Beranda Sosok Ini Rekam Jejak Prabowo Subianto di Dunia Militer, Jadi Komandan Kopassus Hingga...

Ini Rekam Jejak Prabowo Subianto di Dunia Militer, Jadi Komandan Kopassus Hingga Menteri Pertahanan

Prabowo Subianto - foto istimewa viva.co.id

SERANG – Pertarungan pemilihan Presiden 2024 sudah jadi pembahasan ramai di media sosial. Salah satu calon yang masuk ke elektabilitas tinggi adalah Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Rekam jejaknya menjadi menarik untuk dibahas kembali. Salah satu hal menarik untuk dibahas adalah rekam jejak Prabowo di dunia Militer.

Rekam jejak Prabowo di militer dimulai sejak muda. Prabowo Subianto saat menempuh pendidikan di Akademi Militer (AKMIL). Setelah lulus dari Akmil di Magelang tahun 1976, Prabowo mengawali karir militer di TNI Angkatan Darat (AD) dengan pangkat Letnan Dua.

Rekam jejak Prabowo Subianto di Militer

Berikut rekam jejak Prabowo di militer;

1. Tahun 1976 sampai tahun 1985 Prabowo bertugas di Komando Pasukan Sandi Yudha atau Kopassandha, yang dulu merupakan pasukan khusus TNI AD. Tugasnya di dalam pasukan ini adalah sebagai komandan pleton Grup I/Para Komando, bagian dari pasukan operasi Nanggala di Timor-Timur.

2. Menjadi Komandan Pleton Operasi Seroja, dalam usianya yang masih 26 tahun. Salah satu tugas pentingnya adalah memimpin misi penangkapan Nicolau dos Reis Lobato, dedengkot Fretilin.

3. Mendirikan Detasemen Khusus 81, Satuan Elit Anti Teror Kopassus.

4. Diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus pada tahun 1995, salah satu tugasnya adalah melaksanakan operasi pembebasan sandera Manpenduma dari tangan OPM.

5. Menjadi wakil komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328, tahun 1985.

6. Memimpin Ekspedisi Puncak Everest, menjadikan Indonesia terkenal sebagai negara dari Asia Tenggara pertama yang berhasil menaklukkan puncak Everest.

7. Lulusan terbaik Fort Bragg, sekolah pasukan khusus tersulit di dunia.

8. Menjadi pelatih pasukan khusus Kamboja dan mendapatkan penghargaan dari PM Kamboja.

Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam 100 hari pertamanya berhasil meyakinkan Kongres Amerika untuk menyetujui penjualan pesawat tempur supersonik canggih F15ID ke Indonesia.

Selain itu, Prabowo juga berhasil membantu PTDI melakukan ekspor pesawat CN235 ke Senegal dan pesawat NC212i ke Thailand.

Tak hanya itu, Prabowo juga berhasil membantu PT PAL mengekspor kapal perang jenis Landing Platform Dock ke Filipina.

Dalam pendidikan militer, Prabowo mengembangkan program studi Sarjana Kedokteran Militer dan Sarjana MIPA Militer di UNHAN. Prabowo juga membebaskan biaya kuliah bagi kadet berprestasi.

Demikian itu rekman jejak Prabowo di militer. Semoga bermanfaat.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini