Beranda Bisnis Qualcomm Siapkan Platform Akses Nirkabel 5G untuk Keperluan Pribadi dan Bisnis 

Qualcomm Siapkan Platform Akses Nirkabel 5G untuk Keperluan Pribadi dan Bisnis 

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan platform 5G Fixed Wireless Access (FWA) atau Akses Nirkabel Tetap 5G generasi kedua. Platform terbaru ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon X65 5G Modem-RF System generasi keempat yang akan memungkinkan terciptanya peluang-peluang bisnis baru bagi operator selular dengan memungkinkan mereka untuk menawarkan layanan internet broadband tetap kepada pelanggan dari sektor pribadi dan bisnis dengan menggunakan infrastuktur jaringan 5G mereka.

Platform FWA terbaru ini juga menghadirkan modul antena Qualcomm QTM547 mmWave generasi kedua, dukungan untuk 5G sub-6 GHz jarak jauh bertenaga tinggi, dukungan untuk 5G sub-6 GHz pertama di dunia dengan delapan Antena RX, serta dukungan untuk teknologi Qualcomm Dynamic Antenna Steering.

Platform tersebut juga mencakup Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform Reference Design Generasi Kedua, yang akan memungkinkan pabrik untuk mengkomersialkan perangkat 5G berbasis jaringan nirkabel tetap dengan lebih cepat dan efisien, sehingga memungkinkan para konsumen merasakan koneksi internet yang lebih cepat dan dapat diandalkan dengan kecepatan 5G hingga 10 Gigabit.

Platform komprehensif ini didsesain untuk memperluas jangkauan dan performa jaringan nirkabel tetap – membantu para operator menjadikan teknologi ini sebagai opsi broadband terkini tersedia lebih banyak di daerah urban, sub-urban, dan daerah terpencil menggunakan infrastuktur jaringan 5G mereka.

Qualcomm Technologies juga mengumumkan modem Snapdragon X12+ LTE terbaru untuk perangkat FWA yang hanya bergantung pada jaringan 4G. Modem Snapdragon X12+ memungkinkan pabrik dan operator mampu meningkatkan perangkat FWA dengan solusi LTE yang mampu mencapai kecepatan 600 Mbps.

 

Mengapa Hal ini Penting, dengan perluasan jangkauan 5G mmWave, 5G sub-6 GHz, serta dukungan sub-6 GHz dengan delapan antena RX, platform terbaru akan membantu meningkatkan kapasitas jaringan, memperluas jangkauan, serta menghadirkan pengalaman pengguna yang tak tertandingi.

Qualcomm Fixed Wireless Access Platform generasi kedua dengan kapabilitas canggihnya seperti agregasi mmWave-sub-6 GHz, dan agregasi bandwidth untuk downlink dan uplink yang belum pernah ada sebelumnya, akan mampu memperluas fleksibilitas yang ditawarkan kepada para operator untuk memanfaatkan infrastruktur dan aset spektrum mereka demi memperluas layanan jaringan nirkabel tetap ke wilayah baru dengan mudah.

Kemampuan tersebut juga membantu mengurangi alokasi modal untuk peluncuran jaringan tetap khusus, serta mengurangi kebutuhan untuk mendapatkan izin atau harus mengirim teknisi ke setiap rumah konsumen untuk pemasangan. Hal tersebut membuat peluncuran yang lebih mulus, waktu komersialisasi yang lebih cepat, dan kemampuan menghadirkan kecepatan 5G multi-gigabit dan konektivitas berlatensi rendah kepada lebih banyak pengguna yang berada di jangkauan.

Selain itu, OEM juga mampu mengakselerasi waktu peluncuran Customer Premise Equipment (CPE), meningkatkan performa CPE, serta mengurangi usaha yang dibutuhkan untuk pengembangan. Semua itu akan memungkinkan para OEM memiliki portofolio produk FWA beragam yang mampu memenuhi syarat di setiap wilayah penting di seluruh dunia.

“Peluncuran ini memajukan usaha kami dalam menghadapi kesenjangan konektivitas dengan membantu operator menyediakan langkah yang efektif secara biaya untuk menghadirkan kecepatan internet nirkabel 5G yang setara keceparan serat optik kepada wilayah terpencil, suburban, dan komunitas urban yang padat,” sebut said Gautam Sheoran, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc, Minggu (14/2/2021).

“Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform generasi kedua merupakan solusi yang komprehensif, efisien , dan terukur bagi para operator dan OEM untuk meluncurkan 5G berkecepatan multi-gigabit dan konektivitas berlatensi rendah untuk, konsumen di rumah, bisnis rintisan, sekolah, rumah sakit, dan balai kota,” tambahnya.

 

Teknologi dan Solusi Kunci yang Dihadirkan:

 

•       Snapdragon X65 Modem-RF System: Snapdragon X65 Modem-RF System generasi keempat mentenagai Qualcomm 5G Fixed Wireless Acccess Platform generasi kedua, dengan menawarkan kapabilitas konektivitas 5G mmWave dan sub-6 GHz yang lebih luas.

•       Modul Antena Qualcomm QTM547 mmWave: Dipasangkan dengan the Snapdragon X65 5G Modem-RF, modul antenna Qualcomm QTM547 mmWave yang memiliki jangkauan lebih luas menghadirkan desain modem-ke-antena platform untuk 5G mmWave CPE yang komprehensif. Modul tersebut mendukung tingkatan kebutuhan yang berbeda dari pembuat regulasi (Power Class 1 dan Power Class 5) serta memiliki jangkauan “scan angle” yang luas, dengan peningkatan lebih dari 30 persen dari generasi sebelumnya. Solusi tersebut juga mendukung Qualcomm Dynamic Antenna Steering yang memungkinkan modul antena bergerak secara dinamis demi mendapatkan sinyal terkuat dan performa yang lebih baik.

•       Dukungan 5G sub-6 GHz dengan jangkauan yang lebih luas: Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform generasi kedua mendukung 5G sub-6 GHz bertenaga tinggi dan jangkauan luas yang bisa membantu para operator jaringan meningkatkan jangkauan hingga 25 persen dan kapasitasnya hingga 10 persen.

•       Dukungan Sub-6 GHz dengan delapan antena RX: Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform generasi kedua adalah solusi pertama di dunia yang menawarkan dukungan terhadap Sub-6 GHz dengan delapan antena RX untuk 5G FWA CPE. Dengan dukungan tersebut, platform terbaru dapat membantu para operator jaringan memperluas jangkauan hingga 35% dan kapasitas hingga 20%. Hal tersebut juga akan mampu membuat mereka meningkatkan pengalaman pelanggan pada kondisi radio yang menantang dan membantu mengamankan sinyal yang lebih kuat, dan jelas dari menara dan meningkatkan

kecepatan unduhan.

•       Referensi Desain FWA: Referensi desain Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform generasi kedua ditenagai oleh Snapdragon X65 5G Modem-RF system dan menghadirkan modul antena Qualcomm QTM547 mmWave, serta sub-6 GHz dengan delapan antena RX. Dengan referensi desain yang baru, pabrikan akan memiliki kemampuan dan kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya dalam pengembangan produk FWA untuk pelanggan mereka.

Langkah Selanjutnya: Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Platform generasi kedua memperluas ekosistem nirkabel sebagai opsi tambahan yang memungkinkan para pengguna melompat ke kecepatan 5G 10 Gigabit dan merasakan koneksi internet yang lebih cepat dan mampu diandalkan di rumah. Proses instalasi berbasis plug-and-play memberikan proses instalasi yang lebih cepat tanpa perlu bantuan dari teknisi. Lebih lanjut, kenyamanan dalam proses instalasi pada akhirnya akan menghasilkan opsi internet berkecepatan tinggi yang beragam bagi para pelanggan.

 

Platform tersebut diharapkan akan tersedia dalam perangkat komersil pada paruh pertama tahun 2022. Untuk detil teknis lebih lanjut bisa dilihat di halaman Qualcomm 5G Fixed Wireless Access generasi kedua. Untuk mengetahui pandangan pelaku industri terhadap Modem-RF system terbaru dan maknanya bagi industri serta dunia, silakan tonton serial video ‘What’s Next in 5G’, khususnya “Ep. 4: Fixed Wireless Access (FWA): Fiber through the Air”.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News