Beranda Komunitas Perkuat Jaringan di Eropa & Asia, Pengurus KAMMI Turki Periode 2020-2021 Resmi...

Perkuat Jaringan di Eropa & Asia, Pengurus KAMMI Turki Periode 2020-2021 Resmi Dilantik

562
0
Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki periode 2020-2021

SERANG – Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki periode 2020-2021 telah resmi dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki Pelantikan dengan tema “Diaspora KAMMI dan Visi Global Intelektual Muslim” ini dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Rakhmat Abril Kholis, disaksikan oleh Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno; Ketua PPI Turki 2019-2020 dan juga sekaligus Deklarator KAMMI Turki, Darlis Aziz; Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono; dan Eks Ketua Umum KAMMI Turki 2019-2020, Amar Ma’ruf.

“Melalui surat permohonan penerbitan SK Nomor : 001/PH//KU-i/1.PD-2/Pelantikan/II/2020, menetapkan saudara Adi Sutrisno sebagai Ketua Umum KAMMI Turki periode 2020-2021. Dengan dilantiknya kepengurusan baru KAMMI Turki semoga menjadi awal kebangkitan cabang luar negeri KAMMI lainnya dan penanda generasi baru intelektual muslim Nusantara di pentas dunia,” ungkap Rakhmat Abril Kholis selaku Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) PP KAMMI 2019-2021 melalui siaran tertulis, Minggu (5/4/2020).

Rakhmat Abril Kholis mengatakan bahwa pihaknya secara pribadi sangat bangga dan bersyukur dengan pencapaian ekspansi KAMMI ke luar negeri khususnya Turki hingga mampu bertahan dan beregenerasi. KAMMI di luar negeri bukan hanya dipandang perlu sebagai wadah syiar Islam bagi para mahasiswa di sana, melainkan juga sebagai episentrum bagi para Diaspora Mahasiswa di Turki supaya mampu mendatangkan seluas-luasnya manfaat bagi bangsa.

“Selamat untuk pelantikan KAMMI Turki periode ini, semoga amanah sampai akhir masa khidmat”, tutur pemuda lulusan Master School of Strategic and Global Studies, University of Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno berharap KAMMI Turki dapat terus aktif membangun dan menguatkan jaringan internasional dikawasan Eropa dan Asia.

Dia menegaskan dengan adanya ekspansi KAMMI di luar negeri diharapkan selain menguatkan akses jaringan internasional di kawasan Eropa & Asia, KAMMI Turki juga akan fokus dalam pembentukan sumberdaya manusia melalui akses pendidikan, bisnis dan profesional.

“Selain itu, KAMMI Turki juga akan bersinergi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia yang berada di Turki. KAMMI Turki akan menjalin hubungan baik terutama dengan PPI Turki sebagai wadah bersama pelajar-pelajar Indonesia yang ada di Turki. Dan terakhir, KAMMI Turki akan membuka komunikasi dengan dua cabang ormas Islam terbesar yaitu PCINU Turki dan PCIM Turki,” tegas Adi Sutrisno yang juga alumnus Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Dia menambahkan berdasarkan data yang disampaikan oleh Pengurus Pusat KAMMI di Indonesia saat pelantikan di Gedung Joang ’45, Jakarta Pusat, Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto menyampaikan bahwa hingga saat ini KAMMI sudah memiliki 30 Pengurus Wilayah (PW), 120 Pengurus Daerah (PD), 400 Pengurus Komisariat (PK) serta 9 KAMMI luar negeri.

Amar Ma’ruf, Ketua Umum KAMMI Turki Periode sebelumnya menyatakan pihaknya yakin wajah-wajah baru yang ada di kepengurusan punya kreatifitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

“”Dengan potensi itu, saya optimis insya Allah kemanfaatan untuk umat semakin besar. Saya berharap semoga potensi yang besar tersebut juga kita sandingkan dengan kekuatan literasi (membuka wawasan seluas luasnya) supaya pergerakan KAMMI Turki ke depannya semakin diperhitungkan. Salah satu caranya, sama sama belajar meningkatkan budaya menulis”, tutur pemuda yang berprofesi sebagai dosen Faperta di Universitas Asahan dan Mahasiswa Doktoral Akdeniz University, Turki.

Sementara itu, Deklarator KAMMI Turki dan juga Ketua PPI Turki 2019-2020, Darlis Aziz mengatakan lahirnya KAMMI Turki di luar negeri tidak terlepas dari niat baik kita untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa bahwa dalam rangka untuk mencerdaskan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia, maka Indonesia harus lebih berperan dalam mengadvokasi hak-hak kemanusian sebagai pengisi peradaban itu sendiri.

“Dan tujuan awal dari pendirian KAMMİ Cabang Internasional di Turki ini juga dalam rangka mewujudkan prinsip gerakan KAMMI yang ke-5, yaitu Sebagai Perekat elemen keummatan dan watak gerakan untuk menjaga persaudaraan dan solidaritas Muslim di manapun dia berada. Untuk Turki, Alhamdulillah sejak 2017 yang lalu, kita suda menjalin kerjasama yang strategis dengan berbagai dernek (OKP) dan bahkan dengan beberapa kampus dan juga kebeberapa lembaga aktivis pemuda nasionalis Turki lainnya”, tutur mahasiswa pascasarjana Culture Studies and Medya, Hacettepe Üniv & FSMVÜ Istanbul.

Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono, menyatakan harapannya kepada pengurus baru pasca pelantikan ini KAMMI Turki akan menguatkan hubungan dengan berbagai stakeholder strategis seperti KBRI Ankara, KJRI Istanbul dan PPI Turki.

“Selain itu KAMMI juga akan bersinergi dengan berbagai ormas Indonesia lainnya di Turki seperti PCI Muhammadiyah, PCI Nahdhatul Ulama, IKAMAT dan IKPM”, tutur Alumnus Kajian Terorisme, Universitas Indonesia.

“Bersama diaspora Indonesia lainnya, KAMMI Turki akan berperan aktif dalam diplomasi publik untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Turki”, tutur mahasiswa Mahasiswa Ph.D Studi Keamanan Internasional, Turkish National Police Academy.

(Red)