Beranda » Oat Sebagai Bahan Baku Produk Perawatan Kulit

Oat Sebagai Bahan Baku Produk Perawatan Kulit

Oleh: Nadiatul Annisa

Program Studi Agribisnis

Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Email: nadiatul.annisa21@mhs.uinjkt.ac.id

Di era jaman now, perawatan kulit menjadi salah satu perhatian khusus agar terlihat lebih percaya diri dan juga cantik. Perawatan kulit biasanya dilakukan oleh mayoritas wanita, terutama pada kalangan milenial. Perawatan kulit merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari sel-sel kulit mati, debu, dan juga permasalahan kulit lainnya. Pada kali ini kita akan membahas produk oat yang berperan sebagai bahan baku utama produk perawatan kulit. Kalian tau gak sih guys, bahwa oat sendiri memiliki berbagai macam kandungan, antara lain, sumber protein, magnesium, thiamin, mineral, fosfor, dan potassium. Selain itu, oatmeal juga mengandung antioksidan dan juga Vitamin E. Vitamin E yang tinggi tentu saja bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal telah digunakan selama berabad-abad sebagai agen penenang untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi yang terkait dengan berbagai dermatosis xerotik.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam oat, menjadikan oat sebagai bahan dasar utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

Berikut adalah produk perawatan kulit yang berbahan baku oat, antara lain:

1. Masker Organik

Masker organik merupakan salah satu produk perawatan kulit berbahan dasar oat,yang terbuat dari bahan-bahan segar, alami dan juga sehat. Nah buat kalian yang tidak suka dengan produk wajah yang terbuat dari kimia dan lebih menyukai produk masker, cocok banget nih guys untuk menjadikan oat sebagai salah satu masker favorit kalian. Untuk membuat masker organik, langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menumbuk oat sampai halus, selanjutnya serbuk oat tersebut diayak hingga didapat hasil masker yang diinginkan.

Cara penggunaan masker organik sendiri terbilang cukup mudah. Pertama, membersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu, campur bubuk masker dengan air.

Selanjutnya, masker dioleskan ke wajah hingga merata dan tunggu selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air sampai bersih.

Masker organik ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kulit wajah, diantaranya untuk melembabkan kulit, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori serta dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Lulur Organik

Oat juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat lulur organik. Proses pembuatan lulur organik terbilang hampir sama dengan pembuatan masker organik, yaitu diawali dengan menumbuk oat sampai halus. Kemudian, serbuk oat dikeringkan dengan menambahkan bahan pewangi lalu disangrai. Selanjutnya, serbuk oat tersebut diayak sesuai dengan tingkat kehalusan yang diinginkan.

Menurut dermathologist, dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, Mkes, luluran atau scrubbing sebaiknya dilakukan rutin mulai dari seminggu sekali, dua minggu sekali, ataupun sebulan sekali tergantung terhadap kondisi kulit, aktivitas dan kebutuhan perawatan kulit seseorang.

Untuk cara penggunaan lulur organik yang benar yaitu dengan mengusapkan lulur pada seluruh tubuh, kemudian gosokkan lulur dengan gerakan memutar dari arah bawah ke atas. Diamkan lulur 10-20 menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih.

Manfaat yang terkandung dalam lulur organik selain untuk mengangkat sel-sel kulit mati juga bermanfaat untuk menyehatan kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan bau badan, menghilangkan penyakit kulit, serta dapat mengencangkan kulit.

3. Merawat kulit berminyak.

Bagi kalian yang memiliki kulit dengan produksi minyak berlebih terkadang membuat diri menjadi risih bahkan hingga insecure, karena menyebabkan kulit kusam, pori-pori tersumbat komedo juga berjerawat. Sekarang kalian dapat berbahagia nih guys, karena oat dapat menjadi solusi dari masalah kulit berminyakmu.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa mencampur oatmeal dengan susu murni atau madu, dan menjadikannya sebagai masker wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Eh gak hanya itu guys, Selain untuk kulit wajah, oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat kulit kepala berminyak loh.

Kandungan polisakarida dalam oatmeal merupakan pembersih alami yang lebih efektif dan ramah bagi kulit dibandingkan sabun atau sampo. Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai sampo, dengan mencampurkan segenggam oatmeal dengan air hangat. Pijat kulit kepala dengan campuran oatmeal, lalu bilas hingga benar-benar bersih.

4.  Menyembuhkan Jerawat

Oatmeal juga dapat menyembuhkan jerawat. Karena di dalam oat terkandung magnesium, phosphorus, manganese, selenium, dan zinc yang bermanfaat untuk membantu menstabilkan hormon penyebab jerawat, mengandung antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, juga mencegah jerawat dengan menyerap minyak berlebih pada wajah.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa memasak sedikit oatmeal, diamkan sebentar sampai hangat, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Kemudian didinginkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5.  Melindungi kulit dari efek sinar UV

Selain kulit berminyak dan jerawat,  sinar UV juga masih menjadi masalah kulit bagi kebanyakan orang, tidak hanya wanita tetapi juga para pria. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kulit apabila kulit sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Akan tetapi, dampak tersebut bisa dihindari kalau kamu sering menggunakan tabir surya dan membatasi waktu berjemur atau paparan sinar matahari.

Cara penggunaannya, yaitu dengan mencampur 2 sdm bubuk oatmeal, ½ tomat yang sudah dihaluskan dan air secukupnya atau bisa digantti dengan air mawar. lalu tuang air perlahan sampai adonan jadi pasta halus. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher. Selanjutnya yaitu diamkan sampai masker jadi kering. Terakhir, bilas dan keringkan wajah.

Ini karena dalam oatmeal diketahui mengandung zat yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dalam jangka panjang, sekaligus menjaga kulit tetap lembap dan lembut.

Nah itu dia produk yang dapat dihasilkan dari bahan baku oat, meski terbilang  aman, namun oatmeal bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, jika muncul gejala alergi setelah penggunaan oatmeal atau produk yang mengandung oatmeal, segera hentikan pemakaian dan periksakan kondisi kalian ke dokter kulit.

Sudat saatnya kita beralih dari produk perawatan kulit bahan kimia ke bahan alami. Seperti menggunakan masker oatmeal, yang bertujuan untuk memberikan nutrisi pada kulit, mengangkat sel kulit mati, merawat kulit berminyak, menyembuhkan jerawat, melindungi kulit dari UV, mencerahkan wajah, dan melembabkan kulit yang kering.

Bagikan Artikel Ini