Beranda Pemerintahan Soal Calon Direksi dan Komisaris PT PCM, Isro : Prioritaskan Putra Daerah

Soal Calon Direksi dan Komisaris PT PCM, Isro : Prioritaskan Putra Daerah

Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi'raj. (Gilang)

CILEGON – Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’raj mengingatkan Tim Panitia Seleksi (Pansel) lelang terbuka (open bidding) jabatan Komisaris dan Direksi PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) mampu mengedepankan kearifan lokal atau local wisdom pada seluruh tahapan seleksi hingga di penghujung pada saat merumuskan tiga besar calon terpilih.

“Persoalan local wisdom ini kan sebelumnya juga sempat menimbulkan gejolak di masyarakat. Kita yang mendirikan (PT PCM), di tempat kita, masak iya kita cuma jadi penonton. Saya hanya ingin melihat prioritaskan local wisdom, dan saya tidak juga melihat dia dari golongan siapa, silakan Pansel yang tentukan,” ujar Isro ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/6/2021).

Adanya keterwakilan dari unsur putra daerah diharapkannya dapat menjadi semangat perbaikan korporasi karena adanya rasa memiliki yang lebih kuat terhadap BUMD.

“Silakan cari putra Cilegon yang berkompetensi, dan kemampuannya di bidang kepelabuhanan juga ada. Saya harapkan itu menjadi skala prioritas, dan sedikit pun saya tidak ada kepentingan. Karena sejauh ini yang saya lihat itu, tidak ada peserta yang benar-benar expert di bidang kepelabuhanan,” imbuhnya.

Baca : 34 Balon Komisaris dan Direksi PT PCM Lolos Seleksi Administrasi

Isro melanjutkan, adanya perilaku abai terhadap local wisdom, otomatis akan bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah daerah itu sendiri yang selama ini menuntut adanya prioritas warga Cilegon dalam perekrutan tenaga kerja oleh industri.

“Sebelum ini mengerucut pada tiga besar, saya meminta Walikota juga mengingatkan Tim Pansel untuk itu. Terutamanya keterwakilan local wisdom di tingkatan direksi, agar dia pun dapat memahami bahwa latar belakang didirikannya PT PCM itu demi mengawal cita-cita besar daerah untuk memiliki pelabuhan Warnasari, karena kita tidak memiliki SDA (Sumber Daya Alam) selain itu (pelabuhan),” jelasnya.

Di bagian lain Ketua Tim Pansel Komisaris dan Direksi PT PCM, Maman Mauludin tidak memungkiri pentingnya keterlibatan local wisdom dalam laju BUMD. Namun demikian, dijelaskannya bahwa kinerja Pansel saat ini belum sampai pada tahap merumuskan tiga besar.

“Bagi kami local wisdom penting. Tapi ya bagaimana, untuk hasil UKK (Uji Kompetensi Keahlian) juga saya belum terima, apalagi tahapan rekam jejak yang belum kita laksanakan, dan barulah nanti kita plenokan untuk tiga besar,” jelasnya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini