Beranda Kesehatan Akhir-akhir Ini Kamu Mudah Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Akhir-akhir Ini Kamu Mudah Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa vemale.com

Jika sistem imun menurun, berbagai penyakit akan rentan menyerang tubuh. Dampaknya, bisa menghambat segala rutinitas harian mu, seperti bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Menurunnya sistem imun biasanya dikaitkan dengan kurangnya konsumsi vitamin atau makanan kandungannya kurang memadai. Hal ini akan mempengaruhi tubuh lebih sering sakit-sakitan.

Dikutip dari detik.com, alasan ini mungkin menyebabkan sistem imun menurun, salah satunya karena keseringan duduk.

1. Tinggal di lingkungan yang tercemar

Lingkungan juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita, terutama kualitas udara. Hal ini tidak hanya membahayakan paru-paru, tetapi sistem kekebalan tubuh juga ikut terserang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa udara yang tercemar dapat menekan sel T, yang sangat berperan penting bagi sistem imun agar tubuh menjadi sehat. Akibatnya, berbagai penyakit gampang menempel di tubuh kita.

Untuk mencegahnya, selalu gunakan masker atau memasang pembersih udara di rumah. Ini dapat menyaring udara yang masuk ke dalam rumah dan masker dapat mencegah kita menghirup udara tercemar.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi protein

Kita harus menjaga pola makan yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan masih banyak lagi. Tapi, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi protein, terutama yang hewani dapat membuat tubuh memproduksi hormon 1GF1 yang lebih banyak. Hormon ini dikenal dapat mempercepat penuaan dan menghambat sistem kekebalan tubuh.

Solusinya, pastikan kamu mengkonsumsi tidak lebih dari 10 persen asupan protein hewani per harinya, seperti daging dan susu. Jika ini masih tidak membantu, kamu bisa menguranginya hingga 5 persen per harinya.

3. Menghabiskan sebagian besar waktu sendirian

Orang yang kesepian, selalu menyendiri atau memilih menjauh dari banyak orang, biasanya rentan akan stres. Jika kamu sudah stres, sistem kekebalan tubuhmu akan turun dan penyakit dapat dengan mudahnya masuk.

Kamu bisa mencegahnya dengan menghabiskan beberapa waktu dengan teman, orang yang dicintai, ataupun kerabat terdekat. Menurut sebuah penelitian, orang yang hidup dalam hubungan yang bahagia, memiliki resistensi lebih besar terhadap infeksi dibandingkan dengan orang yang sering merasa kesepian.

4. Duduk sepanjang hari

Buat kamu yang bekerja dari pagi hingga sore hari, pasti sebagian besarnya dilalui di atas kursi saja, tanpa adanya pergerakan atau bahkan melakukan peregangan. Hal ini akan berpengaruh memperlambat metabolisme. Selain itu, penyerapan nutrisi yang penting bagi imunitas tubuh akan jauh lebih lambat dari biasanya.

Untuk mencegahnya, coba atur waktu kurang lebih 5-10 menit per setengah jam kerja untuk beristirahat, atau sekedar melakukan peregangan. Gerakan-gerakan kecil yang dilakukan secara perlahan serta rutin akan meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan otot yang ada di tubuhmu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini