Beranda » Dampak Covid-19 Pengusaha Mengambil Keputusan Demi Keberlangsungan Perusahaan

Dampak Covid-19 Pengusaha Mengambil Keputusan Demi Keberlangsungan Perusahaan

Aah Koriah,S.Ak, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang
Sejak adanya virus baru yang menggegerkan seluruh sudut dunia yang melumpuhkan aktivitas keseharian warganya, membuat beberapa pengusaha dan perusahaan akhirnya terpaksa menutup kegiatan usahanya.
Seiring berjalannya waktu dan adaptasi yang dilakukan dengan hal baru yang terjadi saat ini, membuat perngusaha memutar otak agar mampu menjalankan usahanya di masa sekarang dengan mengambil keputusan-keputusan dan memikirkan strategi demi keberlanjutan usahanya.
Salah satu contoh keputusan yang sangat banyak dilakukan adalah mengurangi tenaga kerja dikarenakan omzet perusahaan menurun drastis sehingga tidak mampu membayar upah terhadap karyawan, kemudian mengurangi upah yang di berikan terhadap karyawan.
Inovasi yang sedang tranding dilakukan di zaman sekarang untuk memasarkan usahanya yaitu dengan sistem online marketing. Usaha-usaha yang tadinya hanya berbasis dor to dor, di zaman sekarang ini sudah beralih menjadi sistem online.
Contoh dari pengambilan keputusan demi keberlangsungan perusahaan yang terjadi saat ini :
  • Matahari, “Penutupan sementara seluruh gerai secara nasional Matahari telah mengkomunikasikan kepada seluruh karyawannya secara nasional bahwa sebagai langkah sukarela untuk menjaga kesehatan para karyawan,” tulis perusahaan dalam keterangan resmi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (1/4).
  • KFC, “Perseroan menyampaikan bahwa terdapat 97 gerai yang ditutup karena mal/plaza dinyatakan harus tutup karena dampak COVID-19 di mana hal tersebut juga dialami oleh seluruh tenant atau penyewa dalam mal/plaza yang tutup tersebut (bukan hanya gerai kami). Hal ini terjadi di berbagai kota di Indonesia bukan hanya di Jakarta,” ujar Direktur FAST Dalimin Juwono dalam keterbukaan informasi BEI, Selasa (28/4).
    Aah Koriah,S.Ak, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang
    (***)
Bagikan Artikel Ini