Beranda » Seni Drama Sebagai Nilai Sosial

Seni Drama Sebagai Nilai Sosial

Drama adalah kisah kehidupan manusia yang dijadikan sebuah pertunjukan yang disaksikan oleh penonton. salah satu karya yang mempunyai ciri khasnya tersendiri. jika, dibandingkan dengan karya sastra lainnya. Melalui penyampaian pesan atau amanatnya. Dari segi isi pesan, biasanya penulis dalam naskah drama yang menceritakan tentang kehidupan manusia dengan permasalahan nya.

Sebagai karya sastra, drama mempunyai jalan cerita nya sendiri seperti latar dan amanat. Peristiwa yang akan di tampilkan di dalam sebuah drama biasanya kejadian yang dilakukan sehari-hari. Dalam penulisan naskah drama biasanya berisi tema penulisan berdasarkan pengalaman yang nyata, sebuah gambaran realita kehidupan, mengenai permasalahan budaya, sosial, politik yang dialami oleh pengarangnya.

Di dalam sebuah drama terdapat masalah kehidupan dan kemanusiaan yang dikeluarkan biasanya tidak terlepas dari segi sosial dalam masyarakat yang memiliki hubungan nya dengan masyarakat. Karena, pada dasarnya drama memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan masyarakat, sehingga penulis naskah drama sering kali di katakan mengambil tema dari kehidupan sehari-harinya.

Di dalam naskah drama yang ditulis harus mempunyai nilai seperti nilai sosial, nilai budaya, nilai religius, nilai pendidikan, nilai moral bagi masyarakat secara luas. Yang dikhususkan para pemerhati sebuah karya sastra. Yang dimana karya sastra secara bahasa sudah seharusnya membawa sebuah ajaran nilai yang dapat bermanfaat di dalam kehidupan manusia.

Nilai yang berhubungan dengan masyarakat, sifat yang suka menolong dan memperhatikan kepentingan umum. Nilai sosial merupakan nilai yang dapat di ambil dari hubungan antar tokoh yang ada di dalam drama dengan tokoh lain, lingkungan dan masyarakat sekitar tokoh.

Sehingga nilai sosial dalam drama dapat tersampaikan agar lebih terlihat terkesan, sehingga maksud hingga tujuan dalam nilai sosial tersebut akan mudah dimengerti oleh masyarakat luas.

Selain itu nilai sosial dalam drama mengajarkan tentang kebaikan dalam menolong sesama. Karena, sastra sebagai sebuah seni yang mengandung nilai-nilai estetika atau unsur keindahan. Bagi penulis sendiri, drama memberikan ajaran nilai sosial dalam kehidupan. Seharusnya, kita sebagai generasi muda sudah sepantasnya memperhatikan karya sastra yang berupa drama sebagai media hiburan dan sebagai media untuk mengetahui nilai sosial dalam drama yang mendidik.

Dengan perkembangan zaman pada saat ini karya sastra drama kurang mendapatkan perhatian yang lebih. Jika dibandingkan dengan drama, dapat dilihat generasi muda saat ini lebih memilih menghibur dirinya dengan bermain sosial media. Hal ini sangat berdampak bagi karya sastra di dalam drama yang semakin hari di lupakan dan tidak bukan akan punah.

Dalam pandangan secara umum, ilmu sastra sebagai ilmu yang meliputi seni drama yang dianggap kurang penting di dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, dalam drama nilai sosial sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengandung hal-hal baik dan nilai nilai sosial mengandung ajaran yang sangat mendidik.

Bagikan Artikel Ini