Beranda Cinta Minta Maaf ke Mantan Saat Lebaran Bisa Membuat Kamu Lebih Move On

Minta Maaf ke Mantan Saat Lebaran Bisa Membuat Kamu Lebih Move On

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Kata maaf yang terkesan simpel untuk diucapkan di hari Lebaran kepada mantan kekasih memiliki makna mendalam khususnya bagi mereka yang melalui putus cinta karena pertengkaran atau sakit hati.

Terkadang kata maaf yang diucapkan ini, menurut pakar hubungan asmara Linda dan Charlie Bloom seperti dikutip psychology today, maknanya lebih berarti untuk menyembuhkan diri seutuhnya dari masalah patah hati.

Setelah mengucapkan kata maaf, kamu bisa move on dengan lebih mudah atau setidaknya mengikhlaskan hubungan cinta yang kandas tersebut.

Bagaimana agar minta maaf ke mantan saat Lebaran bisa membuat kamu move on dari putus cinta? Berikut beberapa hal yang harus diingat seperti dikutip detik.com :

1. Ketulusan

Minta maaflah dengan tulus tanpa adanya agenda tersembunyi, seperti menaruh harapan kembali pacaran dengan si dia. Ingatlah tujuan kamu meminta maaf pada mantan saat Lebaran tujuannya semata-mata untuk menyembuhkan diri kamu sendiri.

Ketulusan permintaan maaf kamu akan terlihat dari tindakan dan kata-kata yang terucap. Kata-kata tersebut harus jujur, tanpa menyimpan perasaan tertentu dan maksud untuk memanipulasi perasaan si dia.

2. Jangan Reaktif

Jika kamu meminta maaf pada mantan kekasih yang merasa tersakiti, bisa jadi dia akan bereaksi menolak atau mengekspresikan emosinya yang sebelumnya terpendam. Berikan dia kesempatan melakukan itu tanpa membuat dia khawatir kamu akan memberikan reaksi serangan balik atau bersikap reaktif.

Biarkan si dia mengetahui bahwa kamu memang meminta maaf dengan tulus dan akan mendengarkan apapun perkataannya tentang kamu. Ingatlah bahwa tugas kamu di sini bukan untuk membela diri (meskipun keinginan itu akan sangat mungkin muncul). Tahan dulu semua kata yang sudah akan terucap dari mulut kamu. Setelah dia mengetahui bahwa kamu benar-benar meminta maaf dengan tulus, kemungkinan dia memberikan kamu kesempatan bicara lebih besar. Jadi bersabarlah.

3. Tujuan Meminta Maaf

Sebelum meminta maaf pada mantan kekasih saat Lebaran, perjelas tujuan kamu melakukannya dan jangan melenceng dari apa yang sudah kamu niatkan sejak awal membuat tujuan itu. Niat yang jelas ini bisa membantu kamu tetap di ‘jalur’ meskipun akhirnya pembicaraan dengan si dia memanas.

Ingatlah tugas kamu bukan untuk membuktikan apakah kamu benar atau salah. Kamu meminta maaf pada mantan untuk menunjukkan bahwa kamu ada untuk mendengarkannya dan menghargai perasaannya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ