Beranda Opini Generasi Milenial dan Pandemi

Generasi Milenial dan Pandemi

Ilustrasi - foto istimewa

Oleh : Salsabila, Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Sastra Indonesia

Apa sih milenial itu? milenial adalah generasi yang berada di era globalisasi dengan serba serbi kecanggihan teknologi yang ada maka peran generasi milenial itu penting. dimasa
pandemi ini semua orang harus bekerja dan belajar dari rumah dan didalam rumah atau biasa disebut dengan work from home (WFH), jikalau ingin bepergian keluar rumah hanya untuk keperluan yang penting penting saja. namun masih ada beberapa masyarakat dan warga yang tidak mematuhi peraturan pemerintah yaitu mematuhi protokol kesehatan. inilah yang menyebabkan angka penularan virus Covid-19 jadi bertambah.

Sudah 7 bulan kita melewati masa pandemi Covid-19 ini. namun wabah ini belum kunjung
usai. marilah kita sebagai generasi penerus bangsa dan seluruh masyarakat di muka bumi ini tumbuhkan lah rasa kesadaran dari diri masing masing dan tidak boleh mementingkan diri sendiri yaitu dengan bepergian keluar rumah,berkerumun,dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Kita semua pasti ingin aktivitas kembali normal dan kembali seperti semula. maka
gerakan lagi hati kita untuk terus peduli terhadap sesama warga dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan cara memakai masker disetiap tempat,ketika bertemu orang yang tidak dikenal dan dikenal, dan menjaga jarak 2 meter,pakai hand sanitizer,tidak melakukan kontak fisik,tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan,bepergian keluar rumah hanya untuk keperluan yang sangat penting,seperti membeli bahan bahan pokok dan rajin mencuci tangan. Dengan begitu virus ini pun tidak akan menyebar kemana mana dan wabah ini cepat usai seiring berjalannya waktu.

Peran generasi milenial di tengah pandemi ini yaitu aktif di organisasi melalui daring,tidak
berkumpul di keramaian,melakukan kegiatan positif seperti olahraga dirumah,makan
makanan yang bergizi,istirahat yang cukup minimal 8 jam per hari,belajar dan membantu
orang tua.kaum milenial itu sangat cepat mendapatkan informasi,dan sangat kritis terhadap suatu permasalahan yang ada,kreatif,inovatif. dengan begitu,di masa pandemi ini kaum milenialah yang patut ditunjuk sebagai generasi perubahan yang menciptakan perubahan menjadi lebih
baik lagi.

Setiap mendapat informasi, kaum ini dapat menginformasikan apa saja yang telah diketahui dan tentu saja informasinya benar dan akurat. kemudian yang terpenting adalah kesehatan mental dan fisik dimasa pandemi ini yaitu tetap berpikiran positif dan maju,juga mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh kaum milenial melalui daring.dengan begitu kita menjadi semakin paham. ilmu dan wawasan kita pun semakin bertambah karena informasi yang didapat sangat bermanfaat yaitu seputar kesehatan mental dan fisik.

Ciptakan kreativitas di bidang apapun yaitu membuat puisi, menuliscerpen, menggambar, menulis, membuat tulisan di blog, banyak membaca buku, hal ini membuat kita semakin cerdas dan pemahaman literasi kita meningkat.
infokan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan melalui daring (online) dan pertemuan yang
bisa dilakukan melalui daring. Sebarkan kebiasaan mematuhi protokol kesehatan dengan membuat gambar gambar visualisasi yang menarik kemudian di-posting di sosial media sehingga banyak orang yang melihatnya. sebagai kaum milenial tidak usah ikut demo massa di masa pandemi ini karena ini dapat merugikan diri sendiri dan banyak orang.

cara yang terbaik adalah menulis apa yang kita rasakan,menuliskan dengan akal,rasa dan hati maka tulisan yang kita buat pasti akan dibaca,dengan menulis juga tidak merugikan siapapun. jadi kaum milenial juga tidak boleh provokator,kita harus pintar pintar membaca dan memilah setiap sumber yang ada. Banyak sekali mahasiswa yang berdemo untuk menyuarakan suaranya padahal itu sangat merugikan, fasilitas pun jadi rusak, belum lagi terkena gas air mata yang disemprotkan, mari sebagai mahasiswa sebarkan kebiasaan yang baik, jangan provokator tetaplah menjadi mahasiswa dan mahasiwi teladan. Apalagi dimasa pandemi ini, yang tidak boleh berkerumun, berkumpul, dan
beramai ramai.

Saya tau kalian pasti hanya menuntut keadilan, namun tidak begini caranya. cara yang terbaik adalah dengan menulis opini, menulis artikel dan yang lainnya. menulis akan lebih terasa juga manfaatnya. Semoga tulisan ini dibaca oleh sesama mahasiswa. Menulislah rekan rekan mahasiswa dan tetap menjaga protokol kesehatan. Peran milenial itu sangat penting, maka sangat dibutuhkan di masa ini. Terus berkarya generasi milenial.

(***)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini