Beranda Bisnis Moh. Hatta dan Sjafruddin Prawiranegara Resmikan Bank Banten di Pandeglang

Moh. Hatta dan Sjafruddin Prawiranegara Resmikan Bank Banten di Pandeglang

Gubernur Bank Indonesia Sjafruddin Prawiranegara (memegang buku) dan Moh. Hatta (berkacamata) menghadiri pembukaan Bank Banten di Pandeglang. (Foto: Java Bode)

Bank Banten menjadi salah satu nama jalan di Kabupaten Pandeglang. Dari mana dan sejak kapan nama Bank Banten digunakan di Pandgelang?

Posisi jalan Bank Banten ini tidak jauh dari Alun-alun Pandeglang. Berbatasan dengan Jalan Moh Arsyad di sebelah selatan dan Jalan Mayor Widagdo di sebelah utara.

Sobat BantenNews, nama Bank Banten bukan hal yang baru bagi warga Kabupaten Pandeglang. Bahkan sebelum Provinsi Banten lahir, nama Bank Banten sudah ada di kota yang memiliki ikon badak bercula satu ini.

Berdasarkan catatan sejarah, Bank Banten pernah diresmikan dan dihadiri oleh Mohammad Hatta dan Sjafruddin Prawiranegara yang saat itu menjabat Gubernur Bank Indonesia. Menurut laporan Java Bode, Bank Banten resmi dibuka di Pandgelang pada Senin, 8 September 1957.

Gedung Bank Banten di Pandeglang. (Ist)

Hadir dalam acara pembukaan Bank Banten yakni Menteri Negara Urusan Veteran Dahlan Ibrahim dan Kepala Staf Angkatan Darat Mayjen Abdul Haris Nasution yang tiba menggunakan helikopter pukul 13.00 WIB dari Jakarta.

Di hadapan masyarakat sipil dan militer Pandeglang, Jenderal Nasution memberikan pidato dalam pembukaan Bank Banten. Bank ini konon didirikan oleh para veteran dibawah kepemimpinan R. Sahra Sastrakusuma.

Dalam acara pembukaan tersebut, Kolonel Sadikin menyerahkan foto dan dokumen penghargaan kepada para veteran di Banten yang berasal dari Pandeglang dan Lebak.

Dalam sambutannya, Gubernur BI Sjafruddin Prawiranegara berharap Bank Banten maju dan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

Kantor pertama Bank Banten terletak di jalan yang kini dinamai Jalan Bank Banten. Bangunan Bank Banten sendiri kini menjadi Gedung Joang ’45. Demikian sejarah singkat Bank Banten yang kini menjadi nama salah satu jalan di Kabupaten Pandeglang. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ