Beranda » Angkringan Kopi Memikat Daya Tarik Membaca Anak Muda

Angkringan Kopi Memikat Daya Tarik Membaca Anak Muda

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Oleh : Muhammad Fauzan, Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang

Siapa yang tidak asing dengan angkringan kopi? terkhusus anak muda di zaman sekarang ini.  Konsep penataan ruang dalam angkringan kopi, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para pemuda untuk singgah.

Ada beberapa daya tarik yang dihasilkan jika konsep nuansa angkringan kopi didesain dengan melengkapi bacaan-bacaan sebagai media pelengkapnya.

Mengganti kebiasaan pada umumnya, dan beralih ke kebiasaan meminum kopi sambil membaca buku ataupun novel-novel.

Novel-novel ataupun buku-buku bacaan yang ditampilkan tidak perlu bernuansa berat, cukup dengan menampilkan bacaan-bacaan yang ringan-ringan saja. Karena output tujuannya membiasakan, kebiasaan meminum kopi sembari bercengkrama berubah meminum kopi sambil membaca.

Berharap dengan adanya konsep ini, dapat meningkatkan sumber wawasan pengetahuan para remaja yang terbiasa nongkrong berlama-lama di angkringan kopi, sehingga tetap mendapatkan berbagai informasi ataupun pengalaman-pengalaman dari buku-buku yang dibaca.

Jika kita telaah dengan sudut pandang aspek psikologis, kebiasaan yang dimulai dari kebiasaan yang disukai akan dengan mudah melekat dalam daya ingatan pikiran seseorang, dimana nongkrong sambil minum kopi sambil membaca buku-buku ibarat kata “sambil menyelam minum air”.

Aktifitas minum kopi di angkringan tanpa disadari juga memberikan manfaat yaitu sebagai gerbang media pengetahuan dan pengalaman dari buku-buku ataupun bacaan yang disediakan.

Aspek yang Perlu Diperhatikan agar Angkringan Kopi Layak Menjadi Tempat Baca Buku

Ada beberapa aspek desain yang perlu dipersiapkan jika ingin menciptakan suasana angkringan kopi berkonsep bacaan-bacaan, yang tentunya tetap berkesan menarik perhatian para pengunjung.

  • Pertama, Buatlah Konsep Angkringan Tetap Pada Gaya Khas Angkringan Kopi. pada umumnya bernuansa santai.
  • Kedua, Sediakan Rak-rak Buku yang Berisikan Buku-buku Bacaan di Tiap Batch Kursi Pengunjung. Posisikan rak-rak buku-buku bacaan tersebut se strategis mungkin, agar pengunjung dengan mudah mengambilnya.
  • Ketiga, Letakkan Buku-buku Bacaan yang Bertema Unik ataupun Berciri Khas pada Bagian Depan. Agar menarik perhatian pengunjung untuk mengambilnya.
  • Keempat, Sesekali Mengadakan Bedah Buku, Di Tiap Akhir Pekan. Cukup dengan mengambil buku-buku yang bertema sederhana namun menarik perhatian, misalnya dengan mengangkat buku-buku yang sedang hangat diperbincangkan di pekan itu.
Bagikan Artikel Ini