Beranda Opini Pengaruh Kewirausahaan di Kalangan Generasi Muda

Pengaruh Kewirausahaan di Kalangan Generasi Muda

Ilustrasi - foto istimewa Rimma.co

Oleh: Dormian Nababan, Mahasiswi Universitas Pamulang

Perkembangan kewirausahaan semakin mengalami peningkatan saat ini, terutama dalam kalangan generasi muda yang semakin mengembangkan jiwa kewirausahaannya. Berani dan unggul tidak cukup untuk membangun jiwa kewirausahaan dalam diri seseorang, tetapi juga harus kreatif, memiliki kemampuan berpikir, dan masih banyak yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha.

Sebelum berkembangnya kewirausahaan saat ini, Indonesia masih mencatat nilai pengangguran yang cukup tinggi karena tidak adanya lapangan pekerjaan yang terbuka, sehingga menutup kesempatan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Banyak yang bergantung pada orangtua, bergantung pada pekerjaan yang terbilang tidak tetap, dan juga tidak hanya bergantung pada lingkungan, masyarakat juga banyak yang berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk membantu dalam perekonomian bahkan untuk membantu mendanai usaha kecil yang ingin mereka mulai dan berharap pemerintah dapat membuka lapangan pekerjaan.

Berbicara tentang kewirausahaan, kita masih dapat menemukan salah satu kelemahan dalam kewirausahaan di Indonesia, kelemahan tersebut dapat mempengaruhi baik buruknya sebuah usaha. Salah satu kelemahan kewirausahaan di Indonesia yaitu terletak pada titik fokusnya. Berbeda dengan wirausaha di negara lain, wirausaha di luar negeri akan fokus untuk mengembangkan sebuah usaha sehingga setelah usaha tersebut berkembang dengan baik atau sukses, mereka akan terus fokus untuk mengembangkan usaha tersebut sehingga tersebar luas sampai ke negara luar.

Berbeda dengan wirausaha di Indonesia, banyak yang fokus akan mengembangkan usahanya namun setelah usaha tersebut berkembang baik atau sukses, mereka tidak lagi fokus untuk mengembangkan usahanya. Mereka akan beralih pada usaha lain dan juga berharap mendapatkan kesuksesan yang sama seperti usaha yang dikembangkan sebelumnya.

Untuk memulai sebuah usaha tidak selamanya bergantung pada biaya atau dana yang besar, namun yang paling utama adalah jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh wirausaha, karena jiwa kewirausahaan akan semakin baik jika diterapkan dalam diri seorang wirausaha. Jiwa kewirausahaan itulah yang dimiliki oleh banyak kalangan generasi muda saat ini. Semangat dan kreativitas mampu menjadikan jiwa kewirausahaan semakin maju, semangat itu jugalah yang terutama harus dimiliki oleh setiap jiwa wirausaha.

Banyak kalangan generasi muda saat ini yang memulai berbagai usaha dari skala kecil, namun mampu mengembangkan idenya serta unggul dalam menjalankan usaha-usaha tersebut. Usaha yang mampu menarik perhatian banyak orang memang tidak mudah, akan tetapi generasi muda saat ini lebih kreatif dalam memulai usaha apa yang akan dimulai. Salah satu bentuk usaha yang dimulai dikalangan generasi muda saat ini adalah coffee shop, yang menjadi alasan bagi banyak anak muda untuk berkumpul dan mengobrol.

Bentuk usaha seperti coffee shop sangat meningkat di kalangan generasi muda, hal ini dikarenakan mengikuti ketertarikan atau selera banyak orang, teruma bagi anak-anak muda. Salah satu bentuk usaha tersebut mampu berkembang semakin besar dan melalui jiwa wirausaha yang dimiliki oleh banyak generasi muda saat ini sangat berpengaruh dalam menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia. Bahkan banyak mereka yang bekerja mampu memiliki biaya untuk membiayai pedidikan yang lebih tinggi atau kuliah.

Lewat kemampuan yang dimiliki oleh generasi muda saat ini, mereka juga mampu menjadi contoh yang baik bagi banyak anak muda lainnya, mengajak banyak orang untuk tidak perlu takut untuk memulai sebuah usaha, walau dimulai dari skala kecil.

Jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh generasi muda saat ini juga tidak hanya memiliki semangat yang tinggi, namun di balik itu mereka juga berani dalam mengambil resiko, apabila usaha yang dimulai dari skala kecil tersebut akan mengalami kegagalan. Berani mengambil resiko berarti juga sudah siap untuk mengalami kerugian. Akan tetapi hal itu menjadi urutan paling terakhir, mereka lebih mengutamakan keberanian dan selalu fokus mengembangkan usaha yang dimulai. Sehingga mereka juga percaya  bahwa usaha akan berjalan dengan baik selama seorang wirausaha dapat mengendalikan usaha dengan jiwa kewirausahaan yang dimiliki dan tentu tidak merugikan orang lain.

Jiwa muda adalah jiwa kreatif dan mampu memulai sesuatu dengan keberanian serta bertanggung jawab.

(***)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini