Beranda Cinta Begini 12 Cara Supaya Hubungan Cinta LDR Kamu Tetap Langgeng

Begini 12 Cara Supaya Hubungan Cinta LDR Kamu Tetap Langgeng

5581
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Menjalani hubungan LDR atau hubungan asmara jarak jauh bukanlah hal yang mudah untuk dijalani setiap pasangan. Tapi jika hubungan harus terpisah jarak, yang bisa dilakukan adalah menjaga LDR agar tetap langgeng.

Bagaimana agar hubungan LDR langgeng sampai menikah? Ini cara menjaga hubungan LDR tetap langgeng dan romantis, seperti dilansir detik.com.

1. Komunikasi Terbuka dan Lancar

Salah satu hal penting dalam hubungan LDR adanya komunikasi yang terbuka dan lancar. Maka tips langgeng menjalani LDR yang pertama adalah Coba bangun komunikasi yang rutin dengan pasangan. Tapi tidak perlu terlalu berlebihan hingga mengganggu aktivitasnya. Diskusikan dengan pasangan untuk meluangkan waktu bagi kalian berdua berkomunikasi secara rutin.

Dengan adanya teknologi yang sudah canggih sekarang ini mempermudah kamu dan pasangan untuk saling berkomunikasi, baik lewat WhatsApp, LINE, Skype, dan lain sebagainya. Kamu dan pasangan juga dapat merencanakan waktu yang tepat untuk kalian bertemu, hal ini dapat membangkitkan semangat dengan adanya sesuatu hal yang kalian berdua tunggu bersama.

2. Kompromi

Tanda-tanda hubungan yang sehat adalah adanya toleransi dan kompromi. Setiap masalah akan terselesaikan bila kamu mengerti keadaan satu sama lain. Maka tips agar LDR langgeng sampai menikah adalah meluangkan waktu untuk kompromi sebelum dia pergi ke kota atau negara lain. Bicarakan berapa kali seminggu harus video call atau bertelepon, kapan bisa meluangkan waktu bertemu dan lain sebagainya.

3. Saling Pengertian

Terkadang Alur komunikasi yang tidak lancar cenderung membawa pertengkaran. Oleh karena itu tips LDR selanjutnya untuk pasangan adalah harus mengerti kesibukan satu sama lain. Hindari memperbesar masalah kecil. Sebagai contoh, jika kekasih lupa menelepon atau membatalkan kunjungannya, jangan langsung diambil hati kecuali bila ia mulai mengubah sikapnya terhadap kamu.

4. Hindari Perdebatan Tidak Penting

Sebaiknya pasangan yang menjalani LDR harus belajar mendengarkan satu sama lain. Pasangan yang terpisah jarak umumnya berkomunikasi lewat telepon, chat online atau video call. Menjadi pendengar yang baik adalah langkah awal yang tepat agar bisa mengatasi masalah LDR.

Maka tips menjalani LDR agar langgeng yang selanjutnya, jika terjadi perbedaan pendapat atau ketidaksetujuan ketika berkomunikasi, tahan diri untuk berdebat. Mengikuti nafsu amarah adalah bencana untuk pasangan LDR.

Hindari sebisa mungkin percakapan-percakapan yang mengundang konflik. Fokuslah pada satu topik ringan ketimbang topik berat dan pikirkan terlebih dahulu risiko apa yang mungkin muncul jika kamu mengatakannya.

5. Jalani Hidup Masing-masing

Tips agar hubungan LDR tetap romantis dan langgeng adalah jangan terlalu fokus memikirkan pasangan yang berada jauh di sana. Sadarilah, pasangan memiliki kehidupan lain juga yang harus dijalani selain berhubungan dengan kamu. Jangan egois atau memaksakan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan olehnya.

Kebanyakan wanita kerap memaksakan kehendak hanya karena rasa kangen yang tidak terbendung lagi terhadap pasangannya. Pria pun sering dibuat kesal dengan kelakuan wanita yang seperti itu.

Jalani hidup masing-masing dan bersabar adalah kunci penting dalam menjalani LDR. Masa depan penting juga untuk dibicarakan, tapi jangan pernah memaksakannya sebelum kamu berdua benar-benar siap.

Yang paling penting pula, jangan sampai hubungan pribadi menjauhkan kamu dari kehidupan sehari-hari bersama teman atau keluarga. Memberikan ruang sejenak untuk kehidupan masing-masing bisa menjadi obat mujarab untuk menjaga agar LDR tetap langgeng.

6. Sempatkan Bertemu Langsung

Saling mengunjungi kota atau negara masing-masing adalah hal yang sangat disarankan dalam tips menjalani LDR. Anggap ini sebagai perjalanan liburan kamu bersamanya. Namun bila tidak memungkinkan bagi kamu untuk pergi ke tempatnya, pilih satu kota atau negara lain yang berada di tengah-tengah jarak kamu dan pasangan sebagai destinasi liburan. Sempatkanlah bertemu setidaknya 6 bulan hingga setahun sekali.

7. Jangan Terlalu Terbawa Perasaan

Tips menjalani LDR agar langgeng yang berikutnya adalah mencoba agar tidak terlalu baper. Sebagai contoh saat si dia membatalkan rencana untuk bertemu, jangan lihat hal ini sebagai permasalahan yang besar. Perlu diingat bahwa pembatalan rencana di menit terakhir adalah bagian dari hubungan jarak jauh yang telah kamu pilih.

8. Kirim Hadiah atau Pesan Romantis

Walaupun menjalani LDR bukan berarti kamu dan kekasih tidak bisa romantis. Berikan perhatian kecil seperti hadiah yang dikirimkan padanya atau menuliskan kata-kata romantis. Tidak menutup kemungkinan dia akan membalasnya dan Anda pun akan merasa spesial. Hal-hal kecil seperti ini merupakan cara romantis saat LDR.

9. Komitmen Bersama

Diperlukan kesabaran yang luar biasa untuk melewati LDR. Salah satu antara kamu dan pasangan, mungkin sedang bersekolah atau bekerja di luar kota dan tahu kapan akan bertemu. Namun dalam beberapa kondisi kamu dan kekasih tidak bisa menyamakan jadwal untuk bertemu, apalagi jika salah satunya di luar negeri. Dalam kondisi seperti ini tips menjalani LDR agar langgeng adalah membuat komitmen bersama. Hal ini sangat penting saat melalui masa-masa sulit karena terpisah dalam waktu yang lama.

10. Berikan Senyuman Tulus

Kapanpun bertemu, walaupun lewat video call, berikan ia senyum tulus. Ini merupakan salah satu cara membuat cowok kangen saat LDR. Senyuman dapat membantu memberikan perasaan yang nyaman dan meredakan ketegangan, sekaligus membuat dia memikirkan kamu terus.

11. Tidak Masalah Ungkapkan Kekesalan

Kekesalan yang dipendam dapat berbahaya dalam sebuah hubungan, terlebih lagi ketika menjalani LDR. Agar LDR tetap langgeng, utarakan apa yang kamu rasakan, sehingga masalah akan cepat diselesaikan. Ingat, tidak harus bertatap muka untuk membicarakan masalah saat kamu dan pasangan terpisah jauh. Manfaatkan teknologi yang ada.

12. Simpan Benda Si Dia

Mungkin ada kalanya kamu dan pasangan akan merasa sedih ketika menjalani LDR. Untuk itu, kalian perlu memiliki suatu benda untuk tetap merasa dekat ketika merasa kesepian. Misalnya saja menyimpan sweaternya dan dia memiliki selimut yang disemprotkan parfum favoritmu.

(Red)