Beranda Pesona Ramadan Cara Menghindari Lelah Berlebihan Saat Mudik Supaya Puasa Tetap Lancar

Cara Menghindari Lelah Berlebihan Saat Mudik Supaya Puasa Tetap Lancar

53
0
Ilustrasi - foto istimewa alfido.com

Mendekati Lebaran banyak orang untuk mudik ke kampung halaman. Di saat yang sama, puasa juga akan habis dan menyisakan malam terbaik seperti lailatul qadar yang ditunggu oleh banyak orang.

Nah, agar Anda tetap bisa menjalankan puasa dengan baik tanpa ada gangguan apa pun, cobalah untuk tidak terlalu capai saat mudik. Buat tubuh menjadi lebih kuat sehingga perjalanan mudik yang jauh sekali pun tidak akan jadi masalah.

Kalau Anda sampai kecapaian saat mudik, tubuh akan mudah sekali lemas dan akhirnya Anda tidak bisa menjalani puasa dengan lancar. Selain itu, ada kemungkinan mudik jadi terganggu.

1. Sempatkan istirahat selama perjalanan

Saat sedang mudik selalu sempatkan untuk beristirahat di dalam perjalanan. Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, sebisa mungkin untuk tidur kalau tubuh sudah mulai capai. Jangan melek selama perjalanan karena bisa membuat Anda jadi lemas dan akhirnya pusing.

Kalau Anda mudik dengan keluarga atau mungkin teman, coba untuk bergantian tidur. Dengan melakukan ini Anda tetap bisa menjaga tubuh agar tidak terlalu capai dan barang-barang yang dibawa selalu terjaga dari tangan-tangan jahil.

2. Pastikan mudik dalam kondisi sehat

Kecapaian yang terjadi pada Anda biasanya terjadi bukan saja karena perjalanan yang jauh dan kendaraan yang digunakan tidak nyaman. Rasa capai yang berlebihan juga bisa terjadi karena Anda memang sudah capai sejak awal karena kondisi tubuh sedang drop.

Agar rasa capai selama perjalanan membuat Anda jadi membatalkan puasa, lebih baik berangkat dalam kondisi sehat. Kalau tubuh Anda sehat, perjalanan sepanjang apa pun tidak akan memengaruhi fisik dengan mudah.

Oh ya, kondisi capai pada tubuh yang berlebihan juga tidak akan muncul kalau Anda terbiasa olahraga. Jadi, sebelum berangkat olahragalah terlebih dahulu.

3. Tetap penuhi kebutuhan makan dan minum

Meski sedang berada di jalanan, tetap penuhi kebutuhan makan dan minum untuk sahur dan berbuka puasa. Saat sahur Anda tetap harus makan makanan bergizi agar bisa kuat saat akan mudik. Hal senada juga belaku saat Anda sedang akan berbuka puasa, pastikan apa yang masuk bergizi.

Perhatikan juga kebutuhan minum setiap harinya. Selalu penuhi kebutuhan 8 gelas air putih agar tubuh lemas dan mudah sakit. Mudik akan membuat Anda mengalami dehidrasi sepanjang perjalanan,. Jadi, pastikan kebutuhan airnya baik-baik.

4. Lakukan stretching atau peregangan

Kalau tubuh sedikit capai dan kaku-kaku, coba untuk berdiri sejenak dan melakukan peregangan. Buat aliran darah di dalam tubuh kembali lancar dan tidak mengganggu fungsi organ lain yang ada di dalamnya.

Oh ya, Anda yang menggunakan kendaraan pribadi boleh berhenti sejenak di rest area untuk melakukan olahraga ringan. Buat tubuh menjadi segar kembali dan rasa capainya hilang. Kalau tubuh sudah siap lagi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan lancar.

5. Jangan memaksakan diri agar cepat sampai

Inti dari perjalanan mudik yang tidak membuat Anda capai adalah tidak memaksakan diri. Jangan memaksakan diri untuk segera sampai ke tujuan karena bisa membuat tubuh jadi terbebani dan energinya terkuras dengan habis,

Lakukan mudik dengan aman dan nyaman sesuai dengan kondisi tubuh. Kalau memang tubuh tidak kuat, coba istirahat sejenak. Kalau tetap memaksakan diri tubuh akan drop dan perjalanan bisa saja terganggu. Poin ini berlaku untuk Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi.

Semoga ulasan tentang mudik sehat yang membuat Anda tetap kuat puasa di atas bisa digunakan untuk rujukan. (Red)

Sumber : doktersehat.com