Beranda » Analisis Semiotika pada Video Klip ‘Wonderland Indonesia’ by Alffy Rev Ft Novia Bachmid

Analisis Semiotika pada Video Klip ‘Wonderland Indonesia’ by Alffy Rev Ft Novia Bachmid

Abstrak
“Wonderland Indonesia” merupakan karya medley beberapa lagu daerah yang dikomposisi oleh Alffy Rev. Tak sekedar digabungkan, beberapa lagu daerah tersebut juga diaransemen dengan sentuhan music elektronik. Lagu wonderland Indonesia dirilis tepat pada HUT RI ke-76 yang sempat menduduki puncak trending nomor satu di YouTube. Musik dengan penyanyi Novia Bachmid ini bertemakan nasionalisme dan telah menuai pujian karena memadukan gambar dan musik tradisional Nusantara yang diaransemen ulang dengan gaya modern.

Dari berbagai tanda yang digunakan dalam video klip wonderland Indonesia mulai dari ikon, indeks, dan simbol baik berupa tanda verbal dan non verbal merupakan seluruh rangkaian tanda yang memberikan gambaran keindahan dan keragaman budaya serta adat di Indonesia, setiap lagu daerah yang digunakan serta pakaian adat dan koreografi tari merupakan tanda yang berkaitan dengan judul yang digunakan dalam lagu tersebut yakni Wonderland Indonesia atau keajaiban Indonesia. Dalam hal ini, setiap daerah di Indonesia memiliki tanda masing-masing yang menjadi ciri khas suku bangsa, dan membuktikan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya.

PENDAHULUAN

“Wonderland Indonesia” merupakan karya medley beberapa lagu daerah yang dikomposisi oleh Alffy Rev. Tak sekedar digabungkan, beberapa lagu daerah tersebut juga diaransemen dengan sentuhan music elektronik. Lagu wonderland Indonesia dirilis tepat pada HUT RI ke-76 yang sempat menduduki puncak trending nomor satu di YouTube. Musik dengan penyanyi Novia Bachmid ini bertemakan nasionalisme dan telah menuai pujian karena memadukan gambar dan musik tradisional Nusantara yang diaransemen ulang dengan gaya modern.

Berkat wonderland Indonesia, nama Indonesia kini kembali diperhitungkan di kancah internasional, pasalnya video klip ini telah menghadirkan keindahan alam dan kekayaan pakaian adat, lagu tradisional, instrument musik, hingga panorama alam yang melimpah dari sabang sampai Merauke. Meskipun terkesan singkat, namun video Wonderland Indonesia berhasil menampilkan banyak pesan, selain kemewahan sinematik dan music EDM. Alffy Rev mencoba menunjukkan kekayaan budaya Indonesia dan keelokan alam nusantara kepada dunia.

Mengenalkan lagu-lagu tradisional yang mulai banyak dilupakan masyarakat Indonesia sendiri karena dianggap kuno. Merepresentasikan perjuangan pahlawan dalam memerdekakan Indonesia dari para penjajah. Banyak emosi yang tercipta, mulai dari kekaguman, kesedihan, kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Dalam konteks penelitian ini, video klip musik merupakan sebuah teks yang penuh makna dan multi tafsir, tersusun dalam banyak tanda-tanda ikonis yakni gambar-gambar memiliki kesamaan dengan objek dan juga terdapat indeks-indeks dari gambar yang sarat makna serta symbol-simbol yang memiliki banyak arti yang perlu ditafsirkan. Ini sesuai dengan gagasan peirce yang membagi tanda menjadi tiga kategori yakni ikon, indeks, dan simbol dalam menciptakan makna.

Video klip musik “Wonderland Indonesia” ini menarik untuk diteliti karena selain sifatnya yang kontroversial, dalam video klip ini juga terdapat banyak tanda-tanda yang menyiratkan makna suatu budaya masyarakat Indonesia di setiap wilayahnya.

Dari latar belakang masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul :”Analisis Semiotika pada Video Klip “Wonderland Indonesia” by Alffy Rev ft. Novia Bachmid” berdasarkan uraian tersebut maka rumusan masalahnya penulis tetapkan sebagai berikut :

“Bagaimana konstruksi makna dalam video klip “Wonderland Indonesia” by Alffy Rev ft. Novia Bachmid dihubungkan dengan analisis semiotika?

TINJAUAN PUSTAKA

1. Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin “communicatus” yang artinya berbagi atau menjadi milik bersama. Dengan demikian, komunikasi berarti suatu upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan (Ardianto, 2011:20). Pengetian lain dari komunikasi yaitu proses dimana individu dalam hubungan kelompok, organisasi, dan masyarakat membuat dan menggunakan informasi untuk berhubungan satu sama lain dan dengan lingkungan (Ruben, 2013:19).

2. Komunikasi massa
Menurut Bittner, komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan oleh media massa pada orang banyak (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people). Dari definisi ini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa harus menggunakan media massa (Ardianto, 2004:3).

3. Teori Semiotika
Secara umum, Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign) dalam kehidupan manusia. Semiotika dapat digolongkan menjadi dua yakni semiotik structural dan semiotik pragmatis (Hoed, 2011:28)
Peirce membagi tanda menjadi tiga tipe yakni ikon, indeks dan simbol. Sebuah ikon memiliki kesamaan dengan objek. Hal ini seringkali terlihat pada tanda-tanda visual seperti foto, peta, tanda di toilet yang melambangkan pria dan wanita adalah ikon. Indeks adalah tanda dengan sebuah hubungan langsung yang nyata sengan objek yang diwakilinya. Asap adalah indeks dari api, bersin adalah indeks dari flu. Sebuah simbol adalah sebuah tanda yang keterkaitannya dengan objek merupakan permasalahan konvesi, persetujuan atau aturan. Secara umum kata-kata merupakan simbol. Palang merah adalah simbol, angka-angka adalah simbol (Fiske, 2012;800

4. Teori makna
Terdapat tiga sudut pandang yang berbeda dalam mengkaji makna pada sebuah bahasa (tanda bahasa), yaitu : pendekatan referensial, pendekaran psikologis, dan pendekatan sosial. Ketiga pendekatan ini sangat diperlukan untuk mendapatkan makna bahasa secara utuh. Karena pada kenyataannya terkadang bahasa belum dapat dimaknai hanya dengan satu pendekatan saja. Pendekatan referensial melihat makna sesuai dengan entitas yang terdapat dalam dunia luar. Ogden dan Richards (dalam Yayat, 2011:12) mengajukan gagasan segitiga semantik yang menjelaskan bahwa makna, lambang, dan acuan berkelindan untuk membentuk keutuhan bahasa. Pendekatan psikologis memandang makna lebih khusus pada referensi dalam pikiran (otak). Dalam pendekatan sosial, terdapat dua hal yang harus diperhatikan, yakni analisis percakapan dan analisis wacana.

METODOLOGI PENELITIAN

Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Bigdan dan Taylor mendefinisikan metodologi sebagai mekanisme penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, baik itu tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati oleh peneliti (Moeloeng, 2002:3)
Objek penelitian dan Unit Analisis
Objek penelitian ini adalah video klip “Wonderland Indonesia” by Alffy Rev ft. Novia Bachmid. Dengan unit analisis penelitiannya berupa potongan-potongan gambar atau visual yang menandakan suatu ikon yang memiliki makna kebudayaan atau penandaan suatu suku daerah, serta sikap nasionalisme dalam video klip ini.

Sumber data

Sumber data terbagi menjadi dua :
Data primer adalah data yang diperoleh dari rekaman video original berupa video klip “Wonderland Indonesia” kemudian dipilih visual atau gambar dari video klip yang diperlukan untuk penelitian.
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari literatur-literatur yang mendukung data primer seperti buku-buku dan sumber internet yang berhubungan dengan penelitian.

Teknik pengumpulan data

Teknik pengumpulan data terdiri dari :
Observasi adalah dengan melakukan pengamatan langsung dan bebas terhadap objek penelitian dan unit analisis dengan cara menonton dan mengamati dengan teliti setiap ikon dan lirik dalam video klip “Wonderland Indonesia” kemudian mencatat, meneliti, dan menganalisa sesuai dengan model penelitian yang digunakan.
Dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal yang berkaitan dengan video klip “Wonderland Indonesia” melalui internet dan buku-buku yang ada kaitannya dengan penelitian ini.

Teknik Analisis data

Setelah data primer dan sekunder terkumpul, kemudia diklarifikasikan sesuai dengan pertanyaan penelitian yang telah ditentukan. Setelah data terklarifikasi, dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan kategori-kategori tanda Ikon, indeks, dan simbol.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Profil Sutradara Film

Awwalur Rizqi Al-Firori, lahir di Mojokerto 18 Juni 1995. Yang lebih dikenal sebagai Alffy Rev adalah seorang Youtuber, komposer, produser musik, dan sinematografer berkebangsaan Indonesia. Alffy Rev menikah pada usia 24 tahun. Ia melangsungkan pernikahan dengan Linka Angelia pada 05 Januari 2019 di masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur. Pada tanggal 6 Januari 2019. Ia menempuh pendidikan formal di MTsN Prigen (sekarang MTsN 3 Pasuruan), dan lulus pada tahun 2009.

Setelah itu, dia melanjutkan ke SMKN 9 Surabaya, dan mengambil Jurusan Seni Musik. Ia sempat melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Multimedia. Meskipun demikian ia tak menyelesaikan studi tersebut karena harus memilih antara bayar kuliah atau membeli Launchpad.

Pada bulan juli 2017, Alffy Rev mewakili musisi muda Indonesia berkesempatan tampil di London atas undangan KBRI yang dijembatani dan difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun selanjutnya, lagu Bagimu Negeri hasil aransemennya terpilih sebagai lagu resmi maskapai Garuda Indonesia saat pesawat lepas landas dan mendarat.

Alffy Rev pernah mendapat penghargaan dari the Olympic Council of Asia (OCA). Penghargaan ini diberikan kepada para youtuber yang mengcover lagu-lagu Asian Games 2018. Alffy mendapatkan penghargaan bersama dengan Youtubers negara lain yang juga mengcovel lagu Asian Games 2018, yaitu Sidhart Slathia (India), Jannine Weigel (Thailand), dan Jason Chen (China).

Pembahasan
a. Opening
Ikon : berupa rumah gadang dan candi Borobudur, serta keindahan alam
Indeks : rumah gadang dan candi Borobudur merupakan indeks dari bangunan khas adat di Indonesia.
Simbol : keduanya merupakan simbol dari suasana negara Indonesia.

b. lagu paris barantai – Kalimantan
Ikon : Busana Kustim yaitu pakaian adat Kalimantan yang telah dikreasikan dan alat perang Kalimantan
Indeks : menggambarkan suasana Kalimantan
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Dalam lagu paris barantai menceritakan tentang kerinduan terhadap orang yang disayang dan sudah lama tidak bertemu, lirik lagu ini mengungkapkan bagaimana rasa sayang yang mendalam dan tidak ingin lagi terpisahkan, itu tergambarkan dalam lirik suasana kota baru. Seperti diketahui, kota baru diduga menjadi tempat pertemuan sepasang kekasih yang saling jatuh cinta. Tepatnya di paris barantai, salah satu tempat di kota baru.

c. lagu si patokaan – Sulawesi utara
Ikon : busana laku tepu yaitu pakaian adat Sulawesi Utara yang telah dikreasikan
Indeks : menggambarkan budaya Sulawesi Utara
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Dalam lagu si patokaan bercerita tentang ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang ibu kepada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki.

d. lagu Sajojo – Papua
Ikon : pakaian adat yokal yang telah dikreasikan
Indeks : menggambarkan ciri khas daerah papua yang memiliki kedekatan dengan alam
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Dalam lagu Sajojo berkisah tentang perempuan cantik dari desa. Perempuan yang dicintai oleh ayah dan ibu dan juga para laki-laki desa. Perempuan yang didamba laki-laki untuk bisa berjala jalan berdua dengannya.

e. lagu Soleram- Riau
ikon : baju kurung cekak musang yang telah dikreasikan, dan seorang anak kecil
indeks : indeks dari lirik lagu soleram dan menggambarkan ciri khas provinsi Riau
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Dalam lagu Soleram mengandung pesan kepada anak-anak, yaitu untuk menjaga kehormatannya, untuk menjaga harga dirinya, dan mempertahankan malu sebagai budayanya, selain itu juga memiliki lirik yang mendidik untuk senantiasa menyambung tali persaudaraan dan menghindari perpecahan antar golongan.

f. lagu Kampuang nan Jauh di mato- Sumatra Barat
ikon : busana Limpapeh rumah nan gadang dan tari piriang
indeks : menggambarkan suasana Sumatra Barat dan lirik lagu
simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Dalam lagu Kampuang nan jauh di mato menceritakan tentang kerinduan pada kampung halaman dan keluarga. Dalam makna lain juga tertuang pula ungkapan mengenang memori manis yang terukir bersama teman-teman tercinta.

g. lagu Janger – Bali
Ikon : payas agung atau baju adat provinsi Bali yang telah dikreasikan. Pura, dan penari Janger
Indeks : menggambarkan keindahan budaya Bali
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Janger merupakan lagu yang menggambarkan suka cita remaja putra dan putri. Lagu ini menampilkan keceriaan dan semangat serta suasana hangat di pedesaan Bali.

h. lagu manuk dadali – Jawa Barat
ikon : arca burung garuda, dan kebaya sunda serta siger sunda
Indeks : menggambarkan provinsi Jawa Barat dan menyesuaikan lirik lagu Manuk dadali
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Makna lagu manuk dadali ialah menggambarkan keperkasaan burung garuda sebagai lambang kejayaan bangsa Indonesia, dengan penggambaran tersebut, maka masyarakat Indonesia diharapkan dapat terus memiliki rasa cinta terhadap tanah air agar negara kita bisa terus jaya dan perkasa sebagaimana sosok burung garuda.
i. lagu Anak kambing saya – Nusa Tenggara Timur
ikon : pakaian adat suku rote
indeks : menggambarkan provinsi NTT
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Lagu anak kambing saya bercerita tentang hubungan orang tua dan anak. Ini adalah kisah orang tua yang mencari keberadaan sang anak. Orang tua itu bernyanyi dan bertanya melalui sebuah pantun di manakah jantung hatinya yakni sang anak itu sendiri. Di dalam lagu tersebut juga terjawab di mana keberadaan sang anak, disebutkan bahwa sang anak sudah berada di kampung baru.
j. lagu leloledhung – Jawa tengah
Ikon : pakaian adat jawa, anak kecil tertidur, dan rumah adat jawa
Indeks : menggambarkan suasana dari provinsi Jawa
Simbol : salah satu adat dan kebudayaan yang berada di Indonesia
Tak lelo lelo ledung memiliki makna yang cukup dalam. Yakni kasih sayang dan harapan seorang ibu agar anaknya tidak menangis. Lagu ini digunakan sebagai pengantar tidur, artinya seperti mari ku timang-timang anakku.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dari berbagai tanda yang digunakan dalam video klip wonderland Indonesia mulai dari ikon, indeks, dan simbol baik berupa tanda verbal dan non verbal merupakan seluruh rangkaian tanda yang memberikan gambaran keindahan dan keragaman budaya serta adat di Indonesia, setiap lagu daerah yang digunakan serta pakaian adat dan koreografi tari merupakan tanda yang berkaitan dengan judul yang digunakan dalam lagu tersebut yakni Wonderland Indonesia atau keajaiban Indonesia. Dalam hal ini, setiap daerah di Indonesia memiliki tanda masing-masing yang menjadi ciri khas suku bangsa, dan membuktikan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya.
Saran
Untuk warga negara Indonesia khususnya generasi muda yang memiliki minat serta bakat dalam hal apapun, kiranya untuk tetap semangat berkarya dan menunjukkan kemampuan pada dunia. Agar semakin maju dan berkembang generasi Indonesia di kancah Internasional. Dan agar nama serta keindahan Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Cintai produk dalam negeri, dan dukung kreasi anak bangsa.

DAFTAR PUSTAKA
Wihangga, Felisitas Dhwani. 23 Agustus 2021 Lirik lagu wonderland Indonesia: kompas.com
Ashada, Dharmawan. 7 September 2021 lirik lagu daerah Sajojo dari papua beserta maknanya : Pikiran-rakyat.com
Rinjani, Susan. 18 Agustus 2021 ,lagu daerah si patokaan asal Sulawesi utara, Lirik, Arti dan Makna :Pikiran-rakyat.com

Bagikan Artikel Ini