Beranda » PTN Harga Mati?

PTN Harga Mati?

Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat dengan PTN merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah dan berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jalur penerimaan PTN ini dapat dilalui dari berbagai macam jalur. Yang pertama melalui jalur SNBP yaitu, menggunakan nilai rapot baik akademik maupun non-akademik. Yang kedua melalui jalur SNBT
yaitu, menggunakan ujian tulis berbasis komputer atau UTBK, para calon mahasiswa baru harus mendaftarkan dirinya untuk mengikuti ujian tersebut. Dan yang terakhir melalui jalur seleksi mandiri yaitu, setiap kampus memiliki kebijakan dan aturannya masing-masing.
Mengapa daya saing masuk PTN semakin hari semakin ketat? Banyak asumsi yang mengatakan bahwa berkuliah di PTN adalah sebuah kesuksesan yang besar dan banyak yang merendahkan PTS. Apakah kenyataannya seperti itu? Tidak, mau kuliah di PTN atau PTS tidak menjamin kesuksesan seseorang. Banyak orang lebih memilih PTN dikarenakan biaya yang relatif murah dan karena berada dibawah pemerintah, maka calon mahasiswa baru bisa memakai program-program yang diberikan pemerintah.
Di PTN pula terdapat program yang dipersiapkan oleh Kemdikbud bagi mahasiswa yaitu, program kampus merdeka. Kampus merdeka merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk berkembang. Di kampus merdeka terdapat berbagai macam program kerja yang dapat diikuti seperti magang, kegiatan wirausaha, studi independen, pertukaran pelajar, dan masih banyak yang lain.
Di zaman sekarang memang tidak bohong jika lulusan PTN lebih banyak dicari untuk lowongan pekerjaan. Namun, tetap saja keahlian dan pengalaman tetap yang dilihat yang utama. Jadi memang berkuliah di PTN memiliki banyak keuntungan tetapi bukan kerarti juga mengabaikan keahlian yang dapat kita miliki.
Bagikan Artikel Ini