Beranda Bisnis Qualcomm Umumkan Modem-RF System 5G 10 GB Pertama di Dunia

Qualcomm Umumkan Modem-RF System 5G 10 GB Pertama di Dunia

Ilustrasi - foto istimewa CIO.com

SERANG – Qualcomm Technologies, Inc mengumumkan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, solusi modem-to-antenna 5G generasi keempat. Modem tersebut adalah Modem-RF System 5G 10 Gigabit dan 3GPP Release 16 pertama di dunia, yang saat ini dalam tahap penggunaan sampel oleh OEM dan ditargetkan untuk diluncurkan pada perangkat komersil pada 2021.

Snapdragon X65 adalah lompatan terbesar perusahaan pada solusi 5G semenjak komersialisasi sistem modem-RF pertamanya. Modem tersebut dirancang untuk mendukung kecepatan tercepat 5G yang tersedia saat ini dengan performa nirkabel layaknya fiber dan menggunakan spektrum yang tersedia untuk fleksibilitas jaringan, kapasitas, dan jangkauan yang maksimal.

Selain Snapdragon X65, Qualcomm Technologies juga mengumumkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System, solusi modem-to-antenna yang dioptimalkan untuk penggunaan umum pada pengaplikasian mobile broadband.

“Transisi ke 5G memberikan kesempatan terbesar untuk Qualcomm karena teknologi selular siap memberikan manfaat kepada setiap industri,” jelas Cristiano Amon, President dan CEO terpilih, Qualcomm Incorporated.

“Kami meraih pencapaian signifikan dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, memungkinkan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung spesifikasi 5G terbaru yang memiliki peran penting dalam berbagai kasus penggunaan 5G baru, tidak hanya terbatas untuk mendefinisikan ulang pengalaman ponsel premium, namun juga membuka kemungkinan-kemungkinan baru dari perluasan 5G pada mobile broadband, compute, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel tetap,” ujarnya, Sabtu (13/2/2021).

Durga Malladi, Senior Vice President dan General Manager, 4G/5G, Qualcomm Technologies, Inc mengatakan Snapdragon X65 menyatukan berbagai terobosan kunci dari 5G yang diharapkan dari inovator teknologi nirkabel terdepan di dunia.

“Modem-RF system 5G generasi keempat kami dirancang untuk peluncuran 5G secara global dan dengan inovasi-inovasi utama dari modem hingga antena bersaaman dengan kemampuan penggabungan spektrum luas pada sub6 GHz dan mmWave. Hal ini akan mendorong perluasan 5G yang cepat, sekaligus meningkatkan jangkauan, efisiensi daya, dan performa untuk pengguna. Dan pada jarak yang diperluas dan kemampuan berdaya besar, Snapdragon X65 dan X62 juga merupakan inti dari perluasan 5G pada akses nirkabel tetap dan peluang-peluang komputasi terkoneksi cloud,” jelasnya.

Inovasi-inovasi kunci dari Snapdragon X65 5G Modem-RF System flagship mencakup:

•       Arsitektur yang dapat di-upgrade memungkinkan untuk peningkatan, perluasan, dan pengaturan pada segmen-segmen 5G dan juga memungkinkan fitur-fitur baru, kemampuan utama, dan penyebaran cepat dari fitur-fitur 3GPP Release 16 terbaru melalui pembaruan perangkat lunak atau software di masa depan. Arsitektur yang dapat diupgrade ini memungkinkan solusi-solusi masa depan berbasis Snapdragon X65, memfasilitasi pengadopsian fitur-fitur baru, meningkatkan umur perangkat, dan membantu mengurangi biaya kepemilikan – terlebih karena perluasan 5G pada industri-industri baru terkait seperti compute, IoT industri, dan akses nirkabel tetap.

•       Modul antena Qualcomm® 545 mmWave generasi keempat dirancang untuk memperluas cakupan mobile mmWave dan efisiensi daya. Modul antena Qualcomm 545 mmWave disandingkan dengan Snapdragon X65 Modem-RF System terbaru untuk mendukung daya transmisi lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya yang juga mendukung semua frekeunsi global mmWave, termasuk jaringan n259 (41 GHz) terbaru dengan tetap  mempertahankan jejak minimal layaknya generasi sebelumnya.

•       Teknologi pengaturan antena AI pertama di dunia, adalah langkah pertama dalam memanfaatkan terobosan riset dan pengembangan AI yang dilakukan lebih dari satu dekade dalam sistem mobile-RF – memungkinkan peningkatan-peningkatan signifikan pada kinerja selular dan efisiensi daya. Sebagai contoh, penggunaan AI menghasilkan peningkatan akurasi dalam mendeteksi genggaman tangan sebanyak 30 persen dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan ini mendukung kemampuan pengaturan antena yang membawa kecepatan data yang lebih cepat, cakupan yang lebih baik, dan umur baterai yang lebih panjang.

•       Solusi pelacakan daya generasi selanjutnya yang lebih kecil dan lebih efisien, dengan performa lebih tinggi – solusi superior dan hemat biaya dibanding teknologi pelacakan daya pada umumnya.

•       Spektrum aggregation paling komprehensif pada seluruh pita 5G kunci dan kombinasi, termasuk mmWave dan sub-6, menggunakan frequency division duplex (FDD) dan time division duplex (TDD), menyediakan operator fleksibilitas maksimum dalam penggunaan aset-aset spektrum 5G terfragmentasi.

•       Qualcomm® 5G PowerSave 2.0, yang membangun teknologi-teknologi penyimpanan daya baru yang ditentukan oleh 3GPP Release 16, seperti Connected-Mode Wake-Up Signal.

•       Qualcomm® Smart Transmit™ 2.0, teknologi peningkatan sistem yang unik oleh Qualcomm Technologies untuk digunakan dengan Snapdragon X65 Modem-RF System yang memanfaatkan kesadaraan sistem modem-ke-antena untuk meningkatkan kecepatan pengunggahan data dan memperluas jangkauan untuk pita-pita mmWave dan Sub-6 GHz sementara memenuhi persyaratan emisi RF.

Peningkatan-peningkatan tersebut dan lainnya dalam Modem-RF System didesain untuk memberikan pengalaman 5G superior dengan kecepatan selular yang ditingkatkan, jangkauan lebih luas, dan dukungan daya baterai sepanjang hari. Snapdragon X65 siap untuk mendukung generasi terbaru ponsel premium dan perluasan 5G dalam segmen-segmen seperti PC, mobile hotspot, IoT industri, akses nirkabel tetap, dan jaringan 5G pribadi. Bersamaan dengan Snapdragon X65, Qualcomm Technologies juga memperkenalkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang dapat diakses secara umum. Snapdragon X62 adalah solusi modem-to-antenna 5G yang mendukung kecepatan pengunduhan hingga multi-Gigabit untuk pengaplikasian mobile broadband.

Mengapa Ini Penting: 5G 10 Gigabit telah tiba. Era 5G 10 Gigabit dimungkinkan dengan solusi komplit modem-to-antena, yang terdiri dari sistem yang terintegrasi penuh – dari modem hingga transceiver RF untuk melengkapi front-end RF. Snapdragon X65 5G Modem-RF System mempelopori era 5G 10 Gigabit dengan membawa seperangkat fitur-fitur paling lengkap di industri kepada ponsel premium dan dengan mencapai performa superior 5G untuk segmensegmen lainnya – di wilayah-wilayah utama dan memberikan akses pada operator-operator utama di seluruh dunia.

Integrasi erat modem-RF dan teknologi terdepan modem-RF akan membantu OEM untuk mengantarkan kecepatan data, jangkauan, kualitas telepon terdepan, dan juga mendukung daya baterai satu hari dalam form factor yang mengagumkan untuk konsumen. Dengan 5G multi-gigabit yang dimungkinkan oleh Snapdragon X65 5G Modem-RF System, konsumen dapat mengakses kecepatan berselancar di internet dan latensi rendah layaknya jaringan fiber, dilakukan secara nirkabel melalui jaringan 5G untuk aplikasi dan pengalaman terkoneksi generasi selanjutnya, termasuk komputasi berbasis cloud dan edge, gaming multiplayer yang sangat responsif, hiburan yang beraneka ragam, video 360 derajat yang imersif, dan aplikasi instan.

Snapdragon X65 dan Snapdragon X62 saat ini sedang dalam tahap pemberian sampel kepada konsumen. Perangkat komersil berbasis solusi Modem-RF berikut diharapkan akan diluncurkan pada akhir 2021. Untuk detil teknis silakan kunjungi Snapdragon X65 webpage. Untuk perspektif pemain industri pada Modem-RF System dan penjelasan lengkap tentang pengaruhnya pada industri dan dunia, silakan menonton seri video ‘What’s Next in 5G’ khususnya ‘Ep. 2: 10 Gigabit 5G’.

Tentang Qualcomm

Qualcomm adalah inovator teknologi nirkabel terdepan di dunia dan penggerak dibalik pengembangan, peluncuran, dan penyebaran dari 5G. Ketika kami menghubungkan ponsel ke internet, revolusi mobile telah lahir. Saat ini, teknologi dasar kami memungkinkan [pertumbuhan] ekosistem mobile dan dapat ditemukan dalam tiap ponsel 3G, 4G, dan 5G. Kami membawa keunggulan dari mobaile ke industri – industri baru, termasuk otomotif, IoT, dan komputasi, dan memimpin menuju dunia di mana setiap benda dan siapa pun dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lancar.

Qualcomm Incorporated mencakup bisnis perizinan kami, QTL, dan sebagian besar portofolio paten kami. Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Inc., beroperasi bersama dengan anak perusahaannya, termasuk di dalamnya seluruh fungsi teknik, riset dan pengembangan, serta seluruh bisnis produk dan layanan kami, termasuk bisnis semikonduktor kami, QCT.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini