Beranda Bisnis HUT Ke-48 Krakatau Steel Tebar Kebahagiaan Bersama Masyarakat

HUT Ke-48 Krakatau Steel Tebar Kebahagiaan Bersama Masyarakat

Dirut PT Krakatau Steel, Mas Wigrantoro memotong tumpeng dalam acara HUT PT Krakatau Steel ke 48

CILEGON – PT Krakatau Steel pada Jumat (31/8/2018) berulang tahun yang ke-48. Dalam memperingati usianya ini beragam rangkaian kegiatan dijalankan. Utamanya adalah dalam rangka berbagi kebahagiaan bersama masyarakat Cilegon dan Banten. Tidak kurang dari Rp2 miliar digelontorkan untuk kegiatan sosial yang digelar sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2018.

“Ini adalah momentum kebangkitan Krakatau Steel. Saat ini Krakatau Steel berada dalam posisi yang on the track, karena saat ini kinerja Krakatau Steel perlahan-lahan membaik sehingga diharapkan di akhir tahun mendatang kita bisa meraih angka yang positif di Tahun Buku 2018. Selain itu fokus kami di jajaran direksi adalah untuk segera menyelesaikan proyek-proyek strategis Krakatau Steel agar segera memberikan kontribusi kepada perusahaan,” ujar Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dalam perayaan HUT KS yang juga dihadiri oleh Plt Walikota Cilegon dan Komandan Distrik Militer 062 Cilegon.

Beberapa kegiatan yang diadakan diantaranya pada tanggal 26 Agustus 2018, warga Cilegon menyambut kedatangan KH Khalid Basalamah yang memberikan tausiah dalam acara Tabligh Akbar. Masyarakat Cilegon sangat antusias dengan banyaknya jamaah yang hadir di Masjid As Salaam di Komplek Krakatau Steel Cilegon.

Selain kegiatan tersebut, Krakatau Steel pun ajak ribuan warga Cilegon bersuka ria lewat Jalan Sehat pada hari Sabtu (25/8). Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-48 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk kali ini merupakan salah satu bentuk persembahan Perseroan kepada karyawan dan masyarakat luas di Cilegon untuk turut merasakan aura kebahagiaan kegiatan bertambahnya umur Perseroan.
Sebanyak kurang lebih 3.000 orang berpartisipasi dalam kegiatan Jalan Sehat ini. Di pagi hari, digelar juga senam massal untuk pemanasan sebelum jalan sehat. Selain, peserta pejalan kaki, Jalan Sehat Krakatau Steel ini juga diikuti oleh komunitas sepeda di Kota Cilegon.

“Ini adalah kegiatan rutin kita dalam memperingati hari jadi perusahaan. Bagaiamanapun Krakatau Steel juga adalah milik warga Cilegon, untuk itu kita harus buat acara yang mengapresiasi warga Cilegon juga”, lanjut Mas Wigrantoro.

Ia menambahkan, ada yang berbeda pada kegiatan kali ini, biasanya doorprize berasal dari anggaran perusahaan yang disisihkan untuk dibelanjakan sebagai hadiah. Namun, pada gelaran kali ini, barang-barang doorprize adalah sumbangan dari kantong pribadi para pejabat setingkat Manager, General Manager, Direksi, dan Dewan Komisaris. Bahkan hadiah utama sepeda motor on the road berasal dari kocek pribadi direksi Krakatau Steel. Meskipun demikian, tetap dipersilahkan bagi para sponsor dari anak perusahaan dan afiliasi untuk mendukung kegiatan ini.

Panitia menyatakan, dari hasil pengumpulan barang doorprize, tak kurang dari 50 item barang doorprize terkumpul dengan nilai mendekati 100 juta rupiah. Beberapa sponsor yang berpartisipasi adalah Sankyu, Krakatau National Resources, Purna Sentana Baja, Bank Negara Indonesia, Wahana Sentana Baja, Krakatau Industrial Estate Cilegon, Latinusa, Krakatau Tirta Industri dan Bapelkes PT KS.

Tidak hanya itu, Komisaris Krakatau Steel Nana Rohana juga menginisiasi acara tambahan lainnya, yakni bagi-bagi rejeki kepada peserta Jalan Sehat. Ia mengajak kepada seluruh peserta untuk berbaris rapih berjalan mengelilingi area Krakatau Junction sambil berjoged mengikuti lantunan musik pengiring. Giliran pertama adalah kepada para peserta wanita baik itu tua dan muda. Nana Rohana berada pada barisan paling depan memandu arah gerak barisan berjalan, di penghujung barisan ada Manager Corporate Communication PT KS Agus Sutan Kaharudin.

Sementara, di panggung, sudah menunggu Mas Wig dan Istri. Sesampainya di panggung, barisan yang dipandu Nana Rohana menerima rejeki uang berjumlah lima puluh ribu rupiah yang juga merupakan kocek kantong pribadi komisaris dan direksi. Satu per satu mendapatkan bagian hingga pada bagian terakhir. Akibat tingginya antusias warga yang mengikuti barisan ini, tak ayal membuat para direksi harus bolak balik pergi ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk menambah dan menambah lagi pecahan uang 50 ribuan agar memastikan jumlahnya tercukupi untuk seluruh barisan.

Beruntung, mesin ATM berjarak cukup dekat dengan lokasi panggung.
Selain menggelar Jalan Sehat, rangkaian kegiatan lain yang digelar adalah Bazaar Pesta Rakyat dan Pameran Produk Mitra Binaan Krakatau Steel. Pada hari yang sama, kegiatan ini secara resmi dibuka oeh Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi beserta Istri dan Komisaris Krakatau Steel Nana Rohana.

Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 30 Agustus 2018. Pada bagian Bazaar ditampilkan aneka dagangan meliputi kuliner, fashion, aksesoris, dan lainnya yang dijajakan oleh masing-masing unit dari Persatuan Istri Karyawan Krakatau Steel dan Group. Selain Bazaar juga ditampilkan beragam produk mitra binaan Krakatau Steel dari mulai kerajinan, industri makanan olahan dan minuman, serta barang pakai dan kebutuhan dasar.
Direktur SDM Krakatau Steel Rahmad Hidayat mengatakan, memajukan ekonomi warga sekitar di mana Krakatau Steel beroperasi adalah kewajiban bagi perusahaan.

“Salah satunya adalah kemitraan. Selain program bina lingkungan, Perseroan berkomitmen untuk mendorong geliat ekomoni masyarakat melalui kegiatan penyaluran modal, pelatihan kewirausahaan, dan pemasaran produknya. Nah, yang dilakukan saat ini di Pameran ini juga merupakan bentuk pemasaran produk mitra binaan warga sekitar kepada seluruh warga Cilegon”, ujar Rahmad.

Rahmad melanjutkan, sepanjang tengah semester 2018 sebesar Rp4,8 miliar program kemitraan telah disalurkan kepada masyarakat. “Program kemitraan ini akan terus kami gulirkan, dan bahkan diharapkan akan ditambah seiring dengan kondisi perusahaan yang membaik. Kami juga memohon kepada warga agar senantiasa mendukung program-program perusahaan dan mendoakan perusahaan agar semakin maju dan jaya,” pungkas Rahmad.

Secara keseluruhan, dalam berbagai rangkaian kegiatan HUT Ke-48, Krakatau Steel telah memberikan bantuan beasiswa kepada 2.260 anak yatim dan dhuafa, santunan kepada 100 anak yatim dan dhuafa, khitanan massal 100 anak, bantuan qurban untuk DKM, LSM, & Pondok Pesantren di 43 kelurahan, maupun penyelenggaraan pasar murah di Kecamatan Citangkil, Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Ciwandan, dan Kecamatan Grogol. Seluruh bantuan tersebut mencapai total Rp2 miliar.

Perkembangan Anak Perusahaan dan Afiliasi

Rangkaian peringatan hari ulang tahun ini juga termasuk didalamnya peresmian dan peletakan batu pertama di lingkungan anak perusahaan dan afiliasi. Pada 29 Agustus yang lalu Perseroan telah meresmikan proyek di PT Krakatau Tirta Industri yakni Bendung Cipasauran. Proyek ini menjadikan anak perusahaan Krakatau Steel yang bergerak di bidang pengolahan air bersih industri akan meningkatkan kapasitas sebesar 40% menjadi 2400 liter per detik.

Sebelumnya, pada 7 Agustus yag lalu juga telah diresmikan secara komersial pabrik baja patungan PT Krakatau Nippon Steel Sumikin yang berkapasitas 480.000 ton per tahun. Pabrik ini akan memproduksi baja khusus yang didedikasikan untuk memenuhi industri otomotif yang saat ini hampir sebagian besar diimpor.
Selain itu, PT Krakatau Medika, anak usaha di bidang pelayanan kesehatan (rumah sakit) juga menambah kapasitas ruang pelayananya dengan menambah jumlah lantai menjadi 2 lantai pada gedung utamanya. Dengan bertambahnya ruang pelayanan ini, maka akan bertambah ruang pelayanan eksekutif, serta poli lainnya.

Pada bagian lain PT Krakatau Industrial Estate Cilegon juga telah rampung menambah kapasitas convention hall di The Royale Krakatau Hotel. Penambahan ini akan mampu menampung lebih dari 2.000 orang di ruang pertemuan milik anak usaha Krakatau steel tersebut. PT KIEC juga telah selesai membangun fasilitas ruang pertemuan eksekutif yang berlokasi di area Hotel. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini