Beranda Pariwisata Jangan Takut Solo Traveling, Intip Cara Sukses Merencanakan Liburan Sendiri

Jangan Takut Solo Traveling, Intip Cara Sukses Merencanakan Liburan Sendiri

foto:ilustrasi (sumber:skmuse.myportfolio.com)

Meski terdengar aneh pergi berlibur sendirian ternyata cukup banyak yang pernah melakukannya. Ada banyak tips yang bisa diikuti bila memutuskan untuk mencoba solo traveling.

Jangan Takut Solo Traveling, Intip Cara Sukses Merencanakan Liburan Sendiri

Di tengah kesibukan generasi sekarang, liburan menjadi kebutuhan primer. Sama pentingnya seperti sembako. Dengan beratnya beban pekerjaan, butuh sarana untuk meringankan pikiran agar otak tidak penuh dan suntuk. Tetapi tidak perlu menunggu ajakan teman untuk berlibur. Apalagi kalau cuti liburannya tidak bisa disatukan.

Daripada menunggu mereka, saatnya untuk merencanakan solo traveling, memesan tiket kereta api online lalu menikmati me time semaksimal mungkin untuk kebahagiaan yang sejati. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini begitu untuk pesan tiket kereta api, angkat koper dan liburan sendirian.

Punya keinginan untuk melakukan solo traveling perdana? Simak dulu tips-tips suksesnya di bawah ini.

Tentukan Destinasi

Setiap perjalanan pasti diawali dengan destinasi dan inilah yang harus ditentukan saat merencanakan solo traveling. Untuk memunculkan ide destinasi, coba untuk lebih banyak menemukan berbagai informasi tentang tempat-tempat wisata yang bisa ditemukan lewat blog atau media social yang dapat dituju dengan pesan tiket kereta api termurah, misalnya. Apalagi Indonesia itu gudangnya traveling dengan keindahan yang seakan tak ada habisnya.

Susun Agenda Perjalanan

Ketika sudah menentukan satu spot destinasi untuk dikunjungi, saatnya untuk mulai bikin agenda perjalanan dengan memesan tiket kereta api online. Temukan berbagai tempat-tempat wisata sebanyak mungkin pada tujuan traveling. Makin banyak, makin bagus. Tapi bukan berarti dikunjungi semuanya, ya. Pastinya nanti ada skala prioritas, yang juga berhubungan dengan budget perjalanan.

Hitung-Hitung Akomodasi

Setelah memilah-milah tempat wisata yang bakal dikunjungi, langkah berikutnya adalah membagi-bagi pos anggaran. Kalau pengen perjalanan murah, boleh direncanakan untuk pesan tiket kereta api. Begitu juga dengan biaya-biaya angkutan selama di tempat tujuan. Selain itu, perlu juga untuk membanding-bandingkan harga penginapan. Biar liburan makin maksimal, dapat hotel bagus dengan harga menawan.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Pesan tiket kereta api itu tak semudah membalikkan telapak tangan, lho. Sebagai moda transportasi favorit masyarakat Indonesia, butuh perjuangan untuk mendapatkan satu kursi di dalam gerbong kereta api di saat musim liburan. Karena itu sangat disarankan untuk pesan tiket kereta api online jauh-jauh hari. Tujuannya supaya dapat tiket kereta api dengan kursi berpemandangan terbaik dan harga yang lebih murah.

Untuk kemudahan mendapatkan tiket kereta api, pesan tiket kereta api online lewat Traveloka. Tak perlu antri di stasiun lagi, cukup pakai smartphone dan jemari tangan, bisa pesan tiket kereta api sesuai dengan budget dan rencana keberangkatan.

Siapkan Dana Cadangan

Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Meski rencana sudah matang, belum tentu perjalanan dapat berjalan dengan sempurna. Bisa jadi ada satu-dua hal yang memaksa harus keluar dari persiapan awal, seperti sakit mendadak, tersesat, dan banyak hal lainnya.

Pastikan sudah menyiapkan dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu diperlukan. Dengan begitu, tak perlu khawatir ketika masalah datang ditengah petualangan. Tapi harus diingat juga, meski ada dana cadangan bukan berarti hura-hura. Cobalah untuk tetap berhemat, terutama saat makan dan belanja.

Tujuan berhemat bukan hanya agar tabungan tetap tersimpan dengan aman. Konsistensi jaga budget tak hanya melatih mental berhemat, tapi juga bisa jadi simpanan untuk liburan berikutnya. Jaga-jaga kalau setelah solo traveling perdana, ketagihan untuk melakukannya lagi. Hati-hati di jalan ya!.

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ