Beranda » Dindikbud Provinsi Banten Gelar Lomba Debat Bahasa Indonesia di Assaadah Global Islamic School

Dindikbud Provinsi Banten Gelar Lomba Debat Bahasa Indonesia di Assaadah Global Islamic School

Dok. Penulis

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten kembali menyelenggarakan lomba debat bahasa Indonesia tingkat SMA Provinsi Banten 2021 pada Rabu, 22 September 2021 bertempat di Aula Sekolah Dasar Assaadah Global Islamic School (AGIS). Kegiatan yang dilaksanakan satu tahun sekali itu dapat memfasilitasi minat dan bakat peserta didik yang duduk ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menjadi pembicara muda yang profesional dan berpengetahuan luas.

Pada tahun 2021, lomba debat bahasa Indonesia tingkat SMA Provinsi Banten diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat dikarenakan kegiatan tersebut masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini diikuti oleh 16 tim yang terdiri 3 peserta didik disetiap kabupaten dan kota di provinsi Banten, 16 pendamping, 6 orang juri dari unsur perguruan tinggi, dan 12 panitia,” ucap Teguh Setiawan, S.Pd. M.Si, Kepala Seksi Kesiswaan Dindikbud Provinsi Banten.

Kegiatan ini juga turut hadir dan sekaligus membuka kegiatan lomba debat bahasa Indonesia oleh Muhammad Taqwim SN, S.Pd., M.Ak, Sekretaris Dindikbud Provinsi Banten dan Lukman, S.Pd., M.Pd, Kepala Bidang SMA Dindikbud Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dindikbud Provinsi Banten, Muhammad Taqwim SN, S.Pd., M.Ak. berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang maksimal bagi para peseta didik tingkatan SMA di Provinsi Banten. Tidak hanya itu, beliau juga berharap ilmu yang didapatkan bisa disebarluaskan kepada masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat yang baik bagi sekelilingnya.

Dalam kegiatan ini ucapan selamat oleh bapak Kabid SMA Dindikbud Provinsi Banten, Lukman, S.Pd.,M.Pd. dalam menutup kegiatan tersebut sekaligs terpilih 3 juara yang mana masing-masing juara mendapatkan uang pembinaan yang diraih oleh Juara I SMAN 2 Pandeglang, Juara II SMAK Penabur Gading Serpong dan Juara III SAMAN 2 Tangerang Selatan

“ Alhamdulillah, Seluruh peserta SMAN/SMAS perwakilan kabupaten dan kota se-provinsi Banten begitu antusias dan semangat, mengingat kegiatan-kegiatan seperti ini setahun sebelumnya vakum (tidak ada kegiatan) pasca pandemi Covid-19. Kondisi seperti ini juga tampak terpancar pada para pembimbing dan pendamping. Seluruh panitia penyelenggara kegiatan juga tampak cekatan, profesional, dan tertib.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa mensupport semangat peserta didik makna pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menggunakan dalam debat dengan tertib dan santun. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada pemenang Lomba Debat Bahasa Indonesia se-Provinsi Banten, dan bagi sekolah yang kalah tidak harus berkecil hati karena Insya’Allah masih ada kesempatan-kesempatan berikutnya.” ujar Dr. Marjuni MW, M.Si, Kepala SMA Plus Asaaadah.

“Kami senang  bisa dikunjungi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, semoga silaturahmi ini bisa ditingkatkan dan berharap bisa mengadakan event-event perlombaan lainnya guna meningkatkan potensi terbaik peserta didik sehingga menjadi generasi terbaik untuk mengembangkan dan memajukan provinsi Banten” ujar Abdurahman, S.E, Kepala SD Assaadah Global Islamic School selaku tuan rumah.

(***)

Bagikan Artikel Ini