Beranda Kampus Employee Wellbeing Survey / Survey Keterlibatan dan Kesejahteraan Pekerja dalam Manajemen Sumberdaya...

Employee Wellbeing Survey / Survey Keterlibatan dan Kesejahteraan Pekerja dalam Manajemen Sumberdaya Manusia

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

Oleh: Dina Nurul Anisa, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Managemen adalah seni di dalam mengatur. Bisa juga diartikan sebagai usaha dalam perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan dan pengkoordinasian sumber daya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan efektif dan efisien. Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan

Management sumber daya manusia atau disebut (MSDM)  adalah suatu proses mengatur dan pengaturan SDM supaya SDM menjadi lebih efektif dan efisien dalam perusahaan tentunya harus meng treat SDM supaya SDM itu sendiri lebih merasa dihargai sebagai manusia.

Bagaimana sih cara agar SDM itu puas dengan apa yg dilakukan perusahaaan terhadap SDM itu sendiri? Apakah ada perusahaan yang mau menerima masukan/pendapat karyawannya sendiri? Apakah ada perusahaan yang mau memperbaiki fasilitas karyawannya? Dan apakah karyawan berani memberikan survey tersebut? Yuk simak.

Oke caranya yaitu survey, tentunya dalam survey kita harus memakai sistem survey yg praktis, efisien, efektif,  cepat, dan tepat.

Nah maka dari itu, dalam survey tersebut menggunakan cara digital yang dapat diakses oleh karyawan secara mudah pastinya,  yaitu dengan menyebarkan link untuk dapat diakses oleh karyawan. Survey digital juga memudahkan perusahaan dalam bekerjanya agar mengetahui hasilnya apa saja yang di isi oleh karyawan tersebut.

Survey apa saja yang dilakukan perusahaan?

Salah satu survey tersebut adalah Employee Wellbeing (EWB) survey atau survey keterlibatan dan kesejahteraan pekerja. Survey ini sasaran perbaikannya yaitu perusahaan dan fasilitas SDM dalam pengembangan MSDM itu sendiri. Survey ini sangat amat ditunggu-tunggu oleh karyawan lohhh, adanya yang tau kenapa?

Ya, survey ini sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan karena karyawan bebas ber ekspresi dalam berpendapat baik itu pendapat apa yang telah perusahaan fasilitasi / bahkan menyalurkan ide apa saja sih sarana prasarana yang kurang di perusahaan tersebut. Oh iya sebelum melakukan survey tentunya perusahaan harus menyebarkan pamfletnya terlebih dahulu supaya sasaran/objeck nya mengetahui kapan akan diadakannya survey, jangan lupa untuk menaruh link nya tersebut supaya sasaran/objeck mudah mencari link dan langsung mengisi survey.

Berikut adalah contoh pamfletnya ;

Ada 3 point tentang  isi survey tersebut, yaitu ;

1. Survey kepuasan kerja,

2. Pengembangan SDM  dan perusahaaan,  dan

3. Meningkatkan kinerja SDM dan perusahaan

 

Syarat-syarat Employee Wellbeing (EWB)  survey, yaitu ;

1. adanya handphone android

2. adanya kuota/wifi untuk mengakses internet

3. adanya sasaran / objeck, example : karyawan

4. adanya garis besar pertanyaan sesuai informasi apa yang dibutuhkan perusahaan, dan

5.mempunyai tujuan untuk perbaikan dari perusahaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

Dari 3 survey tersebut tentunya adanya manfaat yang diperoleh oleh kedua belah pihak,

yaitu perusahaan dan karyawan ;

1. Dapat meningkatnya produktivitas karyawan  dalam bekerja.

2. Untuk mendengarkan  suara pekerja agar tercipta temlat kerja saling terikat dan menyenangkan.

3. Perusahaan dapat memperbaiki apa saja yg harus diperbaiki sesuai keluhan dari para karyawan.

4. Dapat mengumpulkan informasi secara sistematis mengenai berbagai macam informasi, dan

5. mengurangi pengerjaan team perusahaan dalam melakukan survey, dengan Employee Wellbeing (EWB)  survey yang menggunakan anggaran biaya yang murah dan cepat sehingga informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan secara akurat dan ontime.

Dalam hasil survey tersebut team Employee Wellbeing perusahaan dapat melakukan pengaturan MSDM dengan mengtreat SDM yang baik dan tentunya dapat membuat rasa nyaman bagi karyawan.

Kekurangan dari Employee Wellbeing (EWB)  survey melalui digital:

1. Adanya karyawan yang tidak mempunyai hp android sehingga sulit untuk meng akses internet, dan

2. Tidak adanya kuota internet pada karyawan, dan

3. Gaptek/ buta teknologi bagi pekerja yang sudah berumur lebih dari 45tahun

Kelebihan dari Employee Wellbeing (EWB)  survey melalui digital:

1. Survey tidak terlalu menyita energy pihak perushaan, sehingga memungkinkan mendapat informasi dari subjek yaitu karyawan dalam jumlah banyak.

2. Survey dapat digunakan untuk mengetahui opini, sikap, atau persepsi subjek.

3. Survey dapat juga dipakai untuk menilai informasi factual yang terjadi dilapangan secara tidak langsung.

4. Survey seringkali dilakukan secara anonim, agar subjek yang jumlahnya besar itu merasa lebih bebas dengan jujur, tanpa tekanan siapa pun.

Nah biasanya perusahaan memberikan reward / penghargaan bagi karyawan yang sudah melakukan survey berupa sembako hal ini terutama yang di incar ibu-ibu untuk mendapatkan hadiah yang menarik tentunya, menunjukan bukti screenshot nya kepada team Employee Wellbeing itu sendiri untuk mendapatkan hadiah. Hal ini adalah salah satu apresiasi dari perusahaan terhadap karyawan yang membantu mensukseskan survey tersebut dan membantu perusahaan dalam pengembangan perusahaan itu sendiri.

Employee Wellbeing (EWB)  survey atau survey keterlibatan dan kesejahteraan pekerja ini sangat berdampak pada kedua belah pihak antara perusahaan dan karyawannya dapat menumbuhkan sinergitas dalam bekerja, dan dapat membangun hubungan emosional juga loh, tentunya semakin maju perusahaan semakin sejahtera juga karyawannya.

Employee Wellbeing (EWB)  survey atau survey keterlibatan dan kesejahteraan pekerja juga secara tidak langsung memberikan sebuah hal yang positif yaitu HAK dan KEWAJIBAN perusahaan dan karyawan, dimana Hak karyawan mendapatkan upah, fasilitas yang baik, dan perlakuan yang baik dari perusahaan Kewajibannya karyawan memberikan kualitas dan kuantitas prodak yang optimal untuk perushaaan, sementara Hak perusahaan diberikan kualitas dan kuantitas prodak yang optimal dari karyawan Kewajibannya memberikan upah, fasilitas yang baik, dan perlakuan yang baik kepada karyawan.

(***)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini