumpul serta belajar di dalam kelas seperti dulu sebelum adanya virus corona-19 ini.

Patuhilah selalu protocol kesehatan, dengan baik dan jangan suka berkerumunan massal, hindari betul dalam kondisi ramai, pakai masker, cuci tangan, dan makan-makanlah yang sehat serta bisa juga mengkonsumsi vitamin sebagai daya tahan untuk menciptkan tubuh yang sehat dan bugar. Lakukan juga berbagai aktifitas berolahraga dengan begitu tubuh menjadi sehat, dan imun pun semakin kuat. Dengan begitu virus corona-19 yang ada di Indonesia bisa segera hilang, dan kita bisa merasakan hidup dengan normal kembali.

Alangkah baiknya memberikan sebuah motivasi dalam diri untuk tetap semangat serta bisa mencetak banyak lagi prestasi sehingga kita semua dapat menjadi manusia yang bermanfaat dan berguna untuk banyak hal lainnya. tetap jaga kesehatan, lakukan secara optimal walau dalam kondisi pandemic, serta belajar banyak hal agar skill dan pengetahuanmu dapat bertambah dan agar cita-cita mu dapat tercapai. Jangan cepat mengeluh, bersyukurlah selalu kepada Allah Swt dalam hal apapun masih tetap bisa menunaikan tugas dengan sebaik-bainya, berdoa selalu agar dimudahkan segala sesuatunya, jangan mudah padam semangat dalam belajar, dan keep strong pemuda-pemudi bangsa Indonesia kejar cita-cita mu setinggi langit dan tunjukkan dunia kamu lah yang hebat yang tidak goyah dengan kondisi apapun.

Salam satu jiwa pemuda berkarya untuk Indonesia.

(***)