Beranda Gaya Hidup Dari Diet Hingga Usaha Toko Roti Sehat

Dari Diet Hingga Usaha Toko Roti Sehat

Sourdough Country Bread by Songyu Kitchen (Instagram: cilegonsongyukitchen)

CILEGON – Bagi yang sedang menjalankan diet vegan dan kesulitan untuk mendapatkan makanan yang bervariasi, Songyu Kitchen memproduksi aneka roti yang bisa dinikmati oleh para pecinta roti dan pelaku diet vegan  tanpa harus merasa bersalah setelah memakannya.

Diet vegan menerapkan pola makan yang hanya mengandung nabati seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan menghindari bahan makanan hewani seperti daging, susu, telur, serta ikan. Seseorang yang melakukan diet vegan juga harus tetap mendapat nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh dengan memperhatikan keseimbangan dan variasi makanan.

Yusi Kusuma (26) adalah salah satu yang menjalani diet vegan untuk hidup sehat. Hingga akhirnya, ia bertekad untuk membuat dan menjual roti berbahan vegan, organik, dan bebas gluten agar para pelaku diet vegan tetap bisa makan enak dengan gizi seimbang.

“Membuka usaha ini karena saya menjalani diet vegan dan kebetulan di Cilegon belum ada bakery vegan dan gluten-free. Lalu tahun lalu saya membuka usaha online vegan dan organic bakery, alhamdulillah ternyata banyak warga Cilegon dan sekitarnya yang menyukai produk saya,” ujar Yusi pada Bantennews.co.id, Selasa (6/4/2021).

Dikatakan Yusi, selain dapat menyehatkan badan, roti yang ia buat adalah gluten-free sehingga dapat menolong penderita penyakit celiac. Dilansir dari Celiac Disease Foundation, penyakit celiac adalah penyakit autoimun serius yang terjadi pada seseorang yang memiliki kecenderungan genetik di mana saat mengkonsumsi gluten dapat menyebabkan kerusakan di usus kecil.

“Manfaat dari vegan gluten free yaitu selain berat badan jadi sehat, bisa untuk menghilangkan kembung, mengurangi nyeri sendi, mengurangi frekuensi sakit kepala, mengurangi depresi, meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi intoleransi laktosa dan biasanya yang mempunyai penyakit celiac tertolong banget dengan makanan vegan dan gluten-free,” kata Yusi.

Pemilik dari Songyu Kitchen tersebut juga mengatakan bahwa produknya aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. “Kami juga menggunakan pemanis alami selain rendah kalori juga bagus untuk penderita penyakit diabetes dan untuk diet,” lanjutnya.

Selain membuat roti vegan gluten-free yang banyak manfaatnya, Yusi membuat roti organik yang dibanderol dari harga Rp 36 ribu-Rp69 ribu dengan komposisi roti menggunakan susu sapi, mengandung protein hewani, dan bahan yang digunakan organik. Sementara itu, ia juga membuat roti vegan dari harga Rp26 ribu hingga Rp77 ribu yang dalam komposisinya tanpa telur, tanpa mentega atau butter, tanpa susu sapi, tanpa bahan turunan sapi lainnya, tanpa refinasi dan tanpa pengawet.

Roti vegan gluten-free sendiri adalah roti yang kandungannya sama dengan roti vegan, hanya saja tanpa menggunakan gluten (protein perekat). Roti vegan gluten-free ia banderol dari mulai Rp35 ribu. Adapun produk sourdough vegan yang harganya dimulai dari Rp45 ribu dibuat dengan komposisi serupa roti vegan hanya saja yang membedakan adalah penggunaan ragi alami dalam proses pembuatannya.

Roti yang dibuat oleh Yusi semuanya tanpa menggunakan pengawet sehingga waktu kadaluarsanya lebih cepat. “Rata-rata 6 sampai 7 hari karena kami tidak menggunakan pengawet sama sekali makanya kadaluarsanya cepat,” jelasnya.

Pelanggan roti buatan Yusi berasal dari Cilegon, Serang dan Merak. Untuk pemesanannya hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Whatsapp dengan sistem Pre-Order yang ditentukan Songyu Kitchen. Menurut Yusi, Sourdough Country Bread dan Potato Sweet adalah roti vegan gluten free yang paling diminati oleh pelanggannya sampai sekarang.

Dalam menjalani usahanya, Yusi sempat merasa kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan. Selain itu, dikarenakan pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 juga membuatnya kesulitan untuk memasarkan produk secara langsung.

“Sempat kesulitan untuk mengedukasi dan sosialisasi ke warga Cilegon tentang vegan dan gluten-free karena sedang dalam kondisi pandemi kami kurang leluasa untuk pemasarannya. Nggak bisa face to face. Hanya mengandalkan media sosial tapi media sosial pun sangat berguna sekali. Selain itu untuk bahannya agak kesulitan karena kami harus beli di luar Cilegon seperti di luar negeri, Jakarta atau Bandung,” ungkapnya.

Hingga saat ini Yusi memasarkan roti-roti buatannya melalui akun Instagram Songyu Kitchen (@cilegonsongyu) yang ia kelola sendiri.
(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini