Beranda » Saat Pandemi Mahasiswa Bisa Apa?

Saat Pandemi Mahasiswa Bisa Apa?

Dua tahun sudah Indonesia menghadapi pandemi virus Covid-19, semua kebijakan diterapkan untuk mengatasi wabah virus mematikan tersebut. Beberapa daerah memberlakukan pembatasan sosial pada Keputusan Indonesia saat ini.
 
Dengan membatasi interaksi sosial di masyarakat, dapat mengurangi risiko terkena virus Covid 19. Yang pasti, ini adalah cara yang paling efektif. Satu hal yang perlu ditekankan adalah dalam bidang pendidikan, dimana telah terjadi perubahan.
 
Faktanya, isu-isu tersebut telah mengubah gaya belajar. Saat ini, pelajar SMA dan mahasiswa perlu belajar dari rumah menggunakan berbagai aplikasi dan platform berbasis online, sehingga sulit untuk bertemu secara tatap muka.
 
Berbagai keluhan yang datang dari mahasiswa dan siswa, merasa bahwa kebijakan untuk belajar di rumah justru menambah beban bagi mereka. Keluhan tersebut di dasari dengan sulitnya sinyal internet, kuota internet, serta berbagai macam penugasan yang justru melelahkan secara fisik dan mental.
 
Pembelajaran daring berdampak terhadap mahasiswa karena pembelajaran daring masih membingungkan mahasiswa, mahasiswa menjadi pasif, kurang kreatif dan produktif, informasi yang didapat mahasiswa kurang bermanfaat, mahasiswa mengalami stress, serta kurangnya kemampuan literasi pada mahasiswa.
 
Diharapkan perlunya inovasi dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat terus bertahan sehingga pembelajaran daring dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa tanpa mengurangi esensi pendidikan itu sendiri.
Bagikan Artikel Ini