Beranda Kesehatan Manfaat Jus Wortel, Tomat dan Nanas untuk Tubuh  

Manfaat Jus Wortel, Tomat dan Nanas untuk Tubuh  

Ilustrasi - foto istimewa

Oleh: Dimas Alvian Akil

 

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap orang, karena kesehatan itu sendiri itu mahal dan tentunya masyarakat ingin sehat selamanya.

Tahukah Anda kalau wortel, tomat, dan nanas bisa jadi jus untuk menyehatkan tubuh!

Apa kandungan dan manfaatnya?

Wortel sendiri kaya akan vitamin A, biotin, vitamin K1, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi dan kalium.

berat badan, dapat membantu mengobati cacingan, dan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Setiap 100 gram tomat mengandung 20 kalori, 1 gram protein, 0,3 gram lemak, 4,2 gram karbohidrat, 5 miligram kalsium, 1.500 SI karoten (vitamin A), 60 mikrogram thiamin (vitamin B), asam askorbat (vitamin B) dengan 40 miligram, fosfor 27 miligram, zat besi 0,5 miligram, kalium 360 miligram.

Berikutnya, nanas sendiri kaya akan vitamin C dan dapat melancarkan pencernaan serta mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan mata, membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang, serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Tunggu apa lagi, siapkan bahan dan cara membuat jus wortel, tomat, nanas di rumah.

1.Meningkatkan kesuburan tubuh

Manfaat jus wortel, tomat, dan nanas bagi tubuh yang pertama adalah meningkatkan kesuburan.Pasalnya, kombinasi buah dan sayur ini mampu meningkatkan tingkat kesuburan baik pada pria maupun wanita.Selain itu, wortel dan tomat akan menambah suplemen tambahan untuk memastikan persalinan yang aman dan sehat.

2. Pencegahan

Disusul jus wortel, tomat, dan nanas yang diketahui mampu mencegah berbagai penyakit.

Kandungan vitamin C yang tinggi melawan radikal bebas dalam tubuh.Selain itu, keduanya juga berperan sebagai agen pencegah kanker.

Selain itu, konsumsi sayuran ini akan meningkatkan keamanan tubuh terhadap gangguan faktor eksternal.Alhasil, tubuh akan selalu berada dalam keadaan seimbang dan sehat.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung merupakan hal yang dibutuhkan tubuh manusia.

Jangan lupa untuk rutin meminum jus tomat dan wortel.Dengan serat, vitamin C, dan kalsium, kombinasi ini akan menjaga ritme jantung tetap normal dan stabil.

4.Meningkatkan kesehatan kulit

Karena jus wortel, tomat, dan nanas memiliki efek mencegah kanker, kombinasi keduanya juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.Pasalnya, kandungannya mampu mempercepat pembaharuan kulit sehingga aman dari ancaman radikal bebas.Agar hasilnya maksimal, konsumsilah jus buah ini secara rutin ya.

5. Jaga kebersihan ginjal Anda

Selain jantung, ginjal juga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting.

Organ ini menyaring racun yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga fungsi ginjal tetap optimal, jus wortel dan tomat dapat menjaga kebersihan ginjal.Alhasil, kinerja dan kinerja ginjal bisa membawa hasil yang lebih baik.

6. Menjaga kesehatan mata

Wortel dan tomat mengandung komponen serupa seperti lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang mampu menjaga kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi kombinasi buah dan sayur ini, Anda akan terhindar dari banyak penyakit mata.Mulai dari mata yang berkabut, katarak dan penyakit lainnya.

7. Mengurangi risiko diabetes

Kemampuan wortel dan tomat dalam mempercepat regenerasi sel juga sangat membantu bagi penderita diabetes.Sebab keduanya akan mengatur kadar glukosa untuk mencegah risiko diabetes.Untuk memaksimalkan efeknya, tidak perlu menambahkan gula pada jus wortel dan tomat.

8. Mengandung antioksidan yang tinggi

Selain kaya vitamin dan mineral, jus nanas juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.Antioksidan ini akan membantu menetralkan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas.Radikal bebas hadir dalam tubuh karena faktor-faktor seperti polusi, stres atau pola makan yang buruk dan dapat merusak sel.

Para ahli juga percaya bahwa antioksidan dalam jus nanas, terutama vitamin C, beta-karoten, dan berbagai flavonoid, merupakan nutrisi yang akan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.Jus nanas juga mengandung bromelain, sekelompok enzim terkait.

9.Meningkatkan imunitas

Manfaat jus nanas lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim yang secara alami ditemukan dalam jus nanas, dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Bromelain juga dapat meningkatkan pemulihan dari infeksi seperti pneumonia dan sinusitis.

dan bronkitis, terutama bila digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik.

Namun sebagian besar penelitian ini masih perlu dipromosikan lebih lanjut melalui penelitian tambahan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

10.Mendukung kelancaran pencernaan

Mengutip artikel dari BioMedical Reports, enzim yang ada dalam jus nanas bertindak seperti protease, membantu memecah protein menjadi bagian yang lebih kecil, seperti asam amino dan peptida kecil.Hasilnya, minuman ini akan lebih mudah diserap di usus.

Selain itu, bromelain, sekelompok enzim yang ditemukan dalam jus nanas, dapat membantu meningkatkan pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak dapat memproduksi cukup enzim pencernaan.Biasanya pada penderita insufisiensi pankreas.Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu melindungi usus dari bakteri berbahaya penyebab diare, seperti E.coli dan V.Kolera.

Menurut beberapa penelitian lain, hal ini juga menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi peradangan usus pada penderita gangguan radang usus, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.

Secara keseluruhan, manfaat jus wortel dan tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Namun, ada beberapa risiko saat mengonsumsi jus ini yang perlu Anda waspadai.

1. Reaksi alergi

Beberapa orang alergi terhadap wortel dan tomat.Reaksi alergi yang umum adalah gatal-gatal, ruam, atau bahkan kesulitan bernapas.Jika Anda memiliki riwayat alergi wortel atau tomat, sebaiknya hindari minum jus wortel dan tomat.

2. Interaksi obat

Wortel dan tomat mengandung senyawa yang dapat bereaksi dengan obat tertentu, seperti warfarin, yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah.

Pasien yang sedang menjalani pengobatan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jus wortel dan tomat.

3. Efek samping

Mengonsumsi terlalu banyak jus wortel dan tomat dapat menyebabkan diare, mulas, atau masalah pencernaan lainnya.

Mengonsumsi terlalu banyak jus wortel juga dapat menyebabkan penyakit kuning, yang dikenal sebagai “karotenemia”, suatu kondisi yang sangat langka dan tidak berbahaya.

Jus tomat yang tersedia secara komersial juga mengandung kadar natrium tinggi, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

(***)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News