Beranda » Etika Pendidikan di Masa Pandemi

Etika Pendidikan di Masa Pandemi

Endah Finatariani,  Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Saat ini semua negara di dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Semua aktivitas dibatasi untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk aktivitas pendidikan.

Di Indoesia sudah lebih dari 1 setengah tahun semua aktivitas pendidikan mulai dari sekolah dasar dan sampai ke perguruan tinggi dilakukan secara daring tanpa ada tatap muka antar murid dan guru antar mahasiswa dan dosen antar pendidik dan peserta didik .

Dimasa pandemi ini kolaborasi, kerjasama peran antara guru keluarga serta masyarakat sangatalah penting dalam mengembangkan nilai-nilai karakteristik anak atau peserta didik.

Keluarga pemegang peran utama peserta didik dalam menjalani aktifitas pembelajaran, keluarga bisa mengawasi dan membimbing, dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, tegas dan cermat.

Pada masa pandemi ini anak tidak hanya diajarkan tentang konsep nilai- nilai karakteristik yang baik akan tetapi bagaimana cara untuk mengarahkan anak  agar dapat mengimplementasikan pada kehidupan sehari -hari.

Selain itu mengingat pendemi global yang terus berlangsung maka kegiatan penyelenggaraan Pendidikan harus memperhatikan etika  yang harus di terapkan demi keberlangsungan pendidikan  yang sedang berjalan

Etika adalah norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berprilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk. Secara etimonologis, kata etika berasal dari Bahasa Yunani kuno yaitu “Ethicos” yang artinya timbul dari suatu kebiasaan.

Sedangkan menurut KBBI etika merupakan ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Etika adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masayarakat atau satu organisasi.

Etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika juga akan mempengaruhi tindakan manusia karena berperan membantu manusia untuk memutuskan apa yang akan dilakukan serta hal apa yang harus di hindari sehingga dilakukan pola pembinaan etika peserta didik, melihat begitu pentingnya pendidikan karakter mengenai kedisiplinan peserta didik dalam pola pembinaan etika pada masa pandemi ini, maka perlu adanya kerjasama antara peserta didik, pendidik dan peran paling utama adalah keluarga.

Endah Finatariani,  Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang.

(***)

Bagikan Artikel Ini