Beranda » Penyerahan Sertifikat HSK 2 & 3 dan Talk Show Politeknik Piksi Input Serang

Penyerahan Sertifikat HSK 2 & 3 dan Talk Show Politeknik Piksi Input Serang

Foto Dokumentasi Penulis

Kampus vokasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Politeknik Piksi Input Serang menggelar acara Penyerahan Sertifikat Tingkatan Ujian Mandarin atau HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) 2 & 3 di Gedung Algaf Center Politeknik Piksi Input Serang pada Selasa (5/10/2021).

Acara penyerahan sertifikat dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa PIS Yang Berkualitas, Unggul & Berpotensi Dalam Bahasa Internasional’’ diikuti oleh sebagian besar mahasiswa Politeknik Piksi Input Serang.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Politeknik Piksi Input Serang, Pembina Yayasan Politeknik Piksi Input Serang, Direktur Politeknik Piksi Input Serang, Wakil Direktur Poiteknik Piksi Input Serang, Laoshi Mandarin, Kepala BAAK, Bidang Kemahasiswaan, KAPUSKOM, dosen beserta staf dan mahasiswa Politeknik Piksi Input Serang kelas Mandarin sekaligus para tamu undangan. Acara itu tidak hanya diadakan bertatap muka langsung akan tetapi juga diadakan secara virtual via zoom meeting.

Dalam acara tersebut, ada beberapa sambutan hangat yang disampaikan oleh Laoshi Mandarin, Royadin, A.Md., Direktur Politeknik Piksi Input Serang, Yeti Asmawati, S.E., M.M., Ketua Yayasan Politeknik Piksi Input Serang, Dr. H. Rafa Adi Galuh Agung, S.E., M.M. dan yang terakhir sambutan dari Pembina Yayasan Politeknik Piksi Input Serang, Abe Susanto.

“Yang pertama, ada di dalam hati keinginan mengikuti kelas Mandarin. Saya tadinya tidak tahu bagaimana cara proses dalam bahasa Mandarin, dengan adanya Politeknik Piksi Input Serang (yang) mewadahi bahasa Mandarin saya juga berminat dan berniat mengikuti kelas bahasa Mandarin. Adapun tujuan saya mengikuti kelas Mandarin yang pertama ingin magang di Kendari Sulawesi Tenggara di sebuah pabrik nikel perusahaan besar di Indonesia. Karna saya pribadi haus terhadap ilmu dan saya juga penasaran terhadap bahasa Mandarin tersebut,” tutur Eka Mulyana, salah satu mahasiswa Piksi kelas Mandarin.

Sebelum penyerahan sertifikat, dalam acara tersebut ada persembahan lagu Mandarin dari Anes Sefiya dan Efi Solihatul. Kemudian, dilanjut dengan penyerahan sertifikat HSK 2 & 3 yang diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Politeknik Piksi Input Serang, yakni Ajat Sudrajat, SE., M.M. kepada mahasiswa/i Politeknik Piksi Input Serang yang mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin tersebut.

“Saya mulai tertarik sejak mendapatkan beasiswa untuk pergi ke China mulai dari situ saya mau tidak mau harus bisa Mandarin yang awalnya tidak kepikiran bisa bahasa Mandarin, berhubung di kampus Piksi itu ada beasiswa ke luar negeri China dari situ mulai tertarik bahasa Mandarin lebih giat lagi belajar bahasa mandarin,” tutur Royadin, Laoshi Mandarin.

Royadin juga menceritakan kesulitan apa yang pernah dialami dalam belajar bahasa Mandarin sekaligus berbagai tips supaya mudah mempelajari bahasa Mandarin.

“Kesulitan dalam bahasa Mandarin yaitu dalam menulis hanse kemudian mengingat arti hanse dan nadanya kaya itu gimana yang paling sulit dan untuk menanganinya adalah biar ga sulit-sulit banget, (yang) kita cuma butuhkan daya ingat yang kuat jadi harus banyak menghafal dan banyak latihan menulis karna dalam menulis hanse juga ada belajarnya dan tekniknya jadi itulah yang buat mudah, cuma sulitnya bahasa Mandarin itu kita harus ingat hanse-nya gimana ditulis dan nadanya ada berapa terus juga artinya apa jadi kesulitan dalam bahasa Mandarin itu mengingat hanse itu kaya gimana, saya disana belajar sehari itu menghafal hanse 20 sampai 30 hanse, jadi hanse new word/tulisan china mulai dari cara menulis hanse nya dan lain-lain,” tambah Royadin.

Kemudian acara tersebut di tutup dengan persembahan lagu Mandarin yang diapresiasikan oleh peserta Mandarin dan Laoshi Mandarin.

(***)

Bagikan Artikel Ini