Beranda Kesehatan Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kanker Hati

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kanker Hati

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Banyak orang yang mengaku menikmati melakukan berbagai aktivitas di larut malam seperti bermain game, menonton acara televisi, dan lain-lain karena di waktu inilah mereka bisa melakukannya dengan tenang tanpa gangguan.

Padahal, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Taipei, Taiwan, dihasilkan fakta bahwa jika kita sering tidur setelah pukul 22.00, risiko terkena kanker hati bisa naik hingga 98 persen.

1. Kaitan antara kurang tidur dan kanker hati

Pakar kesehatan menyebut manusia memiliki jam biologis yang dikenal sebagai ritme sirkadian tubuh. Jam biologis ini mengendalikan semua fungsi tubuh, termasuk saat kita mengantuk atau saat kita harus sudah terbangun untuk beraktivitas. Berbagai proses ini melibatkan berbagai organ penting yang ada di dalam tubuh.

Pakar kesehatan dari American Cancer Societymenyebut pria cenderung lebih rentan terkena kanker hati dibandingkan dengan wanita. Fakta ini terungkap dari penelitian yang melibatkan tikus percobaan. Meskipun sama-sama mengalami perkembangan karsinoma hepatoseluler, sejenis kanker hati yang paling terjadi, para tikus jantan yang dikondisikan agar sulit untuk tidur dengan cukup ini cenderung memiliki kasus yang lebih banyak dibandingkan tikus betina.

2. Dampak kurang tidur dengan kesehatan hati.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa gangguan pada jam biologis tubuh akibat kebiasaan kurang tidur akan meningkatkan risiko mutasi genetik. Mutasi genetik inilah yang kemudian berpotensi menyebabkan datangnya kanker pada hati.

Selain itu, saat tengah malam, hati juga sebenarnya sedang melakukan proses pembersihan atau detoksifikasi. Jika kita tidak tidur, maka proses ini tidak akan berlangsung dengan lancar sehingga hati atau tubuh secara keseluruhan akan terganggu sehingga berpotensi menyebabkan datangnya penyakit berbahaya, termasuk kanker.

3. Mencegah Kanker Hati

Selain menata waktu tidur dengan lebih baik dan tidak lagi begadang, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencegah sirosis hati terlebih dahulu dengan cara menjaga berat badan dalam kondisi ideal, menghindari minuman beralkohol, dan memakai alat perlindungan jika sering beraktivitas di lingkungan yang dipenuhi dengan bahan kimia. Selain itu, kita juga harus menghindari gaya hidup tidak sehat seperti seks bebas atau penggunakan narkotika.

4. Tips tidur cukup setiap malam

Selain menghilangkan keinginan untuk begadang demi hal-hal yang sebenarnya tidak perlu, kita juga sebaiknya meminta bantuan medis jika memang mengalami masalah insomnia atau susah tidur. Selain itu, kita bisa menerapkan beberapa trik agar bisa tidur cukup setiap malam.

Berikut adalah beberapa trik tersebut.

Membuat jadwal tidur

Sebagai contoh, kita menjadwalkan diri untuk tidur setiap pukul 21.00 atau 22.00 agar bisa tidur 7-8 jam setiap hari. Kita bisa memasang pengingat atau alarm agar kita bisa tidur sesuai jadwal setiap malam.

Makan malam dengan lebih baik

Tak hanya soal memilih makanan yang tepat, waktu makan juga sebaiknya kita perhatikan di malam hari. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari makan berat sekitar 2 jam sebelum tidur. Kita juga sebaiknya tidak lagi mengonsumsi minuman berkafein atau minuman berkafein di malam hari karena bisa membuat kita sulit tidur dengan nyenyak.

Membuat kondisi kamar tidur lebih nyaman

Pastikan kamar tidur berada dalam kondisi redup sehingga bisa membantu tubuh mendapatkan rasa kantuk. Selain itu, pastikan suhu udara di dalam kamar cukup sejuk sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman untuk beristirahat. Jika perlu, kita bisa mandi sebelum tidur demi membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Jangan tidur siang berlebihan

Meskipun bisa menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk, tidur siang berlebihan bisa membuat kita sulit tidur di malam hari. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi waktu tidur siang sekitar 30 menit saja.

Jangan mudah stres

Jika kita terkena stres atau memiliki banyak beban pikiran, maka kita akan cenderung sulit untuk tidur. Cobalah untuk melakukan latihan pernapasan, meditasi, atau mandi air hangat demi menghilangkannya sebelum tidur. (Red)

Sumber : doktersehat.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini