Beranda » Wujudkan Kreativitas di Masa Pandemi

Wujudkan Kreativitas di Masa Pandemi

Foto Dokumentasi Penulis

Disusun oleh Asyhira Rauda, Mahasiswi Universitas Pamulang

Halo para pembaca

Siapa yang tidak tahu dengan bisnis satu ini, bisnis yang mempunyai peluang sangat besar dengan target penjualannya tidak diragukan dan modalnya pun masih terjangkau. Kita hanya butuh keterampilan dan kreativitas di dalam bisnis ini. Bisnis ini pun aman karena dapat dijalankan di rumah. Dan bisnis ini tidak akan ada berhentinya. Karena sebagaimana yang kita ketahui setiap orang pasti mempunyai selera dalam berbusana. Selama selera itu masih ada maka selama itu juga penjahit dibutuhkan.

Pada masa sebelum pandemi, di bulan suci Ramadhan para penjahit sangat bersyukur di bulan yang berkah dengan rezeki yang sangat diharapkan. Pesanan menjahit pakaian selalu membludak tiap kali menjelang lebaran. Tidak heran bahwa setiap lebaran banyak sekali pesanan yang di terima. Orang-orang sangat antusias menjahit pakaian bila bulan ramadhan tiba,mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Tetapi di masa pandemi ini banyak sekali kerugian yang bisa kita rasakan salah satunya para penjahit. Penjahit rumahan merasakan imbas pandemi Covid-19 terhadap usahanya. Pesanan tidak seperti tahun-tahun sebelum adanya pandemi. Usaha menjahit sangat sepi. Para pelanggan jarang datang untuk menjahit baju ataupun permak baju dan celana. Karena takut terpapar Covid-19 banyak pelanggan memilih diam di rumah.

Setelah adanya pandemi orderan penjahit sangat merosot. Biasanya pesanan jahit diterima untuk acara pernikahan, wisuda, ataupun perpisahan sekolah dan yang lainnya. Karena di musim pandemi ini kegiatan masyarakat sangat di batasi. Maka dari itu orderan menurun dan ada beberapa penjahit yang tidak menerima orderan satu pun. Bahkan ada baju pesanan yang selesai dijahit tetapi harus tertahan, lantaran pemiliknya terlambat mengambil pesanannya.

Namun ada beberapa dari penjahit yang memutar otak untuk tetap mendapatkan rezeki dari keterampilan yang dia punya walaupun di tengah pandemi seperti sekarang ini yaitu dengan membuat masker kain. Dimasa pandemi saat ini masker sudah menjadi kebutuhan yang dibutuhkan semua orang. Karena adanya pemberitahuan bahwa masker kain disarankan untuk digunakan di masa pandemi maka dari itu banyak orang-orang yang memesan masker kain kepada penjahit. Tingginya permintaan masker kain saat ini sangat meningkatkan pendapatan para penjahit. Mereka tidak lagi menjahit pakaian namun mereka membuat masker kain dan pemasukannya juga tidak kalah saat mereka menjahit pakaian.

Dengan begitu pemesanan ini sangat menguntungkan para penjahit. Kebutuhan masker kain mulai meningkat seiring dengan meluasnya penyebaran virus corona di Indonesia. Dengan begini adanya pemasukan mereka walaupun mungkin harga saat menjahit masker dengan menjahit pakaian sangat berbeda, tetapi bisa kita pahami jika masker kain yang di pesan dengan jumlah yang banyak dengan begitu sangat besar pula keuntungan nya yang bisa didapatkan. Mungkin bisa lebih besar keuntungan nya dari pada saat menjahit pakaian. Masker ini di produksi dengan berbagai kreativitas mulai dari corak warna serta desain yang unik yang dapat memikat para pelanggan.

Tetapi kita tidak bisa hanya mengandalkan masker kain selama pandemi, ada beberapa pencegahan lainnya yang harus dilakukan seperti yang kita ketahui mematuhi protokol kesehatan dengan 5 m yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Masa pandemi belum juga bisa dilihat kapan akan berakhir. Namun semangat para pencari nafkah tidak pernah menyerah. Banyak sekali dampak yang bisa dirasakan selama pandemi ini. Dan yang bisa kita harapkan bahwa pandemi ini cepat berakhir. Dimasa pandemi ini kita dituntut lebih kreatif untuk bertahan hidup. Ada yang berdampak negatif tetapi ada beberapa usaha yang mengalami keuntungan. Jangan putus semangat di tengah pandemi ini. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita masih berusaha semua akan berjalan dengan lancar dan di bantu dengan doa.

~salam sehat semuanya~

(***)

Bagikan Artikel Ini