Beranda » Edukasi Pemanfaatan Perpustakaan di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum melalui Pengabdian Kepada Masyarakat

Edukasi Pemanfaatan Perpustakaan di Lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum melalui Pengabdian Kepada Masyarakat

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Perpustakaan sangat membantu terselengaranya pendidikan dengan baik. Oleh karena itu, tujuan terbentuknya perpustakaan di lingkungan sekolah adalah untuk memperkaya, mendukung, memberikan kekuatan dan mengupayakan penerapan program Pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa, disampaing itu juga dapat mendorong dan memungkinkan setiap siswa mengembangkan potensi mereka sebagai peserta didik.

Perpustakaan bukan hanya untuk menyimpan buku, tetapi dengan adanya perpustakaan diharapkan dapat membantu peserta didik dan pendidik menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan Pustaka hendaknya dapat mempertimbangkan kurikulum yang ada serta seleera pembaca yang dalam hal ini adalah peserta didik.

Dalam penerapannya sendiri, peserta didik perlu mendapatkan edukasi tentang pengenalan perpustakaan, baik itu Pengertian Perpustakaan, Fungsi perpustakaan, Manfaat Perpustakaan dan Jenis-jenis perpustakaan.

Pada Tanggal 24 Oktober 2021, Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Pondok Aren. Kegiatan ini bertujuan Memberikan Edukasi kepada santri mengenai Pemanfaatan Perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ulum. Dengan memberikan ilmu dasar tentang pengenalan perpustakaan kepada para santri, semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan santri dan dapat di terapkan dilingkungan mereka nantinya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Ibu Ulfah Julianti selaku dosen Pembimbing Mata Kuliah Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan. Dimana tingkat mahasiswa sendiri juga mendapatkan mata kuliah tentang pengenalan perpustakaan. Dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mengenai Pemanfaatan Perpustakaan ini juga diharapkan agar ilmu yang di dapat oleh mahasiswa juga dapat di salurkan kepada masyarakat dan utamanya kepada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Pondok Aren.

Bagikan Artikel Ini