Beranda » Viral Spanduk Parkir Gratis di Indomaret, “Ditagih, Silakan Lapor Polisi”

Viral Spanduk Parkir Gratis di Indomaret, “Ditagih, Silakan Lapor Polisi”

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Viral Indomaret di Bekasi berani menggratiskan uang parkir. Jika ada pungutan liar (pungli) dan merasa dirugikan, pihaknya meminta pengunjung melaporkan ke Polsek terdekat.

“Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat,” bunyi kalimat di spanduk yang dipasang di depan Indomaret itu, dikutip dari akun @RDNADN, Rabu (27/10/2021).

Pihak kepolisian wilayah hukum Bekasi Kota menyatakan belum menerima laporan terkait pemasangan spanduk parkir gratis di minimarket Indomaret. Polsek Bekasi Selatan menduga spanduk pengumuman minimarket itu inisiatif pengelola.

“Belum ada koordinasi, kemungkinan spanduk itu dipasang apabila ada seseorang yang memaksa untuk meminta jatah parkir, maka bisa lapor ke polisi,” kata Kanit Reskrim Polsek Bekasi Selatan Iptu Mastur Situmorang, Rabu 27 Oktober 2021.

Sebab, dia menilai pihak minimarket memasang imbauan itu untuk setiap pengunjung yang parkir tidak dipungut biaya alias gratis.

“Dalam spanduk itu pihak minimarket tidak mau membebani masyarakat saat berbelanja,” ujarnya.

Akun @Ey*x9 merespons bahwa adanya tukang parkir tidak menjadi suatu permasalahan, terlebih konsumen hanya membayar 2 ribu, bahkan membayar 5 ribu-pun tidak apa-apa. Akan tetapi, dengan catatan tukang parkir harus sepenuhnya bertanggung jawab.

Disisi lain ada juga yang mengkritik jika pihak minimarket menggratiskan parkir. Akun @kaoskakibolo*ng misalnya, kalau saja mereka mempunyai uang yang banyak, mereka tidak akan bekerja menjadi tukang parkir. Dan kalau saja melamar kerja itu mudah di terima, merekapun tidak akan menjadi tukang parkir. Sedekah 2 ribu atau 5 ribu sepertinya tidak berat. Saling berbagi satu sama lain dan jangan terlalu di permasalahkan.

Alhasil, peristiwa itu menjadi viral di media sosial. Salah satunya foto itu diunggah oleh pemilik akun instagram @potretbekasi. Dalam keterangan unggahan itu ditulis lagi trending di twitter, yang pasti ini Indomaret di Bekasi.

Bagikan Artikel Ini